Kunci Jawaban Ayo Cek Pemahaman halaman 123 Hubungan Jari-jari Atom terhadap Letak Unsur Pada Tabel Periodik IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Ayo Cek Pemahaman halaman 123 Hubungan Jari-jari Atom terhadap Letak Unsur Pada Tabel Periodik IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPA SMA Kelas 10 halaman 123. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka tentang Hubungan Jari-jari Atom terhadap Letak Unsur pada Tabel Periodik. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Apa yang Dimaksud Perangkat Lunak (Software)? - SMA Informatika

Ayo Cek Pemahaman

Perhatikan grafik pada Gambar 5.6. Analisis grafik tersebut dalam kerja kelompok lalu diskusikan untuk menjawab pertanyaan berikut:

1) Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom pada unsur-unsur dalam satu golongan dengan bertambahnya nomor atom.

Jawaban:

Kecenderungan jari-jari atom pada unsur-unsur dalam satu golongan

Kecenderungan jari-jari atom pada unsur-unsur dalam satu golongan adalah makin besar karena bertambahnya kulit atom. Bertambahnya kulit atom berarti juga bertambahnya nomor atom. Kulit atom yang lebih banyak akan menambah panjang jarak antar inti atom terhadap elektron valensi.

2) Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom pada unsur-unsur dalam satu periode dengan bertambahnya nomor atom.

Jawaban:

Kecenderungan jari-jari atom pada unsur-unsur dalam satu periode

Kecenderungan jari-jari atom pada unsur-unsur dalam satu periode akan makin kecil karena bertambahnya nomor atom. Alasan untuk hal ini adalah meskipun jumlah kulit atomnya sama namun bertambahnya nomor atom menunjukkan jumlah proton juga bertambah. Proton bermuatan positif dan terdapat dalam inti atom. Gaya tarik menarik inti atom terhadap elektron valensi yang bermuatan negatif menjadi lebih kuat sehingga jari-jari atom menjadi lebih pendek.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 157 Pertukaran Budaya di Pentas Global PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

3) Jelaskan kecenderungan jari-jari atom logam transisi pada periode ke-4 dan ke-5.

Jawaban:

Kecenderungan jari-jari atom logam transisi pada:

a. Periode ke-4:

Dari nomor atom 21 ke nomer atom 28 cenderung sedikit memendek kemudian naik sedikit pada nomer atom 29 dan 30 karena efek perisai. Efek ini disebabkan adanya gaya tolak-menolak elektron yang berada pada kulit yang lebih dekat ke inti atom. Gaya tolak ini menyebabkan muatan positif inti berkurang. Hal ini akan menghalangi gaya tarik inti atom itu terhadap elektron di kulit terluar.

b. Periode ke-5:

Dari nomor atom 39 ke nomer atom 44 cenderung sedikit memendek kemudian naik perlahan pada nomer atom 45 hingga 48 karena efek perisai. Efek ini disebabkan adanya gaya tolakmenolak elektron yang berada pada kulit yang lebih dekat ke inti atom. Gaya tolak ini menyebabkan muatan positif inti berkurang. Hal ini akan menghalangi gaya tarik inti atom itu terhadap elektron di kulit terluar.

Baca Juga :  unci Jawaban Aktivitas 12 halaman 97 Perkembangan Seni dan Kepercayaan Pada Masa Perundagian IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

4) Prediksilah kecenderungan jari-jari atom logam transisi pada periode ke-6.

Jawaban:

Periode ke-6

Pada periode ke-6 kecenderungan kenaikan jari – jarinya yaitu meningkat dari kanan ke kiri.

Pada unsur – unsur periode 5 dan periode 6 menunjukan kemiripan kimiawi yang sangat erat dalam golongannya. Kemiripan tersebut sebagian besar disebabkan oleh orbital – orbital 4f dalam unsurnya yang terletak diantara kedua baris tersebut. Elektron – elektron dalam orbital – orbital tersebut memerisai kurang baik terhadap elektron – elektron dalam orbital-orbital 6s dan juga 5d bagian luar. Dengan muatan inti yang lebih besar, kovalen, radius atom, serta ionik dari unsur – unsur transisi periode 6 direduksi hingga hampir sama dengan unsur – unsur pada periode 5. Hal tersebut dikenal sebagai kontraksi lantanoida.

Apabila diperhatikan lebih lanjut, jari – jari ion dari logam – logam yang terdapat pada golongan 2 meningkat dari atas ke bawah dalam golongan, sedangkan ion-ion niobium dan tantalum memiliki radius yang mirip. Kemiripan dalam radius inilah yang menghasilkan kemiripan sifat antara anggota – anggota golongan pada periode 5 dan periode 6. Sedangkan dalam satu periode dalam periode 5 dan periode 6 kecenderungan kenaikan jari-jarinya yaitu meningkat dari kanan ke kiri.

Kecenderungan jari-jari atom dalam satu golongan yaitu, dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari atom semakin besar, hal ini dikarenakan semakin ke bawah jumlah kulit atom akan semakin banyak.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.

You May Also Like