Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 261 Bagian 3

Beritawarganet.com –Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 261 Bagian 3. Pada mata pelajaran matematika kelas 9 Sobat BW akan mendapat materi tentang kekongruenan dan kesebangunan.

Kali ini, beritawarganet akan membahas kunci jawaban matematika Soal Uji Kompetensi 4. Pertanyaan ini bisa sobat BW temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 9 halaman 261. Pembahasan berikut bisa sobat BW simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah sobat BW kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya!

Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 261

Jawaban Nomor 1-10 silahkan sobat BW simak di sini

Untuk jawaban nomor 11-20 silahkan simak di sini

21. Enam belas tusuk gigi disusun seperti gambar di samping. Dengan memindahkan hanya dua tusuk gigi bagaimana kamu membentuk empat persegi?

Baca Juga :  Jawaban Tugas Menganalisis Kebahasaan dalam Drama

Jawaban :

Pindahkan/geser tusuk gigi biru ke kanan 1 kotak dan tusuk gigi merah ke atas 1 kotak

22. Pada gambar di samping ini menunjukkan persegi yang dibentuk dengan 20 tusuk gigi. Di tengahnya terdapat lubang kotak dengan luas 1/25 luas seluruhnya. Dengan menggunakan 18 tusuk gigi, bagilah luasan di antara persegi luar dan persegi di tengah menjadi 6 daerah yang sebangun.

Jawaban :

Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 261

23. Bangun PINK, NOTE, dan BLUE adalah persegi. Panjang KN = 5 cm dan NE =9 cm, Titik P – O – B terletak dalam satu garis lurus. Tentukan panjang sisi dan luas bangun BLUE

Jawaban :

Panjang sisi bangun BLUE = 16,2 cm
Luas bangun BLUE adalah 262,44 cm².

Baca Juga :  Jawaban Mengidentifikasi Tema dan Suasana Pada Puisi

24. Pada gambar di bawah ini, tinggi tongkat PQ sesungguhnya adalah 4 m dan panjang bayangannya 15 m. Jika panjang bayangan pohon adalah 30 m, tentukan tinggi pohon

Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 261

Jawaban :

 

25. Sekelompok peserta jelajah alam mendapat tugas untuk menaksir lebar suatu sungai tanpa mengukurnya secara langsung. Mereka menentukan titik acuan di seberang sungai yaitu titik A. Satu peserta lain berdiri di titik C. Peserta yang lain berdiri di titik B tepat di depan A. Kemudian berjalan menuju ke titik F dengan jarak B ke F adalah dua kali jarak B ke C. Dari titik F ia berjalan menuju titik D, di mana dengan pandangannya objek di titik A-C-D terletak pada satu garis lurus. Sehingga lebar sungai dapat diketahui dengan mengukur jarak F ke D. Apakah cara tersebut tepat utuk menaksir lebar sungai? Jelaskan.

Baca Juga :  Dalam pembelajaran lempar lembing, guru memberikan handout tentang teknik melakukannya

Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 261

Jawaban :

Iya, karena cara tersebut menggunakan konsep kekongruenan dua segitiga dalam gambar di samping yaitu ΔABC dan ΔDFC.

Penutup

Sekian penjelasan Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 261 yang bisa BW bagikan. Jangan lupa simak pembahasan-pembahasan lainnya pada unggahan BW yang lain ya sob! Semoga bermanfaat

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan BW tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa sobat BW gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Kunci jawaban pada unggahan BW mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain