Kunci Jawaban Aktivitas 6 halaman 215 Peran dan Sifat Tokoh Sejarah Lokal IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 6 halaman 215 Peran dan Sifat Tokoh Sejarah Lokal IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 215. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Peran dan Sifat Tokoh Sejarah Lokal. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A Topik 4 Asesmen SD/Paket A

Aktivitas 6

1. Kajilah salah satu sejarah lokal di bawah ini.

2. Jelaskan peran dan sifat-sifat tokoh yang ada dalam sejarah lokal di bawah.

Jawaban:

Peran Sultan Nuku

Nuku berhasil merebut Kesultanan Tidore dari hegemoni Belanda pada tahun 1797 dan menjadikan Tidore sebagai Kesultanan yang berdaulat penuh. Sultan Nuku berjuang melawan Belanda disebabkan Belanda melakukan intervensi dalam pergantian Sultan Tidore. Belanda mema’zulkan Sultan yang mengancam eksistensinya atau mengganti dengan Sultan yang mau diperalatnya. Selain itu, Belanda melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah yang mengakibatkan hancumya perekonomian Tidore.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Uji Pemahaman 95 Membangun Kesepakatan Bersama PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Dalam perjuangannya melawan Belanda, Sultan Nuku mengandalkan keunggulan strategi. Strategi tersebut berhasil karena temyata strategi yang diterapkannya sangat efektif. Seperti yang dikatakan Sun Tzu, dalam perjuangannya Nuku sangat memperhatikan efektivitas strategi dengan memperhitungkan cuaca, waktu, medan pertempuran dan kekuatan lawan. Antara lain Nuku menerapkan strategi memecal1 kekuatan lawan melalui adu domba, memanfaatkan perpecahan di dalam pemerintahan Belanda, menjalin hubungan dagang dengan Inggris, Tionghoa, dan suku-suku lain di Indonesia, membentuk satuan intelejen, memperkuat benteng pertahanan, dan menetralisir ancaman dari Temate.

Keberhasilan Nuku ini juga tidak terlepas dari dukungan rakyatnya. Keberpihakan Nuku kepada rakyat secara konsisten ia perlihatkan dalam kebijakan-kebijakan setelah ia menjadi Sultan Tidore. Kebijakan itu dapat dilihat dalam bidang politik dan ekonomi. Nuku sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia mempunyai waktu yang khusus tmtuk mengunjungi berbagai wilayah di Tidore untuk memeriksa kepala daerah dalam menjalankan tugas mereka dan kondisi masyarakat.

Baca Juga :  Jawaban Pentingnya Profil Pelajar Pancasila di Informatika dan Rumusannya

Sifat Sultan Nuku

a. Memiliki sifat Keberanian dan kegigihan yang tinggi

b. Memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga dapat mengatur strategi untuk melawan penjajah.

c. Memiliki sifat Bijaksana sehingga dapat berbaur dengan masyarakat.

e. Memiliki sifat pendorong semngat rakyat sehingga dapat bersama-sama menumpas penjajahan.

3. Selain itu coba kalian telaah untuk mendapatkan nilai-nilai yang kalian dapatkan setelah membaca sejarah lokal tersebut.

Jawaban:

Nilai yang kita ambil dari sejarah lokal Sultan Nuku:

Pembawa Persatuan Multikultur Maluku dan Papua adalah selalu berjuang tanpa mengenal lelah dan habisi lawan tanpa ampun agar tidak kejadian berulang. Perlu tekad kuat agar perjuangan yang kita lakukan bisa membuatkan hasil.

4. Kerjakan dalam lembar kerja berikut, kemudian serahkan kepada Ibu/Bapak Guru untuk diperiksa

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.

You May Also Like