pcgamers
sumber : pcgamers.com

Layar Lengkung vs Datar, Mana Yang Terbaik Untuk Bermain Game?

Layar Lengkung vs Datar, Mana Yang Terbaik Untuk Bermain Game? – Jika Anda memiliki rencana untuk terjun ke dunia PC game, untuk pertama kalinya. Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda buat bahkan sebelum Anda mulai mencari game baru. Salah satu pertimbangannya adalah penggunaan monitor. Apalagi saat ini terdapat 2 jenis monitor yang sering digunakan, curved dan flat.

Monitor Layar datar untuk PC gamer yang ingin mendalami tampilan game. Atau monitor lengkung, pilihan yang semakin populer, baik dalam resolusi standar 16: 9 dan dalam format ultrawide.

Namun mana tampilan layar yang terbaik saat ini? Lengkung atau datar, yang lebih baik digunakan untuk bermain game, dan apa perbedaan utamanya? Jawabannya, tentu saja, tergantung pada kebiasaan bermain game Anda, anggaran yang Anda miliki, dan beberapa faktor lainnya,

Kali ini, beritawarga akan merinci hal-hal penting yang perlu diingat mengenai monitor lengkung dan datar. Dan dapat membantu Anda untuk menentukan tampilan mana yang paling sesuai untuk Anda.

pcgamers
sumber : pcgamers.com

Monitor Lengkung

Baca Juga Free to Play Game Xbox gratis mulai hari ini

Keunggulan

  • Layar ultrawide sangat bagus untuk digunakan untuk membuka banyak tab
  • Mendukung resolusi tinggi
  • Kualitas gambar yang ditingkatkan
  • Dapat Mengurangi ketegangan mata
  • Konsistensi warna yang lebih baik

Kelemahan

  • Semakin lebar monitornya, semakin berat monitor tersebut
  • Memerlukan kartu grafis yang lebih baik
  • Memakan banyak tempat di meja desktop
  • Bentuk lengkung dapat menyulitkan penilaian pekerjaan visual dan editing.

Jika Anda belum pernah menggunakan monitor lengkung sebelumnya, Anda mungkin bertanya-tanya apa keunggulan layar lengkung jika dibandingkan monitor layar datar. Jawaban paling dasar adalah monitor lengkung dirancang untuk memperluas gambar dalam busur di sekitar bidang penglihatan Anda sehingga Anda melihat tepi layar dengan penglihatan periferal Anda, alih-alih melihatnya sebagai gambar datar.

Hasilnya, monitor lengkung sangat bermanfaat untuk peningkatan gambar atau unsur grafis yang terjadi dalam game Anda. Hal itu menimbulkam kesan game ‘mengelilingi’, bukan hanya di depan Anda.

Baca Juga :  Logo Kabupaten Musi Banyuasin PNG Download Lambang Gambar HD

Bagi mereka yang mencari produktivitas yang lebih baik, monitor ultrawide lengkung bisa sangat bagus untuk multitasking atau mengerjakan proyek yang mengharuskan Anda membuka banyak tab sekaligus.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa monitor lengkung juga dapat mengurangi ketegangan mata. Hal ini dapat membantu mengurangi kelelahan dalam sesi permainan yang lama dan kompetitif. Layar lengkung juga memastikan konsistensi warna yang lebih baik daripada tampilan layar datar berukuran serupa.

Di sisi lain, monitor lengkung yang lebih besar tidak akan menampilkan semua game PC Anda dengan resolusi yang tepat. Untuk memanfaatkan tampilan penuh, game perlu menggunakan dukungan untuk resolusi ultrawide seperti 3440 × 1440 atau 2560 × 1080, yang dapat membuat game yang didukung tampak luar biasa. Namun, monitor lengkung akan menambahkan bilah hitam ke sisi layar saat Anda memainkan game yang tidak didukung.

Dan jika Anda bermaksud menggunakan PC untuk pengeditan video, monitor lengkung mungkin akan menyulitkan untuk mengetahui apakah garis atau potongan Anda lurus. Atau, apa yang terlihat bagus pada monitor ultrawide mungkin akan terlihat berbeda pada tampilan standar atau layar ponsel. Jadi layar lengkung tidak cocok untuk pekerjaan editing video atau gambar.

Baca Juga Game PlayStation Plus April 2021: Days Gone Gratis

Monitor Layar Datar

Keunggulan

  • Cenderung lebih ringan
  • Lebih baik untuk jenis pekerjaan tertentu
  • Secara native mendukung rasio aspek untuk sebagian besar game
  • Umumnya lebih murah
  • Bagus untuk pengaturan monitor ganda

Kelemahan

  • Sebagian besar tidak memiliki tampilan ultrawide
  • Kualitas gambar dan konsistensi warna memburuk di dekat tepi layar

Meskipun monitor datar tidak dapat memberikan imersi tambahan seperti monitor lengkung, monitor ini memiliki keuntungan karena dapat menampilkan sebagian besar game tanpa penyesuaian apa pun serta datang dengan harga yang lebih murah, karena umumnya lebih kecil dan lebih murah.

Sebagian besar game dirancang dengan rasio aspek 16: 9 pada monitor datar, sehingga akan terlihat bagus di luar kotak dengan berbagai variasi resolusi. Selain itu, jika Anda berencana menggunakan PC untuk pekerjaan kreatif digital atau pengeditan video. Monitor layar datar akan memberi Anda gambaran yang jauh lebih baik tentang apa yang akan dilihat audiens Anda saat mereka berinteraksi dengannya.

Baca Juga :  Logo Kota Manado PNG, Download Gambar HD

Dan jika Anda berencana untuk memiliki lebih dari satu orang melihat monitor Anda, apakah Anda sedang menonton film atau bermain co-op, layar datar berfungsi lebih baik.

Tentu saja, jika Anda menginginkan beberapa manfaat monitor lengkung ultrawide, Anda dapat keluar untuk layar kedua dan mencapai efek yang sama dengan pengaturan monitor ganda .

Namun, menggunakan satu monitor layar datar tidak akan memberi Anda pengalaman yang sama seperti layar lengkung. Sementara tampilan melengkung memeluk penglihatan periferal Anda dan memberikan kualitas gambar dan warna yang lebih konsisten, aspek-aspek ini menjadi sedikit lebih buruk di bagian tepi tampilan layar datar.

Perbandingan Monitor lengkung vs. datar

Meskipun yang satu tidak secara inheren lebih baik dari yang lain, ada beberapa aspek utama yang memengaruhi keseluruhan pengalaman bermain game Anda dengan monitor melengkung atau datar. Berikut adalah cara mereka membandingkan kedua jenis layar tersebut.

Ukuran dan berat

Monitor lengkung biasanya jauh lebih lebar daripada monitor layar datar, dan, seperti yang disebutkan di atas, ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna, sehingga layar harus lebar untuk dapat mencapai penglihatan periferal pemain.

Dibandingkan dengan monitor datar, tepi yang melengkung juga memudahkan untuk melihat keseluruhan layar sekaligus sambil duduk di dekat monitor Anda.

Lebar layar datar cenderung berkisar dari 23 hingga 27 inci. Sebaliknya, monitor lengkung biasanya dimulai dari 27 inci dan membentang dari sana. Ultrawide Samsung CHG9 Series sebagai contoh layar dengan ukuran luar biasa dengan lebar 49 inci.

Kualitas warna

Kualitas dan kuantitas warna yang dapat ditampilkan oleh layar datar dan monitor lengkung berbeda-beda pada setiap monitor. Saat ini semakin banyak monitor gaming yang mendukung HDR , memungkinkan luminositas berkualitas tinggi dengan warna putih cerah dan hitam pekat. Perlu dicatat, bahwa layar monitor lengkung dapat memberikan konsistensi warna yang lebih baik karena setiap piksel, idealnya, mengarah ke Anda. Pada layar datar, warna dapat tampak sedikit menjauh dari Anda.

Perangkat keras

Dengan bertambahnya lebar monitor, jumlah piksel pada layar juga meningkat. Jadi untuk menjalankan game pada monitor ultrawide dengan kecepatan bingkai tinggi, Anda memerlukan kartu grafis yang dapat menangani keluaran tambahan. Jika Anda dapat menemukannya, salah satu dari 3000 seri kartu grafis Nvidia harus mampu menjawab tantangan tersebut.

Baca Juga :  Cara Mengunci dan Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi

Kecepatan refresh

Terlepas dari apakah Anda menggunakan monitor melengkung atau datar, kecepatan refresh jelas sangat bervariasi, dari monitor anggaran standar 60Hz hingga 144Hz , 240Hz , dan bahkan lebih tinggi jika Anda ingin bermain secara kompetitif.

Karena ukuran monitor melengkung, bagaimanapun – setidaknya jika Anda menginginkan pengalaman penuh . Anda kemungkinan akan membayar lebih mahal untuk monitor lengkung dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi daripada yang Anda lakukan untuk monitor layar datar.

Layar Lengkung vs datar

Saat memilih monitor game terbaik untuk Anda, jarak tempuh Anda dapat bervariasi tergantung pada game yang Anda mainkan dan apa yang Anda gunakan untuk monitor di luar game.

Monitor layar datar andal berguna untuk berbagai tugas, termasuk pengeditan video dan seni digital, tetapi monitor lengkung memberikan semangat ekstra untuk game yang dapat memanfaatkan piksel tambahannya dengan baik. Layar ultrawide ini bisa bagus untuk bekerja dan bermain.

Semua ini akan kembali pada keputusan Anda apakah membutuhkan lebar tambahan dan mempertimbangkan berat dan real estat yang menyertainya. Jika Anda benar-benar peduli tentang memaksimalkan visual Anda, untuk kesenangan pribadi Anda atau untuk keunggulan kompetitif ekstra itu, monitor ultrawide mungkin merupakan cara yang tepat. Meskipun demikian, Anda juga harus siap membayar lebih untuk monitor lengkung berkualitas baik daripada layar datar rata-rata.

Jika Anda berencana untuk bermain game secara lokal atau menonton film bersama teman, layar datar adalah cara yang lebih baik untuk digunakan karena semua peserta dapat melihat seluruh layar. Dan karena layar datar cenderung lebih murah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memilih tampilan monitor ganda bersudut yang menghasilkan efek yang sangat mirip dengan ultrawide lengkung, meskipun sudutnya akan jauh lebih tajam.

Kedua pengaturan bisa bagus untuk permainan online yang kompetitif, tetapi monitor lengkung mungkin membuatnya lebih mudah untuk melihat detail yang mungkin Anda lewatkan di tepi layar datar. Meskipun demikian, diperlukan waktu sedikit lebih lama untuk menggerakkan kursor melintasi layar ultrawide, sehingga memperlambat waktu respons. Jadi mana yang akan Anda pilih? Layar lengkung atau layar datar?