Apa Itu Custome Yang Sebenarnya? Ternyata Hampir Mirip Dengan Modifikasi!

Berita Warganet – Apa Itu Custome Yang Sebenarnya? Ternyata Hampir Mirip Dengan Modifikasi!. Banyak orang yang sering menyamakan arti modifikasi dengan apa itu custome. Maknanya memang hampir sama, namun modifikasi dan costum adalah dua hal yang berbeda. Dalam dunia otomotif,  pengertian modifikasi dan apa itu custome sejatinya sama-sama memiliki arti mengubah kendaraan dari versi standar.

Namun pada praktiknya, dua hal tersebut memiliki makna yang berbeda. Supaya lebih jelas lagi, simak ulasan tentang perbedaan antara modifikasi dan apa itu custome pada kendaraan berkendaraan seperti dilansir situs resmi Suzuki Indonesia.

Mengenal Apa Itu Custome

Custom, menurut versi bahasa inggris, artinya adalah sesuatu yang pembuatannya disesuaikan dengan pesanan.

Custom juga bisa dipahami penyesuaian dengan karakter, keinginan, atau fungsi tertentu. Oleh karena itu, custom adalah melakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Custom pada kendaraan berarti mengubah rancangan pada kendaraan standar pabrik. Maksudnya yaitu berusaha membuat desain kendaraan seunik mungkin menyesuaikan imajinasi serta karakter pengguna kendaraan. Versi ini tentu saja berbeda dengan versi pabrikan secara umum.

Custom kendaraan menggunakan part serta model kerangka tersendiri. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengubah bagian-bagian kendaraan. Istilah custom mengacu pada perubahan spek kendaraan. Perubahan ini sebagian besar dilakukan secara manual dan cenderung menyeluruh.

Baca Juga :  Harga BMW 2 Series Coupe Terbaru, Spesifikasi dan Interior 2022!

Mengenal Arti Modifikasi

Modifikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengubahan. Maksudnya adalah dilakukan pengubahan dari bentuk semula. Modifikasi pada kendaraan adalah pengubahan terhadap kendaraan dari kondisi standar pabrik.

Hal ini terdengar hampir sama dengan custom, namun konteksnya berbeda. Perubahan pada kendaraan modifikasi bukan merupakan perubahan total seperti custom.

Modifikasi pada kendaraan adalah pengubahan yang dilakukan pada kendaraan dengan menggunakan aftermarket atau barang jadi.

Modifikasi kendaraan berarti mengubah kondisi kendaraan standar pabrik dengan mengganti komponennya.

Komponen atau spare part yang digunakan untuk mengganti dapat dibeli dari aftermarket. Selain itu, sparepart pengganti ini dapat diambil dari sparepart kendaraan jenis lain.

Perbedaan Custom dan Modifikasi

Setelah menyimak pengertian modifikasi dan apa itu custome yang sebenarnya, perlu diketahui bahwa ada kesamaan di antara keduanya secara umum.

Baca Juga :  Lembaga Penyedia Kredit Mobil Bekas Syariah Tanpa DP !

Kesamaannya adalah adanya perubahan spesifikasi kendaraan jika dibandingkan pada kondisi standar versi pabrikan. Lalu, bagaimana perbedaannya? Ini ulasannya.

Custom

Perbedaannya, pada kendaraan custom perubahan yang terjadi lebih spesifik dan lebih luas. kendaraan custom tidak hanya mengubah bentukan dari pabrik, namun bisa juga membuatnya sendiri dari nol. Artinya, baik semua bagian dan bentuk kendaraan dikerjakan dari nol.

Custom pada kendaraan berarti mengubah kendaraan dari standar pabrik menjadi bentukan baru. Kendaraan custom dibuat dengan mengganti part kendaraan secara total. Rata-rata, kendaraan custom telah menanggalkan komponen asli bawaan pabrik.

Bentuk pengubahan kendaraan ini dimulai dari desain, frame, hingga aksesoris yang berusaha diciptakan sendiri. Hal ini membuat kendaraan custom sulit untuk ditiru, bahkan dapat dikatakan hanya dimiliki oleh yang membuat saja.

kendaraan custom juga lebih lama pengerjaannya dan lebih mahal biayanya. Ini disebabkan karena untuk membuat kendaraan custom, Anda dapat mendatangkan spesialis tangki, bubut, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Bakalan Diselenggarakan di Bulan Ini, IIMS 2022 Tetap Jalan di Tengah Omicron

Karena menggunakan desain sendiri, maka pada kendaraan custom cenderung dilakukan perubahan besar secara manual.

Contoh kendaraan custom adalah kendaraan sport naked yang diubah menjadi scrambler, chopper, dan café racer.

Modifikasi

Lain dari custom, modifikasi hanyalah mengubah bagian tertentu dengan aftermarket agar terlihat berbeda dari versi pabrikan.

Pada kendaraan berkendaraan tersebut juga terjadi perubahan namun dalam arti yang berbeda. Intinya, modifikasi adalah mengubah komponen dengan barang jadi atau aftermarket.

Perubahan pada mobil modifikasi tidak dilakukan secara total. Modifikasi pada mobil dapat dilakukan dengan mengganti beberapa komponen dengan barang aftermarket. Cara pengubahan ini masih memungkinkan adanya kemiripan dengan mobil lain.

Misalnya, Anda dapat mengganti spion, pelek, atau bagian lain dengan spare part jenis mobil lain yang tidak sama dengan bentuk aslinya.

Karena menggunakan barang yang sudah ada, maka ada kemungkinan bahwa ada yang memiliki mobil dengan modifikasi yang sama.

Secara kasar, dapat dikatakan bahwa perbedaan apa itu custome dan modifikasi terletak pada niat pembuatnya.

Mobil custom dibuat untuk berkarya dari nol. Sedangkan modifikasi mobil dibuat untuk bergaya dan kepuasan dalam mengganti spare part.

You May Also Like