wilayah daratan dan perairan
wilayah daratan dan perairan

Kunci Jawaban Ciri-ciri Wilayah Daratan dan Perairan

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Ciri-ciri Wilayah Daratan dan Perairan. Sobat BW, bentang alam Indonesia dimulai dari Sabang sampai Merauke. Terdapat daerah dengan lokasi pesisir pantai yang dekat dengan laut, pegunungan yang memperlihatkan keindahan alam perbukitan, perkotaan dengan hiruk pikuk kegiatan masyarakatnya, pedesaan dengan persawahan yang membentang di sepanjang jalan, dan lain sebagainya.

 

Hari ini Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman untuk melakukan kegiatan di luar kelas. Siti dan teman-teman menyambutnya dengan gembira. Ke mana mereka akan melakukan kegiatan? Oh, ternyata mereka menuju ke belakang sekolah. Di sana terdapat hamparan sawah dan sungai. Dari belakang sekolah juga tampak daerah pegunungan. Pak Tagor menjelaskan mengenai kenampakan alam Indonesia.

 

wilayah daratan dan perairan

Ketampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Indonesia memiliki bentang alam yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada penduduk yang tinggal di daerah pegunungan. Ada juga penduduk yang tinggal di daerah pantai. Ketampakan alam dibagi menjadi dua bagian, yaitu ketampakan alam wilayah daratan dan ketampakan wilayah perairan. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Baca Juga :  Jawaban Mencari Makna Istilah - Istilah

 

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas empat anak. Carilah informasi mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ketampakan alam wilayah perairan beserta ciri-cirinya. Saat kelompokmu mencari informasi melalui internet, mintalah bantuan orang tua atau orang dewasa di sekitarmu.

Diskusikan hasil informasi yang kalian peroleh.

 

Ciri-ciri Wilayah Daratan dan Perairan

 

5 kenampakan alam wilayah daratan dan perairan beserta ciri-cirinya sebagai berikut

Ciri-ciri Wilayah daratan:

Dataran tinggi

Ciri-cirinya antara lain: terletak pada ketinggan 300-600 meter diatas permukaan laut, memiliki udara yang dingin dan sejuk, biasanya diman digunakan sebagai lahan perkebunan.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Interpretasi Diagram! Jawablah Pertanyaan Berikut Ini di Informatika Halaman 78 Kurikulum Merdeka

Dataran rendah

Ciri-cirinya antara lain : terletak pada keringgian kurang dari 200 meter diatas permukaan laut, terdapat banyak aliran sungai, umumnya udaranya panas, sebagai pusat kegiatan yang sangat beragam.

 

Pegunungan

Ciri-cirinya antara lain : memiliki ketinggian lebih dari 700 meter diatas permukaan laut, memiliki udara yang sangat sejuk dan segar, sebagai daerah perlindungan hewan dan tumbuhan supaya tidak punah, digunakan sebagai lahan perkebunan bunga dan sayuran.

 

Tanjung

Ciri-cirinya antara lain : letaknya menjorok ke laut, biasanya digunakan sebagai tempat kapal dagang berlabuh.

 

Lembah

Ciri-cirinya antara lain : terletak di kaki perbukitan atau pegunungan, memiliki udara yang lebih hangat.

 

Ciri-ciri Wilayah perairan:

Danau

Ciri-cirinya antara lain : terbentuk dari letusan gunung berapi atau pergeseran muka bumi.

 

Rawa

Ciri-cirinya antara lain : banyak tanaman air seperti eceng gondok, biasanya terletak di daerah pantai.

 

Sungai

Ciri-cirinya antara lain : aliran air berasal dari dataran tinggi atau pegunungan, bagian hulu ke hilir ukurannya semakin besar,.

Baca Juga :  Jelaskan Pengertian Komputer Secara Umum - SMA Informatika

 

Laut

Ciri-cirinya antara lain : menghubungkan satu pulau dengan pulau lain, airnya mengandung garam, memiliki dua bagian yaitu dangkal dan dalam.

 

Teluk

Ciri-cirinya antara lain : perairan yang menjorok ke daratan, dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya.

 

Nah Sobat BW, secara garis besar wilayah Indonesia dibagi menjadi wilayah daratan dan perairan. Wilayah daratan antara lain: dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, tanjung, dan lembah. Sedangkan wilayah perairan antara lain: danau, rawa, sungai, laut, dan teluk. Dimanakah Sobat BW tinggal?

 

Wilayah daratan dan wilayah perairan memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Wilayah daratan banyak digunakan masyarakat untuk membangun tempat tinggal, walaupun tidak menutup kemungkinan ada masyarakat yang tinggal di wilayah perairan. Meski ada perbedaan tempat tinggal kita harus menjunjung tinggi perilaku persatuan dan kesatuan serta sikap toleransi antar sesama ya Sobat BW.

 

Semoga bermanfaat..