akibat tidak hidup rukun

Kunci Jawaban Akibat Hidup Tidak Rukun

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Akibat Hidup Tidak Rukun. Sobat BW, seperti yang kita alami bersama bahwa kita hidup diantara banyak perbedaan. Perbedaan-perbedaan tersebut antara lain: perbedaan suku, budaya, ras, dan agama. Tetapi perbedaa tersebut tidak boleh menjadikan kita saling terpecah belah dan bermusuhan, justru perbedaan tersebut seharusnya menjadikan kita lebih kuat dan belajar untuk bersikap toleransi. Sikap toleransi inilah yang akan membawa kita pada kehidupan yang rukun didalam banyak perbedaan.

 

Saat Edo, Beni, Siti, Lani, dan Dayu sedang mengerjakan tugas, terjadi perbedaan pendapat antara Lani dan Beni dengan Siti, Edo, dan Dayu. Perbedaan pendapat yang terjadi sulit untuk disatukan, sehingga timbul perdebatan yang sengit. Ayah Edo yang duduk tidak jauh dari mereka memberi nasihat bahwa dalam berdiskusi pasti ada perbedaan pendapat, namun tidak seharusnya menjadi sumber perpecahan. Kerukunan harus tetap terjaga baik dengan teman di sekolah, keluarga, bahkan dengan masyarakat.

 

Baca Juga :  Obyek material ilmu keolahragaan adalah

Ayo Berdiskusi

Bagaimana akibatnya jika tidak terjadi kerukunan hidup? Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu dapat bergabung dengan temanmu membentuk kelompok terdiri atas tiga anak. Diskusikanlah dengan anggota kelompokmu tentang akibat-akibat yang timbul jika hidup tidak rukun. Buatlah kesimpulan hasil diskusi kelompokmu pada kolom berikut dan presentasikan di depan kelas.

 

Laporan Hasil Diskusi

Akibat Tidak Hidup Rukun

Akibat yang timbul jika hidup tidak rukun maka akan terjadi perselisihan, kesalah pahaman, konflik, terjadi perpecahan, lingkungan terasa tidak aman, saling bertengkar, saling menyalahkan, akan terjadi kesenjangan sosial, kurangnya sosialisasi, timbulnya rasa tidak kepedulian, tidak adanya keharmonisan, tidak ada ketenteraman antar masyarakat, roda ekonomi akan lambat, hati tidak tenang, dan sebagainya.

Jadi kesimpulannya apabila hidup di lingkungan masyarakat yang tidak rukun adalah kita tidak akan hidup dengan tenang dan nyaman.

 

Akibat Hidup Tidak Rukun

akibat tidak hidup rukun

 

Tahukah kamu bahwa kerukunan adalah suatu perilaku yang mencerminkan adanya saling pengertian agar tercipta perdamaian, persahabatan, dan persaudaraan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

Ciri-ciri hidup rukun sebagai berikut.

1. Menghargai pendapat orang lain.

2. Menghargai hasil karya orang lain.

3. Membina hubungan baik.

4. Saling menghormati.

5. Saling menyayangi.

 

Manfaat atau pentingnya hidup rukun di antaranya sebagai berikut.

1. Tidak adanya pertengkaran.

2. Hidup dalam keluarga menjadi harmonis.

3. Hidup menjadi aman.

4. Hidup menjadi tenteram dan damai.

5. Memperkukuh persatuan dan kesatuan.

 

Akibat hidup tidak rukun, antara lain sebagai berikut.

1. Mudah terjadi pertengkaran.

2. Kehidupan menjadi tidak tenteram.

3. Mudah terkena hasutan orang lain.

4. Terjadi perpecahan karena tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan.

 

Ayo Berlatih

Agar pengetahuan kamu tentang hidup rukun lebih mendalam, cobalah mengerjakan latihan berikut ini.

1. Apakah yang dimaksud dengan kerukunan hidup?

Kerukunan hidup adalah keadaan di mana setiap elemen masyarakat dapat hidup secara berdampingan dengan aman dan tenang

 

2. Bagaimana ciri-ciri keluarga yang hidup rukun?

Ciri-ciri keluarga yang hidup rukun adalah setiap anggota keluarga saling menghormati, setiap anggota keluarga saling menyayangi, dan setiap anggota keluarga saling menjaga dan melindungi.

 

Baca Juga :  Dalam pembelajaran lempar lembing, guru memberikan handout tentang teknik melakukannya

3. Sebutkan manfaat hidup rukun?

Manfaat hidup rukun adalah hidup menjadi tenang dan damai, tidak memiliki musuh, hidup menjadi lebih berwarna dan berarti.

 

4. Sebutkan akibat yang terjadi jika tidak tercipta kerukunan hidup bermasyarakat?

Akibatnya akan timbul perpecahan antar masyarakat, hidup menjadi tidak tenang, timbul konflik, bahkan timbul korban jiwa.

 

Edo, Siti, Lani, Dayu, dan Beni memperhatikan ayah Edo yang sedang memberi nasihat. Pada intinya kerukunan harus tetap dijaga meski terdapat banyak perbedaan, baik itu perbedaan suku, agama, ras, dan budaya.

Sobat BW, meskipun di negara kita terdapat begitu banyak perbedaan kita harus tepat menjunjung persatuan dan kesatuan agar kita bisa hidup dengan rukun di tengah masyarakat yang penuh dengan keragaman. Hidup rukun akan membawa kita dapa kehidupan yang nyaman dan juga aman.

Semoga bermanfaat ya..