perubahan lingkungan
perubahan lingkungan

Kunci Jawaban Bentuk-Bentuk Perubahan Lingkungan

beritawaranet.com – Kunci Jawaban Bentuk-Bentuk Perubahan Lingkungan. Sobat BW sebagai manusia kita memanfaatkan alam untuk memenuhi segala kebutuhan kita sehari-hari. Seringkali kegiatan kita dalam memanfaatkan sumber alam malah merusak alam tersebut. Seperti ilustrasi dibawah ini!

 

perubahan lingkungan

 

Ayo Mengamati

Amatilah ilustrasi dua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 144 Klasifikasi Makhluk Hidup IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

1. Coba jelaskan perubahan lingkungan alam yang tampak pada gambar-gambar di atas!

Perubahan lingkungan yang terjadi adalah berkurangnya lahan hijau dimana akar dari pohon-pohon yang ada berfungsi untuk menyerap air. Ketika banyak pohon yang ditebang secara sembarangan maka daerah resapan air akan berkurang dan dapat menyebabkan banjir sera tanah longsor.

2. Menurutmu, apa yang menjadi penyebab dan yang menjadi dampak perubahan alam pada gambar di atas?

Penyebab dari penebangan liar adalah pembukaan lahan untuk permukiman, kegiatan industri, bahkan untuk bahan baku pembuatan mebel.

3. Jelaskan dampak yang ditimbulkan dari perubahan tersebut!

Dampak dari kegiatan tersebut adalah pohon-pohon yang ada di hutan akan semakin berkurang, produksi oksigen oleh pohon juga akan berkurang, akan menyebabkan terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, dan meningkatnya pemanasan global.

 

Ayo Berlatih

Carilah informasi dan data tentang contoh perubahan-perubahan alam yang disebabkan karena aktivitas manusia melalui tulisan pada buku, majalah, surat kabar, atau artikel di internet. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!

Baca Juga :  Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022

Bentuk-Bentuk Perubahan Lingkungan

perubahan lingkungan

Ayo Membaca

Kunci Jawaban Bentuk-Bentuk Perubahan Lingkungan – Sumber daya alam, baik yang bisa diperbarui maupun yang tidak, jika digunakan secara terus-menerus juga akan habis. Pemanfaatannya harus dilakukan secara hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkannya secara sembarangan. Jika sumber daya alam tersebut rusak atau bahkan habis, kita akan terancam bencana. Hal ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan dan sumber daya alam.

Melestarikan lingkungan merupakan hal yang wajib dilakukan. Agar sumber daya alam tetap lestari kita harus melakukan usaha-usaha sebagai berikut.

Usaha-usaha melestarikan lingkungan:

1. Penghematan bahan bakar dan listrik.

2. Penggunaan energi alternatif, misalnya energi matahari, dan energi air.

3. Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul atau reboisasi.

4. Melakukan pembibitan jenis tanaman unggul.

5. Melakukan daur ulang bahan bekas.

6. Tidak membuang sampah atau limbah ke wilayah perairan, baik sungai, danau, maupun laut.

7. Tidak menebang hutan secara sembarangan. Kita harus melakukan tebang pilih. Artinya, kita hanya menebang pohon-pohon yang sudah berusia tua dan setelah menebang mau menanam dan menggantikan dengan pohon yang lebih muda.

8. Tidak menangkap ikan dengan menggunakan racun, listrik, dan bahan peledak.

 

Baca Juga :  Jelaskan Mengelola Pemuatan Perangkat Lunak dan Menjalankan Perangkat Lunak, Fungsi Sistem Operasi!

Ayo Berdiskusi

Kunci Jawaban Bentuk-Bentuk Perubahan Lingkungan

1. Diskusikan dengan temanmu, apa akibat jika kita menebang hutan sembarangan?

Jika menebang pohon sembarangan akibatnya adalah terjadinya tanah longsor pada daerah dataran tinggi karena akar pohon yang berfungsi sebagai penyerap air dan mengikat tanah ditebang sembarangan tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. Tanah yang tidak terikat dengan baik akan mudah terbawa oleh air ketika hujan besar turun dan terjadilah tanah longsor.

 

2. Kumpulkan informasi dari buku, koran, majalah atau artikel tentang usaha-usaha pelestarian sumber daya alam!

Usaha-usaha pelesatarian sumber daya alam antara lain: dengan menggunakan sumber daya alam secara bijak, menghemat sumber daya alam, dan reboisasi

 

3. Buatlah uraian singkat tentang akibat buruk apabila tidak melakukan pelestarian sumber daya alam!

Sumber daya alam akan cepat habis apabila dipakai terus menerus, sumber daya alam berupa tumbuhan dan hewan langka akan punah.

 

Sobat BW, kita boleh memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Tetapi yang harus diingat adalah kegiatan kita dalam memanfaatkan alat tidak boleh merusak kelestarian alat tersebut. Hal ini untuk menghindari adanya bencana alam yang mungkin akan terjadi karena adanya kerusakan lingkungan.

Semoga bermanfaat ya..