Ford Ranger 2022, Konsisten dengan Desain Pick-up Double Cabin Off-Road yang Tangguh

Berita Warganet – Ford Ranger 2022, Konsisten dengan Desain Pick-up Double Cabin Off-Road yang Tangguh. Setelah beberapa waktu berlalu, akhirnya salah satu mobil pick-up andalan kita yang berasal dari merek Blue Oval, Ford Ranger yang sudah memasuki generasi terbaru dan akan resmi dipasarkan.

Mobil Ford Ranger

Mengadopsi desain evolusioner dengan tampilan depan yang bergaya ala Ford Maverick dengan lampu depan LED berbentuk C.

Namun, pick-up terbaru ini menyembunyikan beberapa perubahan penting di bawah kulitnya yang sangat familiar.

Pertama, wheelbasenya lebih panjang 50 milimeter sehingga ada ruang kaki yang lebih besar untuk tiga penumpang yang duduk di seat bagian belakang.

Perubahan itu bisa terjadi dengan memajukan roda depan dengan ukuran yang sama. Keuntungan lainnya, pick-up ini lebih baik ketika pada saat melintasi jalan yang buruk.

Masih di bagian depan, struktur hydro-formed terbaru memungkinkan para teknisi membuat lebih banyak ruang di kabin mesin untuk mesin dengan berkekuatan turbodiesel V6 yang lebih besar.

Pada bagian belakang telah diperlebar sebesar 50 milimeter untuk menciptakan area beban yang lebih luas.

Ini cukup besar untuk membawa selembar kayu lapis bangunan atau full-sized pallet. Ini menurut manajer teknik mobil Ranger, Anthony Hall.

Ketika Anda lihat lebih dekat, Anda akan melihat built-in side footsteps di belakang roda belakang untuk memberikan akses yang lebih mudah ke bak truk.

Baca Juga :  CBR150R 2022 Tampil Dengan Tampilan Fireblade!

Area pemuatannya memiliki bedliner cetakan plastik yang kokoh yang diasumsikan Ford akan tahan dan tangguh.

Untuk meningkatkan kepraktisan, Ford Ranger 2022 mendapat tie-down points tambahan yang dipasang pada rel tabung baja untuk memudahkan pengamanan muatan.

Sama seperti Maverick yang lebih kecil dan F-150 yang lebih besar yang penuh dengan fitur-fitur bagus, anak tengah dari keluarga pickup Ford ini mendapat pencahayaan 360 derajat.

 

Ford Ranger Interior

Lupakan sejenak interior dari Ford Ranger terdahulunya karena kabin di generasi terbaru ini sangat berubah total.  Ketika Anda duduk di interiornya, Anda akan disambut dengan sistem infotainment SYNC4 dengan layar sentuh 10,1 di depan.

Atau, 12 inci di tengah berposisi tegak seperti yang terlihat pada Ford Edge terbaru.  Sementara Ford Expedition dan Mach-E memiliki layar yang lebih besar berukuran 15,5 inci.

Ford Ranger 2022 ini juga mendapat klaster instrumen full digital untuk mengikuti perkembangan zaman.

Tuas persneling besar dari generasi terdahulunya sudah ditiadakan karena akan digantikan oleh pengontrol yang lebih mewah dengan desain yang jauh lebih modern.

Anda juga mendapatkan pemilih mode drive yang didesain ulang, serta hand brake yang sudah elektrik seperti yang Anda harapkan sebagai standar untuk mobil yang datang pada 2022.

Ford mengatakan pengemudi dan penumpang akan merasa seolah-olah mereka berada di mobil biasa daripada sebuah mobil pekerja (utilitarian) berkat bahan soft-touch dan beragam fasilitas.

Baca Juga :  Sejarah Menarik Mazda MX 5 Miata Generasi Pertama!

Untuk perjalanan yang lebih mulus, peredam suspensi belakang telah dipindahkan ke luar frame rails.

 

Truk yang berubah total ini juga dominan sekali dengan teknologi, termasuk lampu depan LED matriks dan kamera 360 derajat.

Ford Ranger terbaru ini mendukung pembaruan over-the-air atau Ford Power-Up dan memberi pemiliknya peluang untuk menggunakan aplikasi smartphone.

Pengendara nantinya akan dapat memilih dari dua pengaturan penggerak empat roda, baik sistem shift-on-the-fly elektronik atau sistem 4×4 penuh waktu yang lebih canggih.

Menyangkut mesin, unit diesel 2.500 cc inline-five lama digantikan oleh turbodiesel V6 baru berkapasitas 3.000 cc.

Angka output belum disediakan, tetapi manajer program Ranger, Pritika Maharaj mengatakan rasanya akan seperti truk yang lebih besar ketika dilengkapi dengan mesin yang besar pula.

Sebagai referensi, Power Stroke yang tersedia untuk F-150 fullsize menghasilkan 250 daya kuda dan torsi 597 Nm.

Ford mengatakan telah mengadaptasi beberapa hal baru, sehingga angka-angka itu mungkin berubah.

Tersedia juga mesin diesel empat silinder 2.000 cc yang lebih kecil dengan pengaturan single turbo atau twin-turbo. Atau, Ford akan menjual pick-up ini dengan mesin bensin EcoBoost 2.300 cc.

Ketersediaan mesin akan tergantung pada pasar karena tidak semua mesin akan ditawarkan sama di seluruh dunia.

Berdasarkan jenis mesin yang dipasang di bawah kap mesin, akan ada transmisi manual enam percepatan atau otomatis enam percepatan, ditambah dengan transmisi 10 percepatan terbaru.

Baca Juga :  McLaren 570S Terbaru, Lengkap Dengan Harga!

Mengenai tingkat trim, foto resmi menggambarkan trim XLT bersama dengan trim Sport dan trim Wildtrak yang berorientasi off-road.

Untuk trim XLT tersedia di Amerika Serikat, tetapi dua lainnya (Sport & Wildtrak) hanya ditawarkan di luar AS.

Wildtrak dengan cat orange akan sangat masuk akal sebagai penanda kalau pikap ini dibuat untuk mereka yang suka berpetualang.

Foto keluarga Ranger juga menunjukkan versi dasar dengan warna putih yang sederhana dan lampu utama halogen tanpa lampu kabut.

Ford akan merakit Ranger 2022 mulai awal tahun depan di pabrik mereka di Thailand dan Afrika Selatan dalam gaya body Extended Cab dan Super Cab.

Untuk belahan dunia bagian Eropa tidak akan dapat memesannya sampai akhir 2022 dan pengiriman pelanggan pertama di Eropa baru akan dimulai pada awal 2023.

 

Sebagai catatan terakhir, Ford Ranger generasi terbaru ini juga akan berfungsi sebagai basis untuk VW Amarok baru, yang akan diresmikan di tahun depan.

Volkswagen telah berjanji akan memiliki bahasa desain yang jelas dari VW serta “aksen yang tak tertandingi dalam hal desain dan trim untuk menjauhkan diri dari Ranger.

VW Amarok akan dibangun di Afrika Selatan oleh Ford. Selain itu, truk Ford sekali lagi akan menelurkan SUV body-on-frame yang setara dengan Everest.