3 Jenis Ritel Dilihat Dari Berbagai Hal

Berita Warganet – 3 Jenis Ritel Dilihat Dari Berbagai Hal. Ritel adalah suatu kegiatan penyaluran produk berupa barang atau jasa secara eceran dan langsung kepada konsumen akhir untuk pemenuhan kebutuhannya.retail, bisnis ritailRitel

Berikut ini disampaikan beberapa jenis ritel jika ditinjau dari berbagai hal:

1. Berdasarkan Tipe kepemilikan (type of ownership)

Dilihat dari tipe kepemilikannya, ritel dapat diklasifikasikan dalam tiga jenis,
yaitu :

a. Independent retail firm yaitu toko eceran yang kepemilikan modal dan pengelolaanya dilakukan sendiri atau independen dan tanpa ada kerja sama dengan pemodal atau pengelola lain.

Baca Juga :  BMW M5 2022 Harga, Spesifikasi Interior Lengkap!

b. Waralaba (franchising) retail, yaitu bisnis ritel yang pengelolaannya melibatkan perusahaan pemilik merek usaha tertentu (franchisor) yang memberikan hak istimewa kepada pihak lain (franchisee) untuk melakukan usaha sesuai ketentuan dan sistem tertentu pada tempat dan waktu sesuai perjanjian yag disepakati.

c. Corporate chain retail, yaitu jenis ritel yang yang tergabung dalam suatu manajemen yang terdiri dari dua atau lebih dalam hubungan pusat dan cabang milik pemodal individu ataupun kelompok.

Baca Juga :  Aplikasi-Aplikasi Internet pada Linux

2. Berdasarkan Produk Yang Dijual

Terdapat dua jenis bisnis ritel jika dilihat dari produk yang dijual, yaitu Service Retailing, ritel yang menjual jasa atau layanan langsung kepada konsumen akhir. Dan Product Retailing atau Ritel yang menawarkan produk berupa barang kepada konsumen akhir baik itu satu jenis maupun berbagai jenis kategori.

3. Menurut Teknik Pemasaran

Menurut teknik pemasaran Ritel dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

In-Store Retailing; ritel yang memberikan layanan penjualan kepada pembeli dalam area toko lengkap dengan segala peralatan dan fasilitas yang ada.

Baca Juga :  Luar Biasa, Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil Lepas Lebih dari 182.000 Unit Tahun 2020

Non-Store Retailing; ritel yang memberikan layanan penjualan kepada pembeli tanpa menggunakan area toko

 

Pencarian Populer :  bisnis retail di indonesia, bisnis retail online, bisnis retail di masa pandemi , bisnis retail terbesar di indonesia, bisnis retail modern, bisnis retail 2021, bisnis retail indonesia, bisnis retail sembako, contoh bisnis retail, apa itu bisnis retail, pengertian bisnis retail, strategi bisnis retail, contoh bisnis retail di indonesia
strategi pemasaran bisnis retail, hakikat bisnis retail adalah, alasan melakukan pelayanan dalam bisnis retail, manajemen persediaan barang dalam bisnis retail, sistem kerja bisnis retail, bisnis pertamina retail, bisnis proses retail, bisnis proses perusahaan retail

You May Also Like