Ciri Bahasa Iklan
Ciri Bahasa Iklan

Kunci Jawaban Ciri Bahasa Iklan

Daftar Isi

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Ciri Bahasa Iklan. Sobat BW, begitu banyak produk-produk baru yang beredar di masyarakat mulai dari produk makanan, kesehatan, kebersihan, dan lain sebagainya. Untuk dapat dikenal masyarakat, kemudian produk-produk tersebut dipromosikan melalui sebuah iklan. Iklan inilah yang setiap hari kita lihat pada media elektronik seperti radio, televisi, dan internet.

 

Suatu hari Dayu dan teman-temannya berbincang tentang iklan-iklan yang menjadi favorit mereka. Apa saja iklan favorit mereka mari kita cari tahu bersama.

 

Dayu dan Lani duduk santai sambil berbincang di taman sekolah. Mereka berbincang tentang iklan favorit. Ketika Lani menanyakan iklan favorit, Dayu sontak menjawab “Iklan makanan”. “Aku senang lagunya. Isi lagunya bagus”, lanjut Dayu. Leni pun bertanya “Kamu mengetahui isi lagunya? “ jawab Lani.

 

“Isinya tentang makanan sehat dan bergizi, rasanya bisa nyaman di lidah seluruh orang Indonesia,” jawab Dayu. “Kamu hebat Dayu bisa hafal isi lagu di iklan favoritmu,” Puji Lani kepada Dayu.

 

Itulah cerita singkat tentang iklan favorit Dayu. Kamu tentu juga bisa menyaksikan iklan melalui media televisi. Televisi merupakan media iklan elektronik yang paling efektif. Melalui televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam berbagai bentuk, kreasinya dapat berupa animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat menentukan menarik tidaknya sebuah iklan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Usaha Ekonomi Masyarakat Indonesia

 

Ayo Mengamati

Perhatikan contoh iklan televisi berikut! Perhatikan iklan dari segi bahasanya.

 

Ciri Bahasa Iklan

 

“Segar nyatanya memang menyegarkan”

 

Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas. Bahasa iklan pada iklan minuman di atas juga menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmati kesegarannya. Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan segera ingin menikmatinya.

 

Contoh iklan selanjutnya adalah iklan mi instan. Kamu tentu pernah melihat iklan mi instan. Iklan yang kamu lihat itu terkadang ada lagunya. Bisa jadi yang melihat iklan tersebut ikut menyanyi jika lagunya menarik dan musiknya energik. Khalayak pun tersugesti ingin menikmati sensasi rasa mi instan yang diiklankan.

 

 

Bahasa iklan produk makanan yang sangat menarik akan mampu menggugah selera makan khalayak. Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya jika menikmati mi instan tersebut. Pengulangan kata hingga berkali-kali pada lagu dalam iklan sering terjadi. Pengulangan kata pada lagu menunjukkan adanya pilihan kata yang digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan. Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan informasi yang dipentingkan.

Baca Juga :  Download Program Tahunan dan Program Semester SD Kurikulum Merdeka

 

Berdasarkan kedua contoh iklan televisi di atas, dapat dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang mampu menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum. Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.

Ciri Bahasa Iklan

1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.

2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.

3. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.

4. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.

 

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Sekarang perhatikan iklan-iklan elektronik. Identifikasilah ciri-ciri bahasa yang mampu menarik perhatian khalayak pada iklan tersebut. Tuliskan secara detail hasil identifikasimu dan presentasikan hasil tugasmu di depan kelas.

 

1. Produk yang diiklankan: Puply Orange

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan: bahasa iklan singkat, padat, dan mudah dipahami, menonjolkan informasi yang penting seperti bahan utama yang digunakan dalam produk tersebut bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat agar membeli produk itu.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 15 halaman 166 Peninggalan Masa Peradaban Islam IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

2. Produk yang diiklankan: Sabun Nuvo

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan: bahasa iklan singkat, padat, dan mudah dipahami, menonjolkan informasi yang penting seperti bahan utama yang digunakan dalam produk tersebut dan manfaat dari produk, bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat agar membeli produk itu.

 

3. Produk yang diiklankan: So Klin Lantai

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan: bahasa iklan singkat, padat, dan mudah dipahami, menonjolkan informasi yang penting seperti bahan utama yang digunakan dalam produk tersebut dan manfaat dari produk, bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat agar membeli produk itu.

 

Dalam pembuatan iklan sangat dibutuhkan adanya kerja sama antara jasa pembuat iklan dan pemilik produk yang diiklankan. Semua pihak terkait hendaknya dapat bekerja sama dengan baik untuk menghasilkan iklan yang bagus.

Sobat BW, selain kerjasama, bahasa iklan yang digunakan haruslah memiliki piilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan, memiliki sugesti bagi khalayak, menonjolkan informasi yang dipentingkan, dan menunjukkan sasaran.

Semoga bermanfaat ya..