Kunci Jawaban Aktivitas 2.5 halaman 56 Perubahan Wujud Zat IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 2.5 halaman 56 Perubahan Wujud Zat IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Jawaban Soal Cerita Bola-Bola Waktu, Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 52 SMP/MTs Kurikulum Merdeka

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 56. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Perubahan Wujud Zat. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Ada Dua Pendekatan Algoritma untuk Menyelesaikan RR Scheduler, Sebukan!

Aktivitas 2.5

Secara berpasangan diskusikanlah apa yang terjadi pada partikel-partikel zat cair ketika dipanaskan sehingga dapat berubah menjadi gas. Jelaskan pula mengapa gas mengembun dan apa yang terjadi pada pergerakan partikel saat gas mengembun. Kemudian ikuti petunjuk guru kalian untuk diskusi kelas tentang hal ini. Kalian dapat menggunakan gambar seperti Gambar 2.11 dalam penjelasan kalian.

Jawaban:

Bila zat cair dipanaskan, mengakibatkan partikel-partikel zat cair bergerak cepat dan gaya tarik antarpartikel menjadi lemah. Akibatnya partikel-partikel dapat berpindah tempat menyebabkan wujud zat berubah dari cair menjadi gas.

Menguap: benda cair berubah jadi benda gas Jika air terus dipanaskan, air akan habis dan berubah menjadi uap air. Salah satu contoh peristiwa penguapan di alam adalah pada sungai yang jadi kering ketika musim panas.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 25 halaman 193 Perpindahan Kelas Sosial IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Mengembun merupakan peristiwa perubahan wujud zat yang terjadi ketika suatu gas melepaskan energi kalor karena adanya penurunan suhu yang terjadi.

Pergerakan Partikel yaitu Bentuknya berubah-ubah dikarenakan partikel-partikel pada zat gas berjauhan, tersusun tidak teratur, gaya tarik antar partikel sangat lemah. Volumenya berubah-ubah dikarenakan partikel pada zat gas dapat bergerak bebas meninggalkan kelompoknya.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.