Kunci Jawaban Aktivitas 1.2 halaman 5 Perbandingan Ilmuan Sains Indonesia dan Luar Negeri IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 1.2 halaman 5 Perbandingan Ilmuan Sains Indonesia dan Luar Negeri IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 5. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Ilmuan Sains. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 1.2

Di dalam kelompok, buatlah suatu poster untuk membandingkan penemuan seorang ilmuwan Sains dunia dan ilmuwan asal Indonesia. Informasi dapat diperoleh melalui buku, majalah, koran, sumber internet, atau melalui wawancara. Jangan lupa untuk menuliskan sumber yang kalian gunakan sebagai bahan untuk referensi (dalam bentuk sitasi maupun daftar pustaka) pada poster kalian. Gunakanlah gambar/ diagram/ data untuk menjelaskan penemuan tersebut atau menampilkan informasi yang berkaitan dengan penemuan tersebut. Setelah selesai, presentasikanlah poster kalian pada teman-teman kalian.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 11 halaman 196 Lembaga Jasa Keuangan Khusus IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Kalian bisa memilih pasangan ilmuwan berikut ini atau mencari sendiri dua ilmuwan yang bidang penelitiannya mirip.

1. Wright bersaudara & B. J. Habibie

2. Albert Einstein & Terry Mart

3. Isaac Newton & Yogi A. Erlangga

4. Thomas Alva Edison & Nelson Tansu

5. Alexander G. Bell & Khoirul Anwar

6. Wilhelm Röntgen & W. Z. Johannes

7. Marie Curie & Eniya Listiani Dewi

8. Galileo Galilei & Josaphat Sumantyo

9. Theodore Maiman & Bambang Widiatmoko

Baca Juga :  Kunci Jawaban Apakah Cerita Fantasi? Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 37 SMP/MTS BAB 2 Berkelana di Dunia Imajinasi, Kurikulum Merdeka

Apa saja informasi yang saya sampaikan dalam poster saya?

Selain menjelaskan cara kerja penemuan tersebut, kalian juga perlu membahas bagaimana penemuan tersebut membantu manusia.

1. Apakah cabang ilmu Sains yang mereka geluti?

2. Apa yang mereka temukan? Bagaimana cara kerja penemuan tersebut?

3. Untuk apa saja penemuan tersebut digunakan?

4. Bagaimana pengembangan dari penemuan tersebut sejak pertama kali diciptakan sampai dengan saat ini yang membuat penemuan (bisa berupa barang/ produk/ teori) tersebut lebih baik dan dapat digunakan dengan lebih luas?

5. Apakah akibat dari penemuan ini dalam mengubah kehidupan manusia (bisa di bidang sosial, ekonomi atau lingkungan)? Mengapa penemuan tersebut penting? Apakah ada akibat yang negatif/ tidak baik?

6. Menurut kalian sifat apa yang dapat kalian pelajari dari masing-masing penemu ini?

Jawaban:

Tekanan merupakan hasil bagi antara gaya yang diberikan oleh suatu dengan luas penampang pada benda.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 7 halaman 259 Studi Kasus Sistem Informasi Geografis (SIG) IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Perbandingan penemuan seorang ilmuwan sains dunia dan ilmuwan asal Indonesia antara lain sebagai berikut:

Sir Isaac Newton merupakan seorang ilmuwan fisika yang berasal dari luar negari dengan menemukan konsep gaya. Isaac Newton mengamati buah apel yang jatuh ke bawah menuju pusat bumi. Kemudian melakukan penelitian hal-hal (gaya) yang menyebabkan peristiwa tersebut terjadi.

Indonesia memiliki ilmuwan yang merancang desain pesawat pertama kali yaitu B.J Habibie. B.J Habibie mendesain dan memimpin pembuatan pesawat N250 Gatot Kaca yang merupakan pesawat buatan Indonesia yang pertama kali dengan menerapkan konsep tekanan dalam cabang sains fisika.

Setelah itu buatlah poster sesuai dengan kreativitas masing-masing.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.