Cara Mudah Memberdayakan Blog Melalui Webmaster Tool

Cara memberdayakan blog melalui webmaster tool google merupakan layanan gratis. Namun, terkadang sering diremehkan oleh para blogger, padahal manfaatnya sangat besar. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara mudah memberdayakan blog melalui webmaster tool.

Karena banyak yang tidak tahu cara menggunakannya. Jadi, alat efektif untuk menghasilkan lalu lintas pengunjung ini dikesampingkan. Namun jangan khawatir, pada postingan kali ini kita akan belajar menggunakan alat ini dengan hati-hati. Baiklah, kita ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Buka Situs Webmaster Tool

Setelah dibuka, Lihat dibagian bawah kolom, masukkan alamat blog anda, lalu klik ‘Tambahkan Situs’. Jika berhasil, pesan ‘Situs anda telah ditambahkan ke akun anda’ akan muncul. Coba refresh browser anda, situs yang anda daftarkan pasti sudah muncul di permukaan. Disinilah banyak orang tidak mengerti. Karena ada begitu banyak alat yang tersedia, itu membingungkan pengguna biasa.

Baca Juga :  Apa itu Teknologi Cloud Hosting?, Apa Saja Kelebihannya?

Pada halaman awal Webmaster Tool, pilih blog yang ingin anda kelola, cukup klik URL-nya. Setelah masuk, anda akan melihat halaman dasbor awal Webmaster Tool. Ada status ‘New and Important Message’ dan ‘Current Status’, jangan heran jika ‘Search Query’ dan ‘Sitemap’ masih kosong karena kita baru saja mendaftar. Lihat disisi kiri Webmaster Tool, ada banyak tab untuk alat yang dapat digunakan juga.

  • Pertama-tama kita pergi ke pojok kanan atas, dan pilih Setelah Situs’.
  • Setelah terbuka, lihat tab ‘Target geografis’. Disini kita dapat memilih sesuka hati untuk menargetkan pengguna kita
  • Centang ‘Tujuan pengguna masuk’ lalu pilih Indonesia lalu klik ‘Simpan’
  • Disebelah kiri, klik Crawl, lalu ‘Ambil Sebagi Google’
  • Ada kolom URL, anda hanya perlu memasukkan URL yang ingin anda indeks di Google, lalu klik ‘Dapatkan’.
  • Setelah muncul pesan ‘Permintaan anda telah diterima dan akan segera diproses’, artinya berhasil.
  • Lihat dibagian bawah akan muncul URL yang ingin anda kirimkan, silahkan klik ‘Submit, selesai. Silahkan ulangi untuk alamat URL yang lain.
Baca Juga :  Dapatkan Fitur Gratis di Hosting Trial cPanel

Sekian ulasan tentang cara mudah memberdayakan blog melalui webmaster tool, semoga bermanfaat.

Cek Tutorial Lengkap Disini :