Kunci Jawaban Aktivitas 8 halaman 86 dan 87 Kerusakan Lingkungan IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 8 halaman 86 dan 87 Kerusakan Lingkungan IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 86 dan 87. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Kerusakan Lingkungan. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 8

Amati dan deskripsikan kerusakan lingkungan yang terjadi di sekitar kalian. Selanjutnya analisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan, berilah solusi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup untuk menanggulangi kerusakan lingkungan tersebut. Temukan solusi yang tepat guna, yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Kalian dapat melakukan seperti dalam tabel berikut:

Jawaban:

a. Hasil Pengamatan kerusakan lingkungan di sekitar

Sungai Meluap dan Lingkungan Kotor Serta Polusi udara.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 14 halaman 201 Pasar Modal IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

b. Faktor penyebab kerusakan lingkungan

Membuang Sampah sembarangan

Lingkungan kotor serta polusi sampah bisa membawa dampak buruk baik itu terhadap manusia maupun terhadap lingkungan. Dampak buruk lingkungan kotor serta polusi sampah terhadap lingkungan sendiri meliputi banyak hal dan salah satunya adalah pencemaran air. Pencemaran air dapat terjadi ketika sampah dibuang ke sungai dan bukannya ke tempat sampah dan ini sering terjadi di wilayah-wilayah yang tidak dapat dijangkau oleh tim pembersihan sampah seperti di daerah terpencil, misalnya. Selain mencemari air sungai, pembuangan limbah atau sampah juga dapat menghambat proses air tanah dan tentu saja ini merupakan sebuah kabar buruk mengingat air tanah sangatlah penting bagi manusia.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Macam-Macam Iklan Elektronik

Selain mencemari sungai dan menghambat proses air tanah, sampah juga dapat mencemari tanah dan menjadikannya tidak sehat. Sama halnya dengan sampah yang dibakar di pekarangan rumah mengingat pembakaran sampah, apalagi sampah anorganik, dapat merusak lingkungan jika dilakukan secara terus menerus.

Jika semua hal tersebut terjadi di lingkungan kita, sebagai anggota masyarakat yang baik, tentu kita tidak boleh menyalahkan pemerintah setempat mengingat kebiasaan warga masyarakat di lingkungan lah yang kemungkinan menjadi penyebabnya sehingga masyarakat lah pihak pertama yang harus berusaha mengatasi permasalahan tersebut.

c. Upaya Pelestarian Lingkungan

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.