Mengenal Teknologi Informasi Komunikasi

Berita Warganet – Mengenal Teknologi Infomasi Komunikasi. Awalnya, cara berkomunikasi dan berinteraksi dilakukan dengan cara yang sederhana. Namun, makin lama semakin berkembang. Manusia terus menciptakan hal yang dapat mempermudah cara berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Dahulu orang berkomunikasi dengan melukis bentuk (menggambar) di dinding gua, kemudian menggunakan isyarat tangan, isyarat asap, isyarat bunyi, huruf, kata, kalimat, tulisan, dan surat. Hingga saat ini manusia dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi dengan mudah, cepat, dan dari seluruh dunia sekalipun menggunakan telepon dan internet. Alat dan Sistem komunikasi yang diciptakan manusia kemudian dikenal dengan nama Teknologi Informasi atau yang lebih dikenal dengan istilah “ IT “yang merupakan singkatan dari Information Technology.

Alat-alat yang Berhubungan dengan TIK

Saat ini, walaupun terpisah jarak hingga ribuan kilometer manusia dapat memperoleh informasi dan

berkomunikasi dengan mudah. Hal ini dapat dilakukan dengan mengunakan arus listrik dan gelombang elektromagnetik untuk mengirim dan menerima pesan. Metode mengirim dan menerima pesan ini disebut telekomunikasi.

Berdasarkan caranya, telekomunikasi dapat dibedakan atas tiga macam

  • Komunikasi satu arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah, pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio.
  •  Komunikasi dua arah (Duplex), pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
  • Komunikasi semi dua arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah, pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room
Baca Juga :  Bisakah Menggunakan Apple Watch Tanpa iPhone?

Alat-alat yang berhubungan dengan telekomunikasi serta cara kerjanya

  1. Telepon. Telepon adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Umumnya penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, dengan telepon pertama dibuat di Boston, Massachusets, pada tahun 1876. Tetapi, penemu Italia Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika, dan bukan Alexander Graham Bell. Suara yang bergetar di udara disebut gelombang bunyi. Setiap gelombang bunyi dapat merambat melalui sinyal arus listrik yang melalui kabel. Ketika kita berbicara menggunkan telepon, gelombang bunyi dari suara kita, merambat melalui arus listrik mengalir disepanjang kabel hingga diterima dalam bentuk getaran udara yang menghasilkan gelombang bunyi yang dapat didengar oleh penerima telepon.
  2. Radio.  Radio adalah teknologi berupa pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini dapat merambat melalui udara dan ruang hampa udara.Gelombang radio adalah suatu bentuk dari radiasi elektromagnetik yang terbentuk ketika materi bermuatan listrik dipercepat dengan menggunakan frekuensi yang terdapat dalam frekuensi radio (RF). Gelombang radio memiliki jangkauan 10 hertz hingga beberapa gigahertz. Ketika gelombang radio melewati kabel, pembauran dari medan listrik dan magnetik akan mempengaruhi arus bolak-balik dan tegangan pada kabel. Peristiwa ini dapat menghasilkan sinyal audio pembawa informasi. Informasi inilah yang sering didengar lewat radio Radio petama kali digunakan untuk mengirimkan pesan telegraf dengan menggunakan kode morse oleh angkatan perang. Radio pun digunakan untuk memberikan perintah dan komunikasi antara angkatan darat dan angkatan laut pada perang dunia ke-2 dengan populernya pesawat radio, siaran mulai dilakukan pada tahun 1920-an, terutama di Eropa dan Amerika Serikat.
  3. Televisi. Televisi merupakan alat telekomunikasi yang berfungsi menangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision,yang memiliki arti jauh (tele) dan tampak(vision). Jadi, televisi berarti melihat jarak jauh. Penemuan televisi disamakan dengan penemuan roda karena mampu merubah dunia. Dalam penemuan televisi, terdapat banyak pihak yang terlibat baik perorangan maupun badan usaha. Penemuan televisi tidak dapat dipisahkan dari penemuan hukum dasar gelombang eletromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831).
  4. Komputer Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi, menyimpan dan menghitung data. Pada awalnya, kata komputer dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika tanpa menggunakan alat bantu. Akan tetapi, kini komputer banyak digunakan untuk keperluan yang tidak berhubungan dengan matematika. Kamu pasti pernah berbelanja di supermarket, ketika kamu akan membayar di kasir, pernahkah kamu memperhatikan kasir menghitung belanjaanmu tanpa menggunakan alat bantu? Jika kasir tersebut menghitung tanpa menggunakan alat bantu, tentu saja dia akan kerepotan menghitung barang-barang belanjaan. Kini dengan adanya komputer semua barang belanjaanmu dapat dihitung dengan mudah dan cepat. Itulah salah satu contoh penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Contoh lainnya yang dapat kamu temukan, yaitu pada mesin ATM yang dapat mengeluarkan uang dengan praktis. Mesin ATM dapat berfungsi ketika kamu memasukkan nomor kode khusus dan jumlah uang yang diminta.
Baca Juga :  Review Samsung Galaxy S20 FE 5G

Selain alat yang telah disebutkan di atas ada juga hal lain  yang berhubungan dengan teknologi informasi, dan komunikasi, yaitu sistem jaringan.

Sistem Jaringan

Apa itu sistem jaringan?

Sistem jaringan adalah sebuah sistem yang mampu menghubungakan dan menggabungkan beberapa titik menjadi satu kesatuan yang mampu saling berinteraksi.

Alat-alat yang berhubungan dengan sistem jaringan

  1. Jaringan Telepon. Jaringan telepon adalah penghubung antar komunikan (orang yang saling berkomunikasi). Alat yang menggunakan jaringan telepon di antaranya adalah telepon rumah, faksimili (alat untuk mengirimkan dokumen dalam bentuk hardcopy), dan ISDN (Integrated Service Digital Network). ISDN adalah alat yang dapat merespon suara dan menyimpan data.
  2. Jaringan yang Menggunakan Sistem Satelit.  Satelit merupakan pengantar, penerima, dan penguat data tanpa menggunakan kabel. Data atau informasi yang diantarkan berbentuk gelombang. Alat yang menggunakan satelit di antaranya televisi, radio, telepon seluler, dan internet.
Baca Juga :  Cara Membuat password yang kuat dan Sulit diretas

 

You May Also Like