Kunci Jawaban Aktivitas 14 halaman 237 Tabungan dan Investasi IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 14 halaman 237 Tabungan dan Investasi IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Jawaban Mengenali Tanda Baca dalam Teks Deskripsi

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 237. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Tabungan dan Investasi. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 14

Setelah mempelajari materi tentang tabungan dan investasi kalian dapat mengetahui perbedaan di antara keduanya. Apakah perbedaan antara tabungan dan investasi?

Jawaban:

Penjelasan tentang Perbedaan antara Tabungan dan Investasi:

1. Perbedaan tingkat risiko yang cukup signifikan

a. Investasi ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang mencari keuntungan yang banyak dan tidak begitu khawatir akan risiko yang besar. Tetapi, investasi yang saat ini tersedia juga cukup beragam. Jika tertarik, kamu bisa memulai investasi kecil-kecilan dengan keuntungan yang sedikit tetapi cenderung stabil.

Baca Juga :  Soal PTS / UTS Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013

b. Tabungan menawarkan tingkat risiko yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan investasi. Hal yang bisa kamu lakukan sebelum membuka tabungan yaitu untuk memilih bank dengan reputasi yang baik dan menawarkan jaminan dan keamanan bagi nasabahnya. Mengalami kerugian saat menabung di bank merupakan hal yang umumnya jarang terjadi.

Jika kamu orang yang hanya ingin menyimpan uang, kamu bisa memilih membuka tabungan di bank. Sedangkan kalau kamu memilih untuk memutarkan uang kamu dan mendapat keuntungan, kamu bisa melakukan investasi.

2. Tujuan utama dari tabungan dan investasi

a. Investasi digunakan oleh orang-orang dengan tujuan jangka panjang. Tujuan ini biasanya cukup besar, seperti membeli rumah, dana pensiun, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Mempersiapkan Bahan Presentasi yang Baik, Apa Saja?

b. Tabungan cenderung digunakan oleh masyarakat yang ingin mencapai tujuan jangka pendek. Contoh yang sering ditemukan yaitu menabung untuk liburan, atau membeli alat elektronik.

3. Perlindungan terhadap harta ketika suatu saat terjadi inflasi

a. Investasi umumnya memberikan proteksi yang lebih baik terhadap harta kamu. Kamu juga dapat memilih aset mana yang menawarkan tingkat pengembalian dana atau refund yang paling tinggi.

b. Tabungan menawarkan perlindungan yang relatif minim bagi nilai uang yang kamu punya.

4. Jumlah keuntungan atau profit yang akan diterima

a. Investasi memiliki kesempatan untuk menerima keuntungan yang lebih besar, tergantung pada instrumen investasi yang kamu pilih.

b. Tabungan dapat menerima keuntungan melalui bunga dari bank. Pada umumnya, bunga yang ditawarkan bank ini jumlahnya relatif kecil.

5. Proses pencairan dana

a. Investasi sendiri cenderung lebih sulit dan lama untuk proses pencairannya.

b. Tabungan bisa diambil dengan mudah kapan saja.

Jika kalian diberikan uang Rp1.000.000 apakah kalian akan menggunakannya untuk menabung atau melakukan investasi? Berikan alasannya!

Jawaban:

Jika diberi Uang Rp. 1000.000 akan digunakan untuk Investasi.

Alasananya:

Karena uang itu akan kami pergunakan untuk jangka panjang jadi harapannya dengan bertambah lamanya investasi keuntungan akan lebih banyak dan dengan investasi memperkecil resiko kerugian yang besar.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.