lepuh
lepuh

Cara Mengatasi Cedera karena Memar, Luka, dan Lepuh

beritawarganet.com – Cara Mengatasi Cedera karena Memar, Luka, dan Lepuh. Sobat BW pernahkah kamu jatuh dari tangga, terbentur tembok, atau terpeleset pada saat berjalan?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pengayaan halaman 124 Logam Tanah Jarang dan Nanoteknologi IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Kejadian tersebut pasti akan menimbulkan efek samping setelah beberapa saat, seperti bekas warna kemerahan dan akan menjadi warna kebiruan setelah beberapa hari. Luka akibat terjatuh atau terbentur tersebut disebut dengan memar.

Memar adalah cedera yang disebabkan oleh benturan atau pukulan pada kulit. Cedera dalam dunia olahraga dapat dikategorikan menjadi tiga tingkatan, yaitu: cedera ringan/cedera tingkat pertama, cedera sedang/cedera tingkat kedua, dan cedera berat/cedera tingkat ketiga. Dengan memiliki pengatahuan tentang cedera dapat berguna untuk mempelajari cara terjadinya cedera, mengobati/menolong/menanggulangi (kuratif) serta tindakan pencegahan (preventif).

Baca Juga :  Jawaban Mengidentifikasi Unsur Kritik dan Esai

Ciri-ciri luka memar adalah sebagai berikut.

  1. Jaringan di bawah permukaan kulit rusak dan pembuluh darah kecil pecah, sehingga darah dan cairan seluler merembes ke jaringan sekitarnya.

  2. Memar ini menimbulkan daerah kebiru-biruan atau kehitaman pada kulit.

  3. Bila terjadi pendarahan yang cukup, timbulnya pendarahan didaerah yang terbatas disebut hermatoma.

  4. Nyeri pada memar biasanya ringan sampai sedang dan pembengkakan yang menyertai sedang sampai berat.

Memar dapat terjadi pada seluruh anggota badan seperti, kepala, bahu, siku, tangan, dada, perut, dan kaki.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 11 halaman 34 Agen Sosialisasi IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Kamu sudah belajar tentang memar. Sekarang kamu akan belajar tentang cedera luka dan lepuh. Kamu akan dapat menolong teman atau mereka yang membutuhkan.

Membantu orang-orang di sekitar kita yang mengalami kecelakaan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial yang sesuai dengan sila kelima Pancasila.

Kamu telah belajar cara-cara menangani cedera akibat luka, luka memar, dan luka melepuh.

Cedera Luka

cedera luka
cedera luka

Cara mengatasinya:

  1. Bersihkan bagian yang terluka dengan sabun anti septik

  2. Tekan perlahan bagian luka dengan perban atau kain bersih

  3. Oleskan bagian luka dengan krem antiseptic

 

Lepuh

lepuh
lepuh

Cara mengatasinya:

  1. Dinginkan bagian yang lepuh dengan air bersih.

  2. Bersihkan dan keringkan bagian yang lepuh.

  3. Balut longgar dengan perban.

  4. Jangan mengompres luka bakar dengan es karena dapat merusak kulit dan memperburuk cedera.Sekarang, kamu akan mencoba melakukan simulasi secara berkelompok tentang cara-cara memberi pertolongan kepada orang-orang yang mengalami cedera tersebut.

Nah, sobat BW setelah belajar tentang menangani cedera kamu tidak perlu panik ketika ada keluarga, teman, atau bahkan diri kamu sendiri ketika mengalami cedera. Sehingga kamu dapat memberikan pertolongan pertama pada mereka dengan penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat ya..