Kunci Jawaban Aktivitas 9 halaman 222 Konflik Aceh dan Portugis IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 9 halaman 222 Konflik Aceh dan Portugis IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Jawaban PMM Post Test Topik 13 Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 222. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Konflik Aceh dan Portugis. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Kunci Jawaban Peristiwa Sumpah Pemuda

Aktivitas 9

Bagaimana sebab-sebab dan akibat dari konflik Aceh dan Portugis?

Jawaban:

Kedudukan Malaka yang sangat penting dalam perdagangan dunia menarik bangsa asing untuk memperebutkan wilayah ini. Aceh sebagai wilayah yang berdekatan dengan Malaka melihat keuntungan politik dan ekonomis apabila menguasai daerah ini. Meskipun demikian, upaya Aceh menguasai Malaka tidak mudah karena harus berhadapan dengan portugis yang telah berkuasa di Aceh sejak tahun 1511.

Portugis dianggap sebagai ancaman yang dapat menggagalkan cita-cita Aceh dan mengganggu kadaulatan Aceh. Pertumbuhan Aceh sebagai kekuatan baru yang begitu pesat menimbulkan kehawatiran Portugis. Portugis menganggap Aceh sebagai sumber kekayaan sekaligus ancaman. Oleh karena itu, pada tahun 1523 dan 1524 Portugis mengirim pasukan untuk menyerang Aceh. Akan tetapi, kedua serangan tersebut berhasil dikalahkan oleh pasukan Aceh.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 27 SMP/MTS, Kurikulum Merdeka

Dengan demikian, latar belakang terjadinya perlawanan kesultanan Aceh adalah tindakan Portugis yang menjadi pesaing berat dalam perdagangan di Malaka yang melakukan monopoli perdagangan sehingga Portugis dianggap sebagai ancaman yang dapat menggagalkan cita-cita Aceh dan mengganggu kadaulatan Aceh.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.