3 Jenis Ritel Dilihat Dari Berbagai Hal

Berita Warganet – 3 Jenis Ritel Dilihat Dari Berbagai Hal. Ritel adalah suatu kegiatan penyaluran produk berupa barang atau jasa secara eceran dan langsung kepada konsumen akhir untuk pemenuhan kebutuhannya.retail, bisnis ritailRitel

Berikut ini disampaikan beberapa jenis ritel jika ditinjau dari berbagai hal:

1. Berdasarkan Tipe kepemilikan (type of ownership)

Dilihat dari tipe kepemilikannya, ritel dapat diklasifikasikan dalam tiga jenis,
yaitu :

a. Independent retail firm yaitu toko eceran yang kepemilikan modal dan pengelolaanya dilakukan sendiri atau independen dan tanpa ada kerja sama dengan pemodal atau pengelola lain.

Baca Juga :  Sejarah Perkembangan Bisnis Ritel

b. Waralaba (franchising) retail, yaitu bisnis ritel yang pengelolaannya melibatkan perusahaan pemilik merek usaha tertentu (franchisor) yang memberikan hak istimewa kepada pihak lain (franchisee) untuk melakukan usaha sesuai ketentuan dan sistem tertentu pada tempat dan waktu sesuai perjanjian yag disepakati.

c. Corporate chain retail, yaitu jenis ritel yang yang tergabung dalam suatu manajemen yang terdiri dari dua atau lebih dalam hubungan pusat dan cabang milik pemodal individu ataupun kelompok.

2. Berdasarkan Produk Yang Dijual

Terdapat dua jenis bisnis ritel jika dilihat dari produk yang dijual, yaitu Service Retailing, ritel yang menjual jasa atau layanan langsung kepada konsumen akhir. Dan Product Retailing atau Ritel yang menawarkan produk berupa barang kepada konsumen akhir baik itu satu jenis maupun berbagai jenis kategori.

Baca Juga :  Free Download Twibbon Euro 2020, 16 Besar

3. Menurut Teknik Pemasaran

Menurut teknik pemasaran Ritel dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

In-Store Retailing; ritel yang memberikan layanan penjualan kepada pembeli dalam area toko lengkap dengan segala peralatan dan fasilitas yang ada.

Non-Store Retailing; ritel yang memberikan layanan penjualan kepada pembeli tanpa menggunakan area toko

 

Pencarian Populer :  bisnis retail di indonesia, bisnis retail online, bisnis retail di masa pandemi , bisnis retail terbesar di indonesia, bisnis retail modern, bisnis retail 2021, bisnis retail indonesia, bisnis retail sembako, contoh bisnis retail, apa itu bisnis retail, pengertian bisnis retail, strategi bisnis retail, contoh bisnis retail di indonesia
strategi pemasaran bisnis retail, hakikat bisnis retail adalah, alasan melakukan pelayanan dalam bisnis retail, manajemen persediaan barang dalam bisnis retail, sistem kerja bisnis retail, bisnis pertamina retail, bisnis proses retail, bisnis proses perusahaan retail