Kunci Jawaban Aktivitas 5.1 halaman 137 Menanam Biji Tumbuhan IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 5.1 halaman 137 Menanam Biji Tumbuhan IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 137. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Menanam Biji Tumbuhan. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Kunci Jawaban Apa yang kalian lihat? Bagaimana Warna Matahari Terbit? Bentuk apa yang dilukiskan Awan Pagi itu? Deskripsikan! Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Aktivitas 5.1

Menanam Biji Tumbuhan

Tanamlah masing-masing tiga biji kacang ke dalam dua buah pot yang berisi tanah. Pot A simpan di tempat terang dan pot B simpan di tempat gelap. Berilah air secukupnya. Amati pertumbuhan kacang tersebut, catat data pertambahan tinggi tanaman dari kedua kacang selama 10 hari. Lakukanlah langkah yang sama untuk jenis biji tumbuhan lainnya.

Jawablah pertanyaan berikut.

Tanamlah masing-masing tiga biji kacang ke dalam beberapa pot yang berisi kapas. Berikut ini adalah perlakukan untuk setiap pot.

Pot A = kapas kering + disimpan di tempat terang

Pot B = kapas basah + disimpan di tempat gelap

1. Apa variabel bebas dan terikat dari percobaan ini?

Jawaban:

Variabel bebasnya adalah air, pupuk, cahaya, keasaman, kadar garam.

Variabel terikatnya adalah pertumbuhan kacang/ tinggi tanaman kacang.

2. Apa hipotesis yang dapat dibuat dari percobaan ini?

Jawaban:

Hipotesis percobaannya adalah lingkungan abiotik (air, pupuk, cahaya, keasaman, kadar garam) diduga berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Unsur-Unsur Iklan Elektronik

3. Buatlah grafik pertumbuhan kacang di tempat gelap dan terang selama 10 hari.

Jawaban:

Disesuaikan dengan hasil pengamatan siswa. Grafik yang dibuat harus tepat dimana sumbu x adalah variabel bebas dan sumbu y adalah variabel terikat.

4. Apakah sama pertumbuhan di tempat gelap dan terang?

Jawaban:

Pertumbuhan tanaman di tempat gelap berbeda dengan pertumbuhan tanaman di tempat terang, yaitu tanaman yang berada di tempat gelap pertumbuhannya akan lebih cepat dan batangnya akan lebih panjang dibandingkan tanaman yang berada di tempat terang. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh hormon auksin.

Cahaya dapat menghambat pertumbuhan tanaman karena cahaya dapat merusak hormon auksin yang terdapat pada ujung batang. Hormon auksin adalah hormon pertumbuhan yang diproduksi secara alami oleh tanaman. Apabila ujung tanaman terkena cahaya maka auksinnya akan terurai atau rusak dan menyebabkan pertumbuhan akan terhambat. Sedangkan pada sisi yang tidak terkena cahaya, auksinnya masih banyak, dan pertumbuhan dapat terjadi dengan cepat.

5. Apakah sama pertumbuhan berbagai jenis tumbuhan?

Jawaban:

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 3 Dimensi Berkebinekaan Global

Tidak, karena pertumbuhan tumbuhan dipengaruhi berbagai faktor, diantaranya jenis tumbuhan, jenis bibit jenis tanah, jenis perlakuan.

6. Apa ciri-ciri makhluk hidup yang dapat kamu amati dari percobaan ini?

Jawaban:

Ciri-ciri Makhluk Hidup Tumbuhan yang dapat diamati

a. Bergerak

Bergerak yang dimaksud pada ciri-ciri tumbuhan adalah bukan berarti berpindah-pindah tempat, atau melakukan mobilitas. Gerak yang terjadi pada tumbuhan pun hanya terjadi pada beberapa bagiannya saja, yaitu terbatas. Contohnya seperti gerak pada bunga dari kuncup menjadi mekar, ketika tumbuhan bergerak mencari air atau sinar matahari. Ada beberapa jenis gerak pada tumbuhan, yaitu Gerakan taksis, Gerak nasti, dan Gerakan tropisme. Gerakan-gerakan tersebut terjadi karena adanya reaksi hormone pada tumbuhan, contohnya seperti hormone auksin.

b. Tumbuh dan Berkembang

Setiap makhluk hidup pasti mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan pada tumbuhan tidak terbatas. Selama tumbuhan masih hidup, maka pertumbuhan dan perkembangan akan terus terjadi.

c. Bereproduksi atau Berkembang Biak

Proses yang terjadi pada tumbuhan dapat berlangsung secara vegetatif (tidak kawin) dan generatif (kawin). Contoh secara vegetatif adalah melalui tunas, umbi, geragih, akar tinggal, spora, atau membelah diri. Sedangkan contoh secara generatif melalui proses penyerbukan.

7. Presentasikan hasil percobaan kalian dalam berbagai bentuk media yang menarik di depan kelas.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.