Kunci Jawaban Aktivitas Belajar 2 halaman 128 “Kembali Kepada Karakter dan Jati Diri Bangsa PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas Belajar 2 halaman 128 “Kembali Kepada Karakter dan Jati Diri Bangsa PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban PPKn SMA/SMK Kelas 10 halaman 128. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku PPKn SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka tentang “Kembali Kepada Karakter dan Jati Diri Bangsa. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas Belajar 2

a. Bacalah bahan bacaan di bawah ini, kemudian kalian akan bersama-sama menonton Film Pendek berjudul “Kembali Kepada Karakter dan Jati Diri Bangsa”.

b. Kalian akan berdiskusi, dengan dipandu guru, menjawab dan menguraikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

1) Bagaimana keragaman dikelola agar bisa mencapai tujuan yang dicita-citakan?

Jawaban:

Baca Juga :  Jawaban Tugas Mengidentifikasi Bagian-bagian Penting Proposal

Mengelola keberagaman untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan yaitu dengan adanya kebijakan pemerintah dengan munculnya ide transmigrasi, yang dimana bisa membantu untuk membaur antara suku satu dengan suku yang lainnya. Jadi penduduk pulau Jawa bisa menetap ke Kalimantan, Sulawesi, Papua, Sumatera. Dengan begitu diharapkan bisa mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia.

Tips untuk menjaga keberagaman di Indonesia agar semakin menjadikan Indonesia sebagai negara maju di masa depan.

a) Saling Menghargai

Hal utama yang paling penting untuk bisa dilakukan yaitu dengan saling menghargai. Dengan saling menghargai, maka akan memberikan manfaat yang baik. Serta, tidak terjadi permasalahan yang memang tidak diperlukan. Tidak ada manfaat dari permasalahan yang terjadi. Sebaliknya, jika saling menghargai satu sama lain maka akan sangat bermanfaat.

Cobalah untuk bisa menghargai baik Agama, suku, ras dan golongannya. Jangan jadikan hal tersebut sebagai perbedaan yang mendalam. Justru, sebaiknya bisa digunakan untuk membuktikan bahwa masyarakat Indonesia mencintai keberagaman. Dimanapun anda berada, tetaplah miliki rasa untuk bisa saling menghargai!

Baca Juga :  Jawaban Jenis Citraan Pada Puisi Ibu

b) Membantu Satu Sama Lain

Sejatinya, manusia merupakan makhluk sosial yang memang membutuhkan satu sama lainnya. Termasuk dalam hal menjalin keberagaman di Indonesia. Dengan membantu satu sama lainnya akan memberikan efek yang sangat besar. Terlebih, sesama masyarakat Indonesia memang seharusnya melakukan hal ini.

Seperti saat terdapat musibah maka bisa membantu satu sama lainnya. Bersikaplah baik untuk tetap membantu lainnya. Jangan jadikan perbedaan sebagai alasan untuk tidak membantu. Tetapi, tetap berikan bantuan yang memang bisa bermanfaat untuk digunakan. Hal ini akan membuat pola kehidupan yang lebih baik.

c) Tidak Saling Menjatuhkan

Sebagaimana mestinya seorang saudara, maka tidak boleh untuk saling menjatuhkan. Terutama, untuk membuat keberagaman di Indonesia tetap berjalan. Di Negara yang lainnya, tentu tidak memiliki keberagaman yang begitu banyak. Memang, tugas masyarakat Indonesia saat ini cukup berat. Karena, harus menjaga keberagaman ini agar tetap lestari.

Sebenarnya, hal tersebut berat jika dilakukan sendiri. Sebaliknya, jika dilakukan bersama-sama tentu tidak. Justru, akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Mulai dengan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Buat lingkungan masyarakat yang nyaman, tentram dan aman. Kemudian, sampaikan kepada saudara yang lainnya bahwa hal ini penting untuk dilakukan!

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Tempo Lagu Indonesia Pusaka"

d) Saling Menjalin Kebersamaan

Baik dalam kondisi susah maupun senang, maka bisa untuk tetap menjalin kebersamaan. Jangan biarkan, saudara yang disana sedang susah maka tidak diberikan bantuan yang sesuai. Harus diberikan penanganan yang memang tepat. Padahal, saat ini sudah begitu banyak akses yang bisa dilakukan untuk tetap menjalin kebersamaan.

Tidak hanya pada kondisi senang saja, tetapi saat kondisi susah juga. Tetaplah menjadi bagian dari masyarakat yang memang siap membantu sesama. Jalin kebersamaan sesama masyarakat Indonesia. Jangan sampai, keberagaman ini hilang karena tidak ada jalinan kebersamaan satu sama lainnya. Mulailah dari sekarang!

2) Apa saja peristiwa yang menjadi tonggak keberhasilan dalam upaya menyatukan perbedaan-perbedaan suku, agama, ras dan golongan dalam sejarah Indonesia?

Jawaban:

Peristiwa yang menjadi tonggak keberhasilan dalam upaya menyatukan perbedaan perbedaan suku agama ras dan golongan dalam sejarah Indonesia: 1. Kebangkitan nasional, 2. Sumpah pemuda, 3. Pidato Ir. Soekarno, 4. Proklamasi.

3) Bagaimana jati diri bangsa Indonesia dalam bidang pendidikan?

Jawaban:

Jati diri bangsa Indonesia dibangun melalui pendidikan. Pendidikan nasional memiliki tujuan untuk mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa Indonesia. Melalui pendidikan akan terbentuk karakter manusia Pancasila. Karakter yang terbentuk melalui pendidikan menjadi tonggak jati diri bangsa.

4) Bagaimana relevansi film tersebut dengan Pancasila sebagai identitas bangsa Indonesia?

Jawaban:

Sebuah dokumentasi Arsip Nasional Republik Indonesia mengenai jati diri bangsa Indonesia yang tergambar dalam segala aspek kehidupan mulai dari kepemudaan, sosial, budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan politik.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.