Bagaimana Prosedur Penyetelan Celah Katup ?

Berita Warganet – Bagaimana Prosedur Penyetelan Celah Katup ?. Kali ini BW akan ulas seputar prosedur peyetelan celah katup pada sepeda motor. berikut ulasanya.

Ketika mesin menyala akan terjadi panas pada katup akibat proses termal sehingga jarak katup, rocker arm, dan camshaft menjadi lebih kecil dibandingkan ketika temperatur mesin dingin. Celah katup dapat berubah karena ausnya katup dan dudukan katup. Maka dari itu, diperlukan pemeriksaan secara berkala untuk mendapatkan ukuran celah katup yang sesuai atau sesuai dengan standar yang direkomendasikan pada kendaraan berdasarkan tipe dan jenis kendaraan tersebut.

Tekanan kompresi di dalam ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan celah katup. Jika kerenggangan katup (celah katup) lebih kecil dari standar penyetelan sesuai standar tipe motor maka pengaruhnya katup akan cepat membuka dan lebih lama menutup. Pembukaan katup yang lebih cepat mengakibatkan bahan bakar lebih banyak masuk sehingga menjadikan mesin lebih boros bahan bakar.

Begitupun dengan katup yang menutup lebih lama pada saat langkah kompresi yaitu piston bergerak ke posisi
TMA (Titik Mati Atas) mengakibatkan terjadinya kebocoran kompresi karena katup lama menutup. Akibatnya tenaga mesin sepeda motor menjadi berkurang, mesin motor susah untuk dihidupkan, dan kondisi mesin tidak bisa langsam. Akibat lain dari penyetelan katup yang tidak sesuai standar (penyetelan celah katup terlalu kecil) biasanya
terjadi detonasi (ledakan) mesin pada saat dikick starter.

Baca Juga :  Sedikit Cerita Tentang Ferrari Testarossa, Legenda yang Berevolusi

Baca juga : 7 Gangguan yang Terjadi Pada Mesin Katup Sepeda Motor

Sebaliknya jika kerenggangan katup (celah katup) lebih besar dari standar maka katup mengalami keterlambatan saat membuka dan lebih cepat menutup. Akibatnya bagi katup masuk yaitu pada saat proses masuknya bahan bakar udara berlangsung cepat, akhirnya campuran bahan bakar dan udara yang masuk menjadi sedikit . Akibat penyetelan katup yang lebih besar menimbulkan tekanan kompresi menjadi rendah sehingga tenaga motor menjadi berkurang dan mesin susah untuk dihidupkan.

Timbulnya suara berisik saat mesin sepeda motor hidup merupakan akibat dari kurangnya pemasukan campuran bahan bakar dan udara sehingga mesin menjadi tersendat pada saat akselerasi tinggi. Hal itulah kenapa penyetelan celah katup harus disetel dengan tepat. Biasanya besar kerenggangan celah katup masuk dan katup buang sekitar 0,08 – 0,12 mm untuk jenis motor Honda New Mega Pro (standar untuk tipe dan jenis motor bisa berbeda disesuaikan dengan buku panduan reparasi sepeda motor).

Baca Juga :  Kok Bisa Sih, Motor Listrik Lebih Irit Dari Pada Motor Bensin? Simak Selengkapnya!

1. Arti Penting Mengatur Jarak Renggang Katup

Sewaktu mesin dihidupkan katup terkena panas dari gas hasil pembakaran sehingga memuai lebih cepat dari kepala silinder. Hal ini menjadikan jarak renggang katup menjadi lebih kecil daripada ketika mesin dalam keadaan dingin. Jika jarak renggang katup disetel dengan jarak yang jauh lebih kecil daripada nilai yang ditentukan untuk mesin yang dingin, rocker arm mungkin akan terus-menerus menekan katup sehingga katup tidak dapat menutup seluruhnya.

Akibatnya, terjadi gangguan seperti kebocoran kompresi dan putaran stasioner yang tidak stabil. Pads saat seluruh mesin memanas kepala silinder memuai karena panas. Jika jarak renggang katup yang tadinya kecil secara berangsur menjadi lebih besar itu merupakan koefisien perpindahan panas dari kepala silinder lebih besar daripada katup. Oleh karena itu, pada saat suhu mesin terus naik jarak renggang katup menjadi lebih besar dibandingkan pada saat mesin dingin. Suara yang tidak normal dapat terdengar dari pergerakan katup, jika jarak renggang katup yang disetel sewaktu mesin dalam keadaan dingin akan menjadi lebih besar dari nilai standar manual
service yang telah ditentukan pada mesin tersebut. Hal itulah yang menyebabkan mengapa harus dilakukan penyetelan jarak renggang katup.

Baca Juga :  Cadillac Escalade Van Akhirnya Hadir untuk Mengisi Segmen Minivan Mewah Cadillac

2. Perawatan Mekanisme katup

Standar dalam perawatan mekanisme katup mesin sepeda motor baik dari tipe cub (bebek), matic, maupun sport sesungguhnya diambil dari buku panduan service sepeda motor tersebut. Jarak tempuh dan pemakaian sepeda motor dalam jangka panjang mewajibkan untuk melakukan perawatan berkala (tune up). Mulai dari penyetelan katup, saluran bahan bakar, saringan bahan bakar, maupun penggantian minyak pelumas salah satunya adalah oli mesin, oli gardan, maupun cairan pendingin (Coolant) dan lain sebagainya. Dengan begitu, untuk sepeda motor terbaru yang menggunakan komponen elektronik (sistem bahan bakar injeksi dan sistem digital) sudahdilengkapi dengan sistem tanda peringatan atau lampu alarm (Malfunction Indicator Lamp/MIL) pada bagian speedometer sepeda motornya.