Definisi Artificial Intelligence dan Tujuannya

Belakangan Istilah AI banyak kita dengar, penasaran dengan apa itu AI dan apa saja penjelasan lengkap tentang AI kita simak ulasan tentang Artificial Intelligence berikut ini.

AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) Atau disebut juga dengan Kecerdasaan Buatan, Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI.

Program AI pertama ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark di University Of Manchester (UK) Yang merupakan program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey Dan Program permainan Catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz.

Lalu pada tahun 1956 John McCtary Membuat Istilah “Kecerdasan Buatan” pada konferensi pertama yang diselenggarakan memang untuk pokok persoalan ini.

John McCtary juga Menemukan Bahasa Pemrograman “Lips”.Sedangkan Alan Turing memperkenalkan “Turing Test” sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas.

Kecerdasan Buatan Merupakan Aktivitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan kemampuan manusia jika kemampuan tersebut ditampilkan oleh manusia.

Ada juga menurut para ahli yaitu Stuart J.Russel dan Peter Norvig Menyatakan bahwa “AI atau kecerdasan buatan bisa dipahami sebagai sebuah perangkat komputer yang mampu memahami lingkungan disekitarnya, sekaligus memberikan respon yang sesuai dengan tujuan tindakannya tersebut.”

Penelitian dalam AI menyangkut pembutan mesin dan program komputer untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas, Sebagian contoh AI dalam kehidupan sehari hari atau yang mungkin pernah anda dengar antara lain Komputer yang bermain catur, mobil yang mengendarai sendiri, hingga dengan SIRI mungkin bagi anda yang menggunakan produk dari apple.inc, mungkin sudah tidak asing lagi dengan asisten personal yang satu ini, SIRI sendiri adalah asisten pribadi virtual yang diaktifkan sebagai suara perempuan ramah, SIRI berfungsi untuk membantu anda dalam menemukan informasi,mendapatkan petunjuk arah, mengirim pesan, melakukan panggilan suara, membuka aplikasi, dan menambahkan acara ke kalender.

Baca Juga :  Aplikasi Cryptotab Untuk Mining Bitcoin di Smartphone

Pengertian Kecerdasan

Manusia adalah mahluk tuhan yang diciptakan paling unggul sebab diberi kecerdasan yang merupkan sebuah anugerah sekaligus menjadi kelebihan dibanding mahluk tuhan lainnya. dengan kecerdasannya manusia dapat terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidup melalui proses berpikir dan belajar.

Winston Dan Pendergast (1987) Menyatakan bahwa :

1. Kecerdasan merupakan kemampuan untuk belajar atau mengerti pengalaman, maksudnya dengan sebuah kecerdasan kita memiliki kemampuan untuk belajar dan mengerti arti dari sebuah pengalaman.

2. Memahami pesan yang kontraditif dan ambigu, pesan kontraditif menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Berarti pesan yang bersifat berlawanan, bertentangan, sedangkan pesan Ambigu Yaitu pesan yang bermakna lebih dari satu sehingga menimbulkan keraguan, ketidak jelasan

3. Menanggapi dengan cepat dan baik atas situasi yang baru berarti dengan kecerdasan kita dapat dengan cepat mengatasi sutuasi yang baru.

4. Menggunakan penalaran dalam memecah masalah serta menyelesaikannya dengan efektif, artinya memecahkan masalah dengan kecerdasan supaya terselesaikan.

Apa itu AI ?

Kecerdasan Buatan
Gambar Ilustrasi – AI

Berikut 2 Pengertian AI menurut para ahli, pertama pengertian AI menurut H.A.Simon (1987). AI merupakan kawasan penelitian, aplikasi, dan instruksi yang berkaitan dengan pemrograman komputer untuk melakukan suatu hal yang cerdas menutut pandangan manusia.

kedua pengertian AI menurut Rich And Knight (1991), menurutnya AI merupakan sebuah studi tentang bagaiman cara membuat sebuah komputer melakukan hal hal yang lebih baik dari yang manusia lakukan.

Definisi dan kategori AI

AI Dikelompokan menjadi 4 kategori, berikut 4 kategori tersebut

1. System That Think Like Humans atau memiliki arti berfikir seperti manusia, Merupakan sistem yang dilakukan dengan cara intropeksi yaitu Tangkapan pikiran psikologis manusia pada komputer, hal ini sering diperagakan dengan cara dari neuron satu ke neuron lainnya,ataupun dengan sel otak satu dengan lainnya, pembelajarannya dengan cara experiment experiment.

Baca Juga :  Lenovo IdeaPad Slim 5i 14, laptop terbaik untuk eksekutif muda

2. System That Act Like Humans artinya yaitu Sistem yang bertinglkah seperti manusia, artinya ialah sebuah sistem yang menirukan tingkah laku seperti manusia sebagai bentuk dari pendekatan, pada tahun 1950 dengan pengujian melalui teletype, dengan cara jika penguji atau integrator tidak dapat membedakan mana manusia dan komputer, maka komputer dikatakan lolos (menjadi AI).

3. System That Think Rationally Berarti Sistem yang berfikir rasional,sistem ini dikenal dengan penalaran komputasi, sistem ini juga merupakan sistem yang paling sulit, karena sering terjadi kesalahan entah itu kesalahan data, prinsip dan prakteknya.

4. System That Act Rationally Adalah system yang menciptakn sebuah Robotika cerdas bertujuan gantikan tugas manusia.

Detail Artificial Intelligence

Ada 4 Detail Kecerdasan Buatan di masing masing bidang, antara Lain :

1. Sudut Pandang Kecerdasan

Kecerdasan Buatan adalah bagaiman cara membuat sebuah mesin yang cerdas,dapat melakukan hal hal yang sebelumnya di lakukan oleh manusia.

2. Sudut Pandang Peneletian

Sebuah studi bagaiman cara agar komputer dapat melakukan sesuatu hal sebaik yang dilakukan oleh manusia.

3. Sudut Pandang Bisnis

Kumpulan peralatan yang sangat powerfull dan metodis dalam menyelesaikan masalah bisnis.

4. Sudut Pandang Pemrograman

Kecerdasan buatan yang didalamnya berisi tentang studi pemrograman simbolik,pemecahan masalah (Problem Solving), Pencarian (Searching).

Tujuan Artificial Intelligence

1. Tujuan pertama adalah membuat mesin menjadi lebih pintar.

2. Tujuan Ilmiah,untuk memahami apa yang dimaksud dengan kecerdsan.

3. Tujuan Entrepreneurial,untuk membuat mesin yang lebih bermanfaat.

AI dan Kecerdasan Alami

Kecerdasan buatan lazim juga disebut sebagai AI. Akan memudahkan pekerjaan manusia dengan memanfaatkan teknologi. Misalkan kita akan memindahkan barang yang berat dan mengelompokkan barang tersebut.

Jika kita memberikan perintah terlebih dahulu kepada mesin AI tersebut maka mesin akan melakukan tindakan yang kita berikan. Dalam hal ini kita memberikan perintah kepada mesin AI dengan bahasa mesin yang mampu dipahami oleh mesin tersebut.

Baca Juga :  Review Samsung Galaxy A42 5G

Setelah memahami bagaimana AI ini bekerja, selanjutnya kita akan mempelajari apa perbedaan dan kelebihan dari AI dibandingkan dengan kecerdasan alami, kecerdasan alami dalam hal ini adalah manusia.

Perbedaan dan Kelebihan dari AI Dibandingkan Dengan Kecerdasan Alami

Pertanyaan mengenai, benarkah AI membuat computer secerdas manusia sering kali dilontarkan.

Pertanyaan itu sering muncul dan jawabannya memang itulah yang diharapkan. Namun, dalam kenyataanya kecerdasan yang dimiliki oleh mesin (Komputer) berbeda dengan kecerdasan manusia.

Mesin AI dapat melakukan dan menyelesaikan suatu persoalan yang 24 apabila dilakukan manusia memerlukan kecerdasan, tetapi cara yang dilakukan AI tidak harus sama dengan yang dikerjakan manusia dalam memecahkan persoalan tersebut.

Kecerdasan yang bisa dilakukan AI hanya sebatas perintah apa yang mesin tersebut terima dari program yang diinputkan oleh manusia. Dengan kata lain AI tidak bisa mengambil keputusan yang beraneka ragam seperti manusia ketika mendapatkan masalah.

Contoh simple dalam hal ini, manusia ketika disuruh bekerja bisa saja manusia tersebut menunda perintahnya atau bahkan menolaknya dengan stimulus yang diberikan dan direspon oleh manusia.

Berbeda dengan AI ketika mesin diberikan perintah dengan bahasa mesin, maka mesin tersebut akan melakukan tindakan seperti apa yang diperintahkan tanpa bias menolak atau meminta imbalan.

Contoh Penerapan AI dalam Kehidupan Sehari – Hari

Belakangan AI sudah banyak dimanfaatkan oleh manusia, sudah banyak teknologi yang memanfaatkan AI. Berikut beberapa contoh Penerapan AI dalam kehidupan sehari – hari :

  • Search Engine
  • Streaming Musik/Vidio
  • Penerjemah
  • Email
  • Media Sosial
  • Pemesanan Ojol
  • GPS
  • Pembuka HP dengan Wajah
  • Vidio Game
  • M- Banking
  • E-Commerce

dan masih banyak lainya.

Itulah penjelasan terkait AI semoga bermanfaat.