Kunci Jawaban Aktivitas 23 halaman 185 Status Sosial IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 23 halaman 185 Status Sosial IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 185. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Status Sosial. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mari Kita Periksa Matematika Kelas 7 Halaman 139

Aktivitas 23

Berikan satu contoh penyalahgunaan status sosial yang dilakukan oleh seseorang!

Jawaban:

Status sosial adalah tempat atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial, dalam arti lingkungan pergaulan sehari hari, memiliki hak hak serta kewajiban kewajibannya. Manusia hidup secara sosial dan membutuhkan orang lain. Dalam suatu wilayah ada pemimpin yang memiliki status sosial yang lebih tinggi daripada yang lain. Namun, apabila pemimpin itu tidak melakukan kewajibannya dengan baik dan benar maka ia telah melakukan penyalahgunaan status sosial, seperti melakukan korupsi yaitu mengambil hak milik orang lain, dan perbuatan tersebut merugikan banyak pihak.

Baca Juga :  Penjelasan GPRS (General Packet Radio Service) Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Jadi, satu contoh penyalahgunaan status sosial yang dilakukan oleh seseorang adalah pejabat atau pemimpin daerah yang melakukan korupsi, yaitu mengambil hak milik orang lain yang sifatnya merugikan.

Mengapa Individu cenderung menyalahgunakan status sosialnya?

Jawaban:

Individu cenderung menyalahgunakan status sosialnya karena semakin kuat status sosial seorang individu maka dia akan semakin bebas melakukan tindakan apapun.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Membedakan Zat Tunggal dan Campuran

Penyalahgunaan wewenang adalah tindakan yang cacat oleh badan atau pejabat pemerintahan, yaitu mereka melaksanakan wewenangnya untuk mencapai tujuan yang berbeda dari tujuan yang seharusnya diberikan wewenang tersebut.

Contohnya ketika kita memiliki jabatan yang tinggi baik di tingkat pemerintahan ataupun swasta kita akan dengan mudah untuk memberikan perintah kepada bawahan, oleh karena itulah jabatan yang tinggi bisa membuat individu lupa diri dan menyalahkan gunakan wewenang atau amanat yang sudah dimandatkan oleh dirinya.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.