Memory Penuh pada Android

Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Android

Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Android – Kadang kita merasa ‘risih’ ketika sedang mengoperasikan perangkat Android. Atau mengalami lag ketika sedang bermain game yang membuat mood kita turun. Tak jarang juga pengguna smartphone yang mengeluhkan memori ponselnya sudah penuh.

Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Android

Memori yang ada ponsel bisa diibaratkan seperti otak manusia yang bisa menyimpan data atau file. Walaupun memiliki ukurannya yang kecil, namun bisa  menyimpan beragam file yang penting. Namun tentunya memori memiliki batasa dan akan penuh jika data yang disimpan terlalu banyak. Hal ini yang dapat menyebabkan smartphone menjadi lag. Namun tenang saja, kali ini berita warganet akan memberikan  Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Android agar tidak terjadi lag pada saat digunakan. 

Baca Juga : Twibbon Lailatul Qadr

Jenis Memori pada Android

Memori yang ada pada Android pada umumnya dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah memori internal yang merupakan memori bawaan yang ada pada ponsel. Sedangkan yang kedua adalah memori eksternal. Memori ini adalah memori tambahan yang bisa ditambahkan atau disematkan pada ponsel Android kita. Kedua memori tersebut sama sama bisa digunakan untuk menyimpan file. Namun seperti yang dikatakan diatas, memori juga memiliki batas yang suatu saat bisa penuh.

Baca Juga :  Kamera Fujifilm Instax Mini 9, Abadikan Momenmu

Baca Juga : Twibbonize Malam Lailatul Qadr

Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Android kali ini akan memberikan solusi yang bisa sobat warganet gunakan untuk mengatasi permasalahan memori penuh pada Android. 

Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Android

Sebelum mengikuti beberapa tips untuk mengatasi memori penuh di Android. Sobat warganet juga dapat mencari informasi mengenai beberapa aplikasi yang sedang dipakai. Terkadang aplikasi tersebut tidak benar-benar diperlukan. Sobat juga bisa mencari informasi  beberapa aplikasi yang menggunakan memori terlalu besar. Dan berikut ini adalah cara untuk mengatasi memori ponsel jika terlalu penuh.

1. Rutin membersihkan cache

Cara pertama yang dapat sobat warganet gunakan untuk mengatasi memori penuh adalah rutin membersihkan cache aplikasi.

Cache adalah sisa data yang sudah tidak terpakai. Cara membersihkan cache adalah sebagai berikut

  • Pertama sobat dapat membuka “setting”.
  • Selanjutnya pilih menu “app management”.
  • Jika sudah masuk, klik semua aplikasi yang sering diakses.
  • Setelah itu, sobat dapat klik menu “storage usage”. Dan didalamnya ada pilihan “clear cache”, klik menu tersebut. Maka secara otomatis cache yang ada ponsel akan dibersihkan. 

2. Hindari instal aplikasi yang berat

Pada aplikasi Playstore terdapat memiliki berbagai macam aplikasi dan game yang sering membantu dan menggonda untuk di install pada smartphone dan bisa membantu atau menghibur disela sela waktu luang. Namun, semakin banyak aplikasi yang diinstall juga akan memakan memori yang banyak juga. Dan terkadang ada juga aplikasi memakan memori terlalu banyak. 

Baca Juga :  Cara Join Beta Android di Google Play Store

Sebelum menginstall aplikasi, ada baiknya mencari alternatif aplikasi lain dengan fungsionalitas yang sama namun dengan ukuran file yang lebih kecil. Sobat juga harus memperhatikan memori yang tersisa pada ponsel Android.

3. Pengaturan Aplikasi Whatsapp

Tidak bisa dipungkiri saat ini hampir seluruh pengguna smartphone yang ada di Indonesia menggunakan aplikasi perpesanan ini. Namun tak jarang juga yang menyadari aplikasi ini juga memakan banyak ruang di Memori Ponsel. Untuk itu, cara atasi memori penuh selanjutnya adalah mengatur settingan yang ada di Whatsapp.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mematikan auto download media di  whatsapp. Jika auto download tidak dimatikan, maka ketika ada yang mengirim foto atau video akan langsung terdownload. Hal itu secara otomatis juga akan memenuhi memori internal ponsel.

Yang kedua adalah mem-back up chat dan media ke Google drive. Semua chat maupun media yang ada akan disimpan ke google drive. Sehingga sobat warganet tidak perlu khawatir jika memori penuh. Sobat dapat menghapus beberapa file yang ada di whatsapp. File itu akan bisa ditemukan di google drive. Ketika sobat membutuhkannya, tinggal kunjungi googledrive dan data yang disimpan tidak akan hilang dan dapat sobat temukan disana.

Baca Juga :  Mau Tahu Fitur Youtube Premium Lengkap? Yuk Intip Sebelum Langganan

4. Pindahkan data ke memori eksternal

Memori internal yang penuh salah satunya dikarenakan banyaknya aplikasi yang di instal. Untuk mengatasi hal tersebut ada dua cara yang bisa dicoba agar tidak terlalu penuh. Cara yang pertama adalah dengan uninstal aplikasi dan yang kedua adalah dengan memindahkan data aplikasi ke memori eksternal. Namun, sebelum memindahkan beberapa aplikasi, pastikan memori yang dipakai cukup besar kapasitasnya dibandingkan memori internal.

Cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal adalah sebagai berikut

  • Buka setting atau pengaturan ponsel.
  • Setelah itu pilih setelan tambahan.
  • Disana sobat akan menemukan manajemen aplikasi dilanjutkan klik terinstal.
  • Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan, ketuk aplikasi tersebut dan pilih opsi pindahkan ke memori eksternal atau SD card.

5. Atur lokasi penyimpanan foto kamera

Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Android yang terakhir adalah mengatur lokasi penyimpanan foto kamera. Pindahkan lokasi penyimpanan foto kamera tersebut dari memori internal ke memori eksternal.

Jadi, ketika sobat membidik foto, otomatis tersimpan ke memori eksternal atau SD card. Caranya dengan membuka aplikasi kamera kemudian cari menu setting. Ganti lokasi penyimpanan dari internal menuju SD card.

Tutorial atasi memori penuh pada ponsel bisa diterapkan jika smartphone yang dipakai mulai lemot. Setelah mengetahui tutorial tersebut, diharapkan ponsel yang dipakai mulai kembali normal ketika dipakai. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan