Kunci Jawaban Aktivitas 14 halaman 56 Kebutuhan Hidup IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 14 halaman 56 Kebutuhan Hidup IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 5 Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 56. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Kebutuhan Hidup. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 14

1. Buatlah kelompok dengan anggota 3-5 orang.

2. Diskusikan kebutuhan masing-masing anggota kelompok selama tiga hari terakhir. Tulis kebutuhan yang dipenuhi selama tiga hari terakhir dan pengorbanan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Jawaban:

Barang ekonomis merupakan barang yang membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya. Pengorbanan dapat berupa uang, pengorbanan fisik, pengorbanan waktu atau pengorbanan lainnya.

Beberapa Contoh pemenuhan kebutuhan dan pengorbanan yang di lakukan

a. Servis Motor

Pengorbanan yang dilakukan yang pertama yaitu bekerja untuk mendapatkan uang yang nantinya di tabung setiap bulannya untuk digunakan menyervis sepeda motor. Selain itu pengorbanan berikutnya yaitu pengorbanan waktu karena ketika servis harus mengantri dan menunggu.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1.9 halaman 19 Variabel Bebas Variabel Terikat dan Variabel Kontrol IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

b. Membeli Sepeda

Sering membantu orang tua dan bekerja diluar jam sekolah agar dapat uang tambahan untuk di tabung dan membeli Sepeda.

c. Makan

Setidaknya kita membantu orang tua ketika memasak/membelikan sayur.

d. Membeli Peratan Sekolah

Sering membantu orang tua agar dapat uang tambahan untuk di tabung dan membeli peralatan sekolah.

e. Sekolah Madrasah/Umum

Minimal kita menyisakan uang saku untuk ditabung

3. Bandingkan kebutuhan masing-masing anggota. Mengapa terjadi perbedaan kebutuhan dalam kelompok? Apa faktor yang menyebabkan perbedaan kebutuhan?

Jawaban:

Perbedaaan kebutuhan setiap individu tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu:

a. Jenis Kelamin

Jenis kelamin memengaruhi kebutuhan individu. Kebutuhan antara lakilaki dan perempuan akan sangat berbeda dalam beberapa hal, misalnya pakaian. Wanita membutuhkan tas, baju, aksesoris, sepatu dan juga riasan wajah untuk bekerja atau sekadar bepergian. Sedangkan laki-laki memiliki kebutuhan yang lebih simpel seperti baju, sepatu dan tas.

Baca Juga :  Jawaban Mengenali Majas Sarkasme Dalam Cerita Fantasi

b. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memengaruhi kebutuhan seseorang. Jika pada tahun 2000-an masyarakat hanya membutuhkan telepon kabel, kemudian dengan perkembangan teknologi masyarakat membutuhkan telepon tanpa kabel, pada perkembangan selanjutnya masyarakat membutuhkan telepon yang dilengkapi dengan kamera, dan pada perkembangan saat ini telepon tidak hanya menyajikan komunikasi dua arah melainkan dengan beberapa orang sekaligus dalam satu waktu yang sama, bahkan menjadi produk multiguna yang juga bisa digunakan untuk membeli barang, transaksi pembayaran dan fotografi dengan hasil maksimal.

c. Pendapatan

Besarnya pendapatan seseorang akan berpengaruh terhadap kebutuhannya, semakin besar pendapatan seseorang maka kebutuhannya juga semakin besar. Sebaliknya seseorang dengan pendapatan rendah akan memiliki kebutuhan yang cenderung lebih sedikit.

d. Status Sosial

Seseorang yang memiliki status sosial tinggi di masyarakat akan memiliki kebutuhan yang semakin tinggi pula.

e. Selera

Selera setiap orang berbeda-beda sehingga kebutuhannya pun akan berbeda. Seseorang akan memenuhi kebutuhannya berdasarkan selera yang dimiliki.

f. Adat Istiadat

Indonesia merupakan negara yang kaya akan adat istiadat. Setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda dengan daerah lain dan memengaruhi kebutuhan masyarakatnya.

4. Tulislah hasil diskusi dalam buku catatan kemudian presentasikan hasil diskusi di depan kelas.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.