menghargai usaha ekonomi

Kunci Jawaban Cara Menghargai Kegiatan Ekonomi

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Cara Menghargai Kegiatan Ekonomi. Dengan adanya sumber daya yang berlimpan di Indonesia, masyarakat memiliki kegiatan ekonomi yang berdeda dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Dengan adanya keragaman kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat, kita harus dapat menghargai keragaman tersebut. Sobat BW, bagaimana cara menghargai kegiatan ekonomi yang beragam? Mari kita cari tahu bersama.

 

Edo disuruh ibu untuk membeli telur ayam di tetangga sebelah. Kebetulan tetangga sebelah beternak ayam petelur. Ibu sedang sibuk membuat roti untuk dijual besok pagi. Saat ke luar rumah Edo bertemu tetangganya yang baru pulang dari berjualan di pasar. Edo sejenak merenung. Edo tinggal di lingkungan pinggiran kota. Edo sadar, ternyata ada beragam pekerjaan yang dijalani oleh masyarakat di lingkungan sekitar rumahnya. Mulai dari peternak ayam, pedagang roti seperti ibunya, pengrajin, guru, dan karyawan swasta seperti ayahnya.

 

Ayo Membaca

Tahukah kamu Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam?. Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki budaya masing-masing. Keanekaragaman budaya juga merupakan suatu kekayaan yang unik dan tidak dimiliki oleh negara lain. Kekayaan alam yang melimpah dan budaya yang beraneka ragam, memengaruhi mata pencaharian masyarakat Indonesia. Beragamnya budaya membuat mata pencaharian masyarakat Indonesia juga beraneka ragam.

Baca Juga :  Seorang guru PJOK sedang mengajarkan materi gerak rangkaian guling depan dan guling lenting, dengan cara menjelaskan dengan suara yang lantang

Cara Menghargai Kegiatan Ekonomi

menghargai usaha ekonomi

Kita harus selalu menghargai keanekaragaman mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitar dan di Indonesia pada umumnya. Cara menghargai kegiatan ekonomi atau mata pencaharian masyarakat antara lain sebagai berikut.

• Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain.

Mata pencaharian masyarakat di Indonesia sangat beragam, mulai dari pedagang asongan, pengamen, pegawai, karyawan swasta, hingga pengusaha. Apa pun pekerjaan orang lain, kita tidak boleh merendahkan. Misalnya, kamu mendapati seorang pengamen yang mencari uang dengan berjalan dari rumah ke rumah sambil bernyanyi. Kamu harus tetap menghormatinya, tidak boleh mencela bahkan merendahkan.

 

• Menghormati orang yang sedang bekerja.

Kamu harus menghormati orang yang sedang bekerja, tidak peduli pekerjaan itu bagus atau tidak menurut kamu. Misalnya, kamu sedang memasuki gerbang sekolah, kebetulan ada tukang kebun yang sedang membersihkan halaman. Sebaiknya kamu menyapa atau setidaknya menganggukkan kepala.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Akibat Hidup Tidak Rukun

 

• Menghargai pekerjaan orang lain.

Apa pun pekerjaan orang lain harus tetap dihargai. Jangan pernah membeda-bedakan orang hanya berdasarkan pekerjaan saja. Sebagai peserta didik, kamu harus menghargai pekerjaan siapa pun. Misalnya, dengan ibu penjaga kantin sekolah, pedagang kaki lima, pemulung, dan lain sebagainya.

 

• Membiasakan membeli produk-produk lokal.

Sebagai contoh, tetanggamu memiliki usaha produksi sandal dan tas. Jika kamu ingin membeli tas dan sandal, sebaiknya belilah produk dari tetanggamu. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk menghargai mata pencaharian masyarakat.

 

• Membiasakan mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri.
Mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri dapat mengangkat hasil pertanian masyarakat, sehingga secara tidak langsung dapat membantu menyejahterakan petani Indonesia.

 

Kamu telah mengetahui cara menghargai kegiatan ekonomi atau mata pencaharian masyarakat yang multi budaya untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Sekarang cobalah berdiskusi dengan temanmu tentang cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha.

 

Ayo Berdiskusi

Lakukanlah diskusi bersama teman-teman satu kelas dan Bapak/Ibu Guru. Tema diskusi adalah tentang cara-cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha. Tentukan siapa yang menjadi pembicara, notulen, dan moderator. Berdiskusilah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan mengungkapkan pendapat atau pertanyaan dengan sopan dan santun.

Baca Juga :  Apa yang Dimaksud Metode Penyimpanan Data Tumpukan (Stack)?

Berikut hal-hal yang didiskusikan.

1. Daerah tempat tinggal.

Purbalingga, Jawa Tengah

 

2. Jenis pekerjaan atau usaha yang dilakukan oleh masyarakat terkait dengan tiga kegiatan ekonomi.

Bertani, pedagang, beternak

 

3. Cara menghargai pelaku kegiatan ekonomi

  • Tidak memandang remeh kegiatan ekonomi apapun sebab masing-masing kegiatan ekonomi ini memberi kontribusi terhadap masyarakat.
  • Membiasakan diri mengucap terima kasih ketika melakukan transaksi dengan pelaku kegiatan ekonomi.
  • Tidak berbuat hal-hal yang melanggar hak-hak mereka seperti menawar terlalu murah, menipu, mencuri atau menggunakan uang palsu ketika transaksi dan lain sebagainya.

 

Sobat BW, sebagai warga masyarakat yang sering kali memperoleh manfaat dari kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat sudah seharunya kita juga dapat menghargai kegiatan ekomoni yang mereka lakukan. Dengan menghargai kegiatan ekonomi yang dilakukan kita juga sedang memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Semoga bermanfaat ya..