Jawaban Menyimak Laporan Hasil Observasi Berjudul Tonggeret

Jawaban Menyimak Laporan Hasil Observasi Berjudul Tonggeret

Jawaban Menyimak Laporan Hasil Observasi Berjudul Tonggeret – Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban menyimak laporan hasil observasi berjudul tonggeret tabel 1.3 tabel isian hasil analisis struktur teks laporan hasil observasi (lho) yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 9.

Jawaban Menyimak Laporan Hasil Halaman 9

Sobat bacalah terlebih dahulu dengan seksama laporan hasil observasi berjudul tonggeret setelah itu kita akan mulai masuk dalam pembahasan soal.

Mari kita simak bersama mengenai jawaban tabel 1.3 tabel isian hasil analisis struktur teks laporan hasil observasi (lho) pada halaman 9 dengan menyimak secara kritis.

Sekarang, simaklah laporan hasil observasi berjudul Tonggeret. Setelah itu, identifikasikanlah bagian-bagian teks laporan hasil observasi tersebut menggunakan tabel seperti pada contoh sebelumnya.

Tonggeret

Tonggeret (Cicadidae) merupakan serangga yang memiliki suara paling nyaring. Terdapat lebih dari 2.000 jenis tonggeret yang hidup di dunia. Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang berbeda.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 5 halaman 120 dan 121 Norma IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Tonggeret mampu menghasilkan suara nyaring lantaran memiliki tymbal yang terdapat dalam perut. Organ itu berupa membran yang dilengkapi dengan otot-otot penggerak. Ketika otot – otot itu digerakkan, membran akan bergetar. Getaran itulah yang menghasilkan suara. Suara itu dapat semakin keras karena perut tonggeret memiliki rongga udara yang berfungsi seperti amplifier. Rongga itu memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.

Hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring. Mereka mengeluarkan suara begitu keras untuk menarik perhatian tonggeret betina. Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang unik. Tonggeret tidak dapat kawin dengan jenis yang berbeda. Selain untuk menarik perhatian betina, suara nyaring tersebut pun berguna untuk melindungi mereka dari serangan burung yang akan memangsanya.

Gambar 1.3 Tonggeret

Tonggeret dewasa hidup di pepohonan hanya selama 2 — 4 pekan. Beberapa hari setelah kawin, mereka akan mati. Beberapa spesies, bahkan cuma bertahan 3—4 hari. Saat bertelur, tonggeret betina menempelkan telur-telurnya di cabang atau batang pohon dan rerumputan. Namun setelah menetas, nimfa yang dihasilkan jatuh ke tanah. Mereka lalu menggali lubang sedalam 30—50 cm dan hidup dalam tanah selama 2—3 tahun. Namun, ada juga jenis tonggeret di Amerika Serikat yang dapat hidup di dalam tanah hingga 17 tahun. Tonggeret menyukai temperatur hangat, 24— 30OC untuk tumbuh optimal. Pada kondisi itu, nimfa akan keluar dari tanah dan tumbuh menjadi dewasa.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Hemat Energi Hemat Biaya

Tonggeret termasuk jenis hewan herbivora. Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang pohon menggunakan mulutnya yang seperti jarum. Saat masih berbentuk nimfa, tonggeret menghisap cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.

Petani kerap memanfaatkan suara keras tonggeret sebagai pertanda kemarau akan datang. Bunyi tonggeret ramai terdengar di penghujung musim hujan alias saat cuaca mulai panas. Saat tonggeret banyak bersuara, petani akan bersiap untuk bertanam palawija, seperti: jagung dan kacang, karena musim kemarau akan segera datang. Sayangnya, perubahan iklim menyebabkan suara tonggeret tidak lagi teratur sehingga tidak dapat lagi digunakan sebagai tanda musim kemarau akan datang. Meskipun begitu, tonggeret masih memiliki manfaat lain, yakni dijadikan santapan dengan cara digoreng atau dibakar.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 9 halaman 88 Zaman Berdasarkan Arkeologis IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Tabel 1.3 Tabel isian hasil analisis struktur teks laporan hasil observasi (LHO)

STRUKTUR TEKSNOMOR PARAGRAFALASAN
Pernyataan umum atau klasifikasi  
Deskripsi bagian  
Deskripsi manfaat/simpulan  

Jawaban :

STRUKTUR TEKSNOMOR PARAGRAFALASAN
Pernyataan umum atau klasifikasi1Paragraf ini memberikan informasi umum terkait apa itu tonggeret.
Deskripsi bagian2-5Di dalam paragraf – paragraph ini memberikan informasi secara rinci tentang tonggeret.
Paragraf dua menjelaskan mengapa tonggeret memiliki bunyi yang nyaring.
Paragraf tiga menjelaskan fungsi suara tonggeret bagi tonggeret jantan.
Paragraf empat menjelaskan daur hidup tonggeret.
Paragraf lima menjelaskan jenis makanan tonggeret.
Deskripsi manfaat/simpulan6Paragraf ini menjelaskan manfaat tonggeret bagi manusia.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai jawaban kegiatan 2 tabel 1.3 tabel isian hasil analisis struktur teks laporan hasil observasi (lho) pada pokok bahasan menyimak teks laporan observasi secara kritis.

Disclaimer : Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :