Rumus dan Fungsi Excel

Rumus dan Fungsi Excel, Penjelasan

Rumus dan Fungsi Excel, Pengertian dan Penjelasan – Seperti yang kita bahas sedikit pada Dasar-dasar bekerja dengan menggunakan Microsoft Excel. Penggunaan Microsoft Excel kebanyakan adalah digunakan untuk mengolah data dengan memasukkan rumus sehingga mempermudah kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Sehinga berkeja dengan banyak data, kita tidak bisa lepas dari Formula atau Rumus dan Fungsi Excel.

Namun, apakah kita sudah benar benar memahami pengertian formula atau rumus pada microsoft excel? Dan apakah kita sudah benar benar memahami alur logika yang digunakan untuk menghasilkan nilai, string atau data lain sesuai dengan kebutuhan?

Dalam bekerja dengan Menggunakan Aplikasi dari Microsoft ini, kita akan banyak menemui Rumus dan Fungsi Excel yang akan digunakan. Oleh karena itu, berita warganet akan membagikan Pengertian Rumus dan Fungsi Excel serta perbedaan dan penggunaannya. Yuk kita simak bersama

Pengertian Rumus dan Fungsi Excel

Pengertian Formula atau Rumus Excel

Rumus dan Fungsi Excel memiliki pengertian yang berbeda. Rumus sendiri adalah persamaan matematika yang umumnya melibatkan fungsi excel, operator excel, konstanta dan juga referensi sel atau range. Persamaan ini adalah dasar dimana kitab isa mendapatkan hasil seperti yang diharapkan dengan menggunakan Microsoft Office Excel

Secara sederhana ketika kamu ingin mendapatkan hasil, menghitung sesuatu, menggunakan logika matematika berdasarkan data yang ada, kamu cukup mengetikan Formula atau Rumus Excel pada sebuah Cell atau Formula Bar.

Ada banyak hasil yang bisa kamu dapatkan sesuai dengan kebutuhan mulai dari nilai, teks, tanggal, waktu sampai dengan jenis data yang rumit sekalipun (Dengan catatan kita mematuhi pedoman penggunaan rumus yang ada atau kombinasinya). Kamu bisa membaca kembali beberapa rumus yang perlu kamu kuasai.

Baca Juga :  Workbook dan Worksheet Microsoft Excel

Penggunaan Formula dan Rumus selalu menggunakan tanda sama dengan (=). Hal ini seperti yang kita bahas sebelumnya, agar Microsoft excel mengetahui bahwa kita menginginkan hasil dari sebuah perhitungan. Nah agar lebih memahami berikut ini adalah bagian rumus Excel yang harus dipahami

Pengertian Fungsi Excel

Sementara itu, fungsi excel adalah template atau awalan dari formula yang disederhanakan sehingga akan mempermudah pekerjaan kita. Fungsi ini berisi rumus-rumus yang telah didefinisikan oleh microsoft excel. Secara umum kita bisa menggunakan rumus default yang sudah disediakan oleh Microsoft Office Excel yang bis akita gunakan untuk mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan. Ada banyak fungsi default yang bis akita gunakan, kalian dapat melihat pada Tab Formulas untuk memilih Fungsi sesuai dengan kebutuhan, seperti fungsi matematika, statistika, waktu dan sebagainya.

Rumus dan Fungsi Excel 2

Bagian Bagian Rumus Excel

Nah, setelah mengetahui perbedaan dari Rumus dan Fungsi Excel. Kita akan membahas bagian-bagian dari Rumus Excel. Sebelumnya agar lebih memahami kalian bisa melihat gambar berikut ini

Rumus dan Fungsi Excel 1

Seperti yang disebutkan diatas, untuk menggunakan rumus atau fungsi pada excel kita perlu menggunakan tanda sama dengan (=) terlebih dahulu. Setelah kita menambahkan tanda sama, selanjutnya kita bisa menambahkan beberapa bagian formula atau rumus pada Excel sesuai kebutuhan diantaranya adalah

Fungsi

Fungsi adalah kode yang digunakan untuk melakukan perhitungan pada Excel. Ada banyak fungsi yang digunakan pada excel, contohnya adalah SUM yang digunakan untuk menjumlahkan, AVERAGE untuk mencari rata rata dan sebagainya.

Baca Juga :  Cara Kompresi PDF Menjadi 300 KB Online di Smallpdf

Operator

Operator bisa kita umpamakan sebagai tanda hitung yang digunakan untuk menghitung suatu nilai pada Excel. Misalnya (+) untuk menjumlah ; (-) untuk mengurangi; (*) untuk mengalikan.

Referensi

Referensi adalah acuan pada sebuah sel atau range pada lembar kerja, baik pada worksheet yang sama maupun worksheet yang lain. Referensi ini bisa dibagi menjadi 2 yaitu Referensi dalam bentuk Range atau kumpulan Cell dan Referensi dalam bentuk Cell Tunggal. Pada contoh diatas Range Cell adalah (B4:B9) dan Referensi Cell Tunggal adalah B2.

Konstanta

Konstanta tidak selalu harus dimasukkan kedalam formula. Konstanta digunakan pada sebuah perhitungan sebagai nilai tetap sebagai referensi. Konstanta merupakan nilai yang bukan hasil dari sebuah kalkulasi perhitungan, karena itu nilainya selalu sama atau tidak berubah. Contoh pada gambar diatas konstantanya adalah 2

Parentheses

Parentheses adalah tanda kurung buka dan kurung tutup yang digunakan untuk memberitahukan  Excel   di   mana  argumen   dimulai  dan diakhiri. Contohnya diatas =SUM(B4:B9) berarti Excel harus menghitung jumlah dari nilai yang ada pada Cell B4 sampai dengan Nilai yang ada pada Cell B9.

Penggunaan fungsi microsoft excel pada sebuah rumus excel selalu diikuti dengan tanda kurung “(…)”. Didalam tanda kurung itulah kita bisa memasukkan argument. Pada tiap penggunaan fungsi excel juga harus memenuhi Aturan tertentu sesuai dengan penggunaannya yang kita sebut dengan Sintaksis

Sintaksis Fungsi Excel

Agar menghasilkan hitungan atau hasil yang tepat, tiap fungsi Excel memiliki Aturan yang dipenuhi. Secara umum Sintaksis tersebut berisi

=NAMAFUNGSI(Argumen1;Argumen2;Argumen3;dst…)

Agar lebih jelas, kalian bisa memperhatikan gambar berikut. Pada Fungsi IF tersebut terdapat 3 argumen yang akan kita gunakan. Yang pertama adalah Logical Test yang akan digunakan yaitu Nilai yang ada pada B4 lebih besar dari B5. Yang kedua adalah Argumen JIKA Argumen 1 Benar. Dan Argumen JIKA Argumen 1 Salah. Dan tiap argument dipisahkan dengan tanda titik koma (;).

Rumus dan Fungsi Excel

Setelah memasukkan nama fungsi yang akan digunakan kamu bisa melihat Sintaks yang digunakan  pada Argument Tool Tips yang akan muncul ketika kamu mulai menuliskan sebuah fungsi. Argumen Tool Tips tersebut akan membantu kamu untuk memasukan argument dengan tepat yang bisa berupa angka, teks, nilai logika seperti TRUE atau FALSE, array, nilai kesalahan seperti #N/A, atau referensi sel.

Baca Juga :  Cara Mengkompres Dokumen PDF Online di Situs iLovePDF

Argumen yang kamu tentukan harus menghasilkan nilai yang valid untuk argumen itu. Selain itu, Argumen juga bisa berupa konstanta, rumus, atau fungsi lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah tiap fungsi akan memiliki argument yang berbeda- beda. Jika pada fungsi yang kamu gunakan memiliki lebih dari satu argument maka antar argument dipisahkan dengan tanda titik koma (;)

Itulah Pengertian dan Penjelasan Rumus dan Fungsi Excel yang bisa beritawarganet berikan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

Materi Belajar Exel