Membuat Vidio Pembelajaran Menggunakan Filmora

Vidio Pembelajaran menjadi salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan oleh guru disaat “ Belajar Dari Rumah “. Melalui vidio pembelajaran, guru dapat menyampaikan banyak pesan yang diinginkan. Media ini juga sangat cocok diterapkan dikelas saat pembelajaran tatap muka secara langsung ( Luring ) maupun Daring seperti sekarang ini. Banyak software yang bisa digunakan oleh guru untuk membuat vidio pembelajaran lebih menarik dan mudah digunakan. Salat satu software editing vidio dengan fitur lengkap serta mudah digunakan adalah “Wondershare Filmora”. Salah satu penentu keberhasilan dari media pembelajaran berupa vidio, selain isi konten yaitu kualitas vidio yang dihasilkan. Sebelum membahas secara rinci Filmora sebagai alat bantu pembuatan media pemelajaran berupa vidio, terlebih dahulu kita harus memahami tentang terlebih dahulu apa itu media pembelajaran dan vidio pembelajaran.

Gagne dan Briggs (1975) dalam Arsyad (2011:4) mengemukakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, yang terdiri dari antara lain buku, tape recorder, kaset, video camera, video recorder, film, slide (gambar bingkai), foto gambar, grafik, televisi, dan komputer. Media pembelajaran memiliki peran penting dalam keberhasilan sebuah pembelajaran, secara umum peran media pembelajaran adalah sebagai berikut :

  1. Memperjelas pesan dalam pembelajaran.
  2. Mengatasi adanya keterbatasan ruang dan waktu.
  3. Penggunaan media pembelajaran dapat memancing siswa lebih aktif dalam pembelajaran.
  4. Media pembelajaran dapat membawa pengalaman peserta didik dari abstrak ke konkret.
  5. Dapat menumbuhkan motivasi dan minat belajar peserta didik.
Baca Juga :  Inilah Harga Serta Spesifikasi Dari HP Xiaomi Mi 11 Lite, Menggunakan Layar AMOLED Serta Chipset Gaming Dengan RAM 8 GB Hanya Rp 3 Jutaan

Sedangkan Sukiman (2012: 187-188) mengemukanan bahwa video pembelajaran merupakan seperangkat komponen atau media yang mampu menampilkan gambar sekaligus suara dalam waktu bersamaan. Adapun Wondershare Filmora adalah software editor vidio yang mudah digunakan.

Dalam pembuatan vidio pembelajaran, Filmora menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk para guru dalam mekasimalkan vidio yang akan dibuat. Ada beberapa alasan mengapa software ini mudah digunakan. Filmora merupakan software editor vidio professional yang memiliki tampilan sederhana, sehingga guru yang baru mencoba software inipun akan dimudahkan. Dalam pemanfaatanya guru bisa memadukan rekam suara, gambar, vidio dan efek dalam satu tampilan. Sehingga memudahkan guru memaksimalkan vidio pembelajaran yang akan dibuat. Sebagian besar software edit vidio membutuhkan spesifikasi computer yang bagus, akan tetapi Filmora bisa di install di komputer dengan spesifikasi rendah. Selain alasan diatas, filmora juga support dalam pembuatan vidio dengan sistem greenscren, artinya kita bisa memanfaatkan background hijau saat melakukan rekaman dan nantinya kita bisa merubah background vidio sesui yang kita inginkan.

Baca Juga :  Twibbon HUT RI 2021, Gratis Download !!

Ada beberapa langkah sederhana dalam pembuatan vidio pembelajaran menggunakan Filmora, adapaun tahapan pembuatanya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan bahan – bahan pembuatan vidio pembelajaran ( Vidio rekaman, gambar, musik pengiring, maupun teks pendukung.
  2. Catat dan tentukan urutan jalanya vidio pembelajaran yang akan kita buat.
  3. Buka software Wondershare Filmora yang sudah terinstal di komputer kita.
  4. Setelah software terbuka selanjutnya tambahkan semua media yang sudah kita persiapkan ke timeline ( file vidio rekaman, mp3 musik, gambar pendukung dan lainya ).
  5. Kemudian menata potongan vidio rekaman sesuai catatan jalanya vidio.
  6. Lakukan “cutting” vidio yang tidak dibutuhkan kemudian hapus.
  7. Mengatur volume suara, jika vidio pembelajaran yang kita buat masih terdengar sangat lemah bisa di pertinggi volume suara yang ada melalui edit “ Audio “ dalam software tersebut.
  8. Memberikan efek transisi setiap perpindahan vidio.
  9. Mengganti background vidio greenscren dengan background yang diinginkan.
  10. Setelah semua sudah tertata dengan benar sesui urutan, baik vidio, music dan lainya. Dan dirasa sudah sesuai yang diharapkan. Maka langkah berikutnya yaitu.
  11. Lakukan exsport vidio pemebelajaran dan penyimpanan dalam folder yang diinginkan.
Baca Juga :  Berikut Cara Download dan Kumpulan Template Aplikasi Edit Vidio Capcut

Format vidio bisa kita tentukan sendiri, dengan kualitas sesuai yang diharapkan. Dan setelah berwujud format MP4 kita bisa melihat vidio pembelajaran tersebut dari software pemutar vidio yang ada. Dan vidio pembelajaran ini sudah bisa kita gunakan didalam kelas Luring maupun Daring.

Penggunaan software editing vidio ( Filmora ) yang mudah akan sangat menolong guru dalam menghasilkan media ajar yang maksimal. Dengan tampilan yang maksimal diharapkan akan berdampak pada terserapnya semua materi yang disampaikan oleh guru kepada siswanya. ( Karya Teguh – pbg  )