11 Keunggulan Telegram dibanding Whatsapp

Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi Telegram kini banyak digunakan oleh masyarakat secara luas. Berbagai fitur dan keunggulan yang dimiliki Telegram yang memicu banyaknya orang berbondong – bondong mengunduk aplikasi perpesanan ini.

Pesaing ketat Telegram yaitu Whatsapp.  Namun ada beberapa keunggulan dari Telegram yang tidak dimiliki oleh Whatsapp sebagi aplikasi setipe dengan Telegram.

Apa saja Keunggulan Telegram dari Whatsapp ?

Berikut Beritawarganet.com rangkum 11 Keunggulan yang dimiliki oleh Telegram dari pesaingnya yaitu Whatsapp.

1. Adanya Sistem Privasi

Data dan privasi pengguna menjadi bagian terpenting yang tidak boleh sembarangan bisa tersebar secara luas, maka dari itu Sistem Privasi dalam sebuah aplikasi sangatlah penting dikedepankan.

Telegram merupakan salah satu dari sekian aplikasi perpesanan yang telah menggunakan  sistem privasi yang sangat ketat bagi penggunanya. Layanan tersebut menjadi komitmen telegram yang dipandang menjadi layanan terbaik yang dimiliki, jadi disaat para pengguna saling mengirim pesan data mereka tetap bisa terjaga dengan aman.

Telegram menerapkan  sistem enkripsi end-to-end . Dengan sistem ini Telegram tidak bisa membaca isi pesan dari para pelanggan yang menggunakan aplikasi miliknya.

Hal ini menjadikan data para pelanggan Telegram tetap bersifat privasi dan aman.

2. Telegram memiliki penyimpanan Cloud

Keunggulan kedua, Telegram memiliki penyimpanan awan atau cloud. Dengan penyimpanan cloud maka setiap pesan berupa teks, gambar, vidio dan berkas lainya dapat tersimpan langsung disana.

Baca Juga :  Laptop Acer Terbaik 2020 Dibawah 9 Juta Untuk Mahasiswa

Dari sistem ini maka kita bisa berganti perangkat tanpa mengkhawatirkan kehilangan data. Jadi data tetap tersimpan di akun kita.

Selain kelebihan diatas, para pengguna Telegram dapat juga  menyimpan kontak, voice/video notes, GIF serta  link.

Layanan cloud dibatasi di angka 1,5 GB untuk setiap filenya.

Keunggulan diatas tidak dimiliki oleh pesaingnya yaitu Whatsapp.

3. Bisa Mengirimkan File Asli dan File RAR

Kalau kita mengirimkan file gambar di Whatsapp file akan di kompres secara otomatis oleh Whatsapp sehingga ukuran gambar yang kita kirim akan mengecil sendiri. Walau bisa diakali dengan cara pengiriman via dokumen.

Sedangkan jika kita menggunakan Telegram, Kita akan secara bebas mau mengirimkan file vidio besar atau yang sudah dikompres pun sah – sah saja dan sama.

Keunggulan inilah yang sekarang banyak dimanfaatkan saat adanya pelatihan – pelatihan mode daring, sistem komunikasi menggunakan Telegram, jadi disaat pemateri membagikan file besar tidak mengalami kerepotan lagi.

4. Kapasitas Group Bisa ditambah Sampai 5000

Tentunya kita sudah mengetahui bahwa WhatsApp khususnya untuk group hanya muat diisi  256 orang saja. Telgram juga memiliki standar kapasitas group yang memuat 200 pengguna saja dalam satu group.

Akan tetapi jika di Telegram, kapasitas standar ini bisa dirubah dan diperbesar tingkat kapasitas anggotanya sampai diangka 5000 orang yaitu dengan fitur super group. Cukup jumbo sekali jika dibandingkan dengan Whatsapp yang terbatas dan tidak bisa di stel lebih.

Baca Juga :  Cara Dapat Uang Dari Aplikasi Helo

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh sekolah – sekolah akhir – akhir ini untuk keperluan pembelajaran daring.

5. Adanya fitur Secret Chat

Kadang ada kalanya seseorang menghendaki adanya pesan yang super rahasia, di Telegram sendiri menyediakan fitur scret chat yang fungsinya untuk menjaga kerahasiaan pesan pelangganya.

Dengan menghidupkan fitur ini pesan tidak bisa kita akses melalui perangkat lain, dan bahkan pesan tersebut tidak tersimpan di cloud.

Dengan fitur ini maka otomatis jika kita berganti perangkat dengan melakukan log in dan log out dan kemudian masuk lagi diperangkat lainya, semua pesan tadi sudah terhapus.

Maka peretasan tidak akan terjadi jika menggunakan fitur tersebut.

6. Memasukan banyak nomer sekaligus

Di telegram kita tidak usah repot transfer semua kontak ke nomor baru kita. Kit dapat berganti dengan nomor yang baru maupun menambahkan beberapa nomer sekaligus dan tidak khawatir kehilangan obrolan kita sebelumnya serta kontak yang dimiliki sebelumnya.

Untuk mengubah nomor Telegram caranya mudah :

  • Buka bagian profile Telegram
  • Pilih Setting
  • Pilih Account -> Tap to change phone number
  • Tap tombol Change Number
  • Jika muncul peringatan, pilih Change
  • Isikan Nomor Handphone yang baru. Jika sudah tap icon ceklisdi bagian kanan atas
  • Masukkan kode verifikasi. Jika sudah tap icon ceklisdi bagian kanan atas
  • Nomor handphone berhasil dirubah

Nantinya, semua pesan yang sudah kita buat akan dipindahkan secara otomatis  ke nomor baru yang kita ubah tadi dan Telegram akan menambahkan semua kontak ke nomor baru tersebut.

Baca Juga :  Memilih Laptop 2 in 1, Laptop dan Tablet dalam 1 Gawai

7. Menampilkan Beberapa foto profil sekaligus

Pada whatsapp bagian profil hanya terdapat satu foto saja, berbeda dengan Telegram kita bisa mengunggah banyak foto sekaligus.

Jadi nantinya foto terbaru adalah foto yang bisa dilihat di profil kita, tetapi jika digeser ada foto – foto profil lama kita.

8. Chat Bot

Chat bot merupakan pembeda yang bisa kita lihat antara Telegram dan Whatsaap. Chat Bot tidak dimiliki oleh Whatsapp.

Dengan chat boot kita sebagai admin dari sebuah group dapat mengatur boot kita untuk menjawab sesuai yang kita seting.

Maka dari itu chat boot sanggat berguna sekali untuk mengelola group kita yang ada di Telegram.

 

9. Dapat Berbagi lokasi secara langsung

 

Ketika sedang memiliki janji dengan seseorang, kita dapat manfaatkan fitur di Telegram tersebut manakala lokasi yang kita janjikan tidak diketahui rekan kita.

Fitur ini menjadi salah satu keunggulan dari Telegram karena memiliki kemampuan untuk berbagi lokasi secara langsung dengan kontak yang diinginkan.

Cara penggunaannya pun mudah, hanya tinggal membuka pengaturan lampiran dan langsung bisa berbagi lokasi.

10. Adanya Channel pada Telegram.

Proses penyiaran (broadcasting) dilakukan dengan benar menggunakan Channel. Channel dapat menampung jumlah anggota tak terbatas. Whatsapp tidak memiliki fitur untuk menangani penyiaran/broadcasting seperti Telegram.

11. Gratis

Telegram adalah aplikasi gratis dan akan terus gratis, tidak akan pernah ada iklan atau biaya lain untuk selamanya. Dulu WhatsApp sempat memberlakukan biaya per tahun, hingga akhirnya WhatsApp benar-benar gratis.

Penutup

Itulah 11 Keunggulan yang dimiliki Telegram dari pesaingnya yaitu Whatsaap