Kunci Jawaban Aktivitas 8 halaman 221 RAtu Kalinyamat IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 8 halaman 221 RAtu Kalinyamat IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Jawaban Tugas Menelaah Bagian-Bagian Penting dalam Teks Ceramah

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 221. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Ratu Kalinyamat. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 8

1. Bagaimana kekuatan maritim Jepara pada masa Ratu Kalinyamat berkuasa?

Jawaban:

Pada masa Ratu Kalinyamat berkuasa di Kerajaan Jepara, kekuatan maritim Jepara begitu kuat dan maju, karena ratu membentuk armada laut dan perdagangan yang kuat.

Pada masa pemerintahan Ratu Kalinyamat, ia terus membangun dan mengembangkan Kerajaan Jepara dibidang maritim pelabuhannya digunakan sebagai tempat persinggahan para pedagang selain itu Jepara terkenal akan kekuatan maritim dan armada perangnya.

Baca Juga :  Seorang guru pendidikan jasmani meminta siswa melakukan pengamatan video suatu Pertandingan sepakbola

Ratu memimpin selama 30 tahun dan Jepara berhasil memasuki masa kejayaannya, hal itu ditandai dengan tumbuhnya Jepara menjadi pusat perdagangan dan pelabuhan bandar di Pantai Utara Jawa. Bahkan Sultan di Malaka pernah meminta bantuan Jepara untuk melawan Portugis pada abad ke-16 M. Malaka percaya bahwa armada militer Jepara begitu kuat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

2. Bandingkan dengan kekuatan maritim Indonesia pada masa kini!

Jawaban:

Kekuatan maritim pada masa Ratu Kalinyamat lebih kuat dari pada masa kini.

Indonesia berada di antara perairan utama Asia yang saat ini menjadi perhatian kekuatan maritim dunia, seperti Amerika Serikat, Inggris, Tiongkok, dan Perancis.

Connie Rahakundinie Bakrie berpendapat, membangun kekuatan maritim nasional memerlukan dukungan sektor ekonomi, militer, dan diplomasi yang kuat.

Dalam membangun Indonesia, menurut Connie, harus mampu memperkuat langkah untuk mengontrol laut dalam rangka mengamankan perairan di nusantara.

Salah satu langkah untuk mendukung upaya itu, tegasnya, penguatan industri pertahanan nasional untuk menopang ketersediaan peralatan pertahanan yang diperlukan.

Connie berpendapat, tugas mewujudkan kedaulatan di sektor maritim masih kalah berat dengan bertebarannya hoaks dan mengembalikan marwah perjuangan Ratu Kalinyamat.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.