sejarah zaman di Indonesia

5 Zaman Perkembangan Sejarah di Indonesia Sebelum Merdeka, Simak Penjelasanya !

5 Zaman Perkembangan Sejarah di Indonesia Sebelum Merdeka, Simak Penjelasanya ! – Banyak sekali peristiwa yang telah terjadi di masa lalu. Tentu kamu mengingat peristiwa masa lalu itu. Namun, ada juga peristiwa yang kamu lupa.

Cerita yang menjelaskan kehidupan manusia pada masa lampau disebut sejarah. Kehidupan tersebut meliputi berbagai peristiwa yang dialami manusia. Kamu memiliki peristiwa masa lalu. Hal itu berarti kamu kamu memiliki sejarah. Misalnya, cerita ketika kamu belajar berjalan.

Baca Juga :  Jawaban Tulislah Beberapa Ungkapan Lain yang Digunakan Rafa untuk Menyapa Pembaca Blognya Kurikulum Merdeka Lengkap!

Bagaimana dengan sebuah negara? Apakah negara mempunyai sejarah? Tentu saja negara memiliki sejarah. Hal itu karena sebuah negara tidak terbentuk begitu saja. Ada berbagai rangkaian peristiwa sebelum terbentuknya sebuah negara.

Misalnya, sejarah negara Indonesia. Indonesia melewati beberapa rangkaian peristiwa sebelum merdeka. Ada masa prasejarah, masa kerajaaan, dan masa penjajahan.

Perkembangan sejarah di Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa periode. Periode-periode tersebut
yaitu sebagai berikut :

Zaman Batu

Pada zaman ini, manusia menggunakan peralatan dari batu. Karenanya, zaman ini disebut zaman batu. Pada zaman ini pun, manusia memperoleh makanan dengan berburu. Kehidupan masyarakatnya masih berpindah-pindah atau nomaden.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post test Topik 2 Modul 1 Makna Kurikulum dalam Pendidikan Pada Aplikasi Portal Merdeka Mengajar

Zaman Logam

Pada zaman ini, manusia mulai mengenal logam. Mereka menggunakan perak atau perunggu untuk membuat peralatan. Mereka pun mulai mengenal ladang berpindah. Selain itu, mereka juga mulai menetap di suatu tempat.Zaman Hindu-Budha

Pada zaman ini, manusia mulai mengenal tulisan. Pada masa ini, agama Hindu dan Budha mulai berkembang di Indonesia. Selain itu, pada masa ini pun, masyarakat telah mengenal sistem pemerintahan dan kerajaan.

Baca Juga :  Jawaban Mendata Informasi dalam Teks Sejarah

Zaman Islam

Islam dibawa ke Indonesia oleh para pedagang dari arab dan Gujarat India. Para pedagang itu menyebarkan agama Islam ke berbagai wilayah Indonesia. Akhirnya, bermunculanlah kerajaan – kerajaan Islam di Nusantara.

Zaman Kolonial

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Bangsa Eropa banyak yang datang ke Indonesia untuk berdagang. Namun, setelah melihat kekayaan Indonesia, bangsa Eropa berubah pikiran. Mereka jadi ingin menguasai Indonesia. Sejak itu, Indonesia dijajah oleh beberapa negara Eropa.

Itulah 5 Zaman Perkembangan Sejarah di Indonesia Sebelum Merdeka.