BMW X6 Vantablack: SUV Terhitam di Dunia, Semuanya Gelap Total!

Berita Warganet – BMW X6 Vantablack: SUV Terhitam di Dunia, Semuanya Gelap Total!. Pada 2007, BMW X6 adalah SUV pertama dengan bangunan bodi coupe. Lalu, muncullah istilah SUV coupe.

Hingga sekarang, BMW X6 sudah hadir dalam generasi ketiga. Lebih istimewanya lagi di mobil yang kami tampilkan di artikel ini adalah warnanya.

Inilah untuk kali pertama sebuah mobil yang diberi cat dengan warna Vantablack. Sebuah warna cat yang dipatenkan oleh perusahaan asal Inggris,  Surrey Nano Systems.

Dengan warna Vantablack ini, semua yang diterima di permukaan bodi BMW X6 ini terserap hingga 99 persen.

Baca Juga :  Harga BMW 3 Series Sedan Terbaru, Spesifikasi dan Interior 2022!

Hasilnya adalah warna yang sangat dalam dan seragam. Begitu gelapnya sehingga bisa menipu mata.

Pasalnya, benda, dalam hal ini BMW X6 yang dilapisi warna Vantablack ini seolah-olah berada dalam dua dimensi.

Hingga terlihat begitu gelap total tanpa ampun dan seakan-akan datar menyatu dalam kegelapan di sekitarnya.

Lalu, BMW X6 yang dilapisi dengan cat warna Vantablack akan dibuat dalam satu contoh. Menjadikannya begitu eksklusif.

Vantablack Hitam tapi Tidak Sederhana

Ide untuk menutupi BMW X6 dengan cat Vantablack datang pada 2018 oleh Christophe Koenig, juru bicara perusahaan Jerman untuk keluarga BMW Seri X.

Baca Juga :  Komparasi New Vario 160 VS Aerox 155, Adu Kencang Siapa Yang Menang!

Faktanya, melapisi mobil dengan cat Vantablack ini sama sekali tidak sederhana dan cepat. Malah, ini adalah sebuah pekerjaan yang rumit.

Nama Vanta itu sendiri adalah sebuah akronim dalam bahasa Inggris yang setelah diterjemahkan menjadi set tabung nano yang disejajarkan secara vertikal.

Vantablack pada dasarnya ialah lapisan yang terdiri dari miliaran tabung nano karbon. Masing-masing 14 hingga 50 mikron panjang dan dengan diameter seukuran nanometer.

Bagian-bagian tersebut dirangkai secara vertikal dan ditekan, sebelum diaplikasikan pada benda yang akan dilapisi.

Baca Juga :  20 Daftar Mobil PPnBM 0 %

Teknologi ini dikembangkan untuk aplikasi di industri dirgantara. Artinya, warna ini sebenarnya untuk komponen pesawat. Mungkin pesawat pengintai.

BMW X6 berbalut Vantablack akan ditampilkan di Frankfurt Motor Show 2019 ini termasuk dalam generasi ketiga SUV akan debutnya dilakukan di tahun yang sama pula.

Mesinnya dipadukan dengan xDrive all-wheel drive dan girboks otomatis delapan percepatan. Variannya bensin enam silinder 3,0 liter 340 daya kuda.

Lalu, ada yang delapan silinder 4,4 liter 530 daya kuda. Sedangkan yang diesel disediakan untuk enam silinder 3,0 liter dengan 265 daya kuda atau 400 daya kuda.

Artikel Terkait