dampak sumpah pemuda
dampak sumpah pemuda

Kunci Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda. Dirintisnya organisasi Budi Utomo menjadi angin segar bagi para pemuda untuk berpasrtisipasi dalam perjuangan melawan penjajahan. Hingga dilaksanakannya Kongres Pemuda yang selanjutnya Sobat BW kenal dengan Peristiwa Sumpah Pemuda. Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 memberi dampak yang sangat besar terhadap perjuangan pergerakan nasional. Apa saja dampak dari Peristiwa Sumpah Pemuda? Mari kita cari tahu bersama!

 

Ayo Membaca

Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

 

Pada tanggal 28 Oktober 1928, suatu tekad yang sangat penting bagi penguatan konsep wawasan kebangsaan Indonesia telah diikrarkan. Ikrar tersebut merupakan modal yang sangat berharga bagi terbentuknya negara kesatuan. Tekad untuk bersatu dan mengesampingkan alasan-alasan kedaerahan, kesukuan, keturunan, keagamaan, dan golongan. Namun, persatuan itu tetap dalam kerangka saling menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada. Kesemuanya bersatu padu dan melebur dalam ikrar Sumpah Pemuda.

 

Sejak peristiwa Sumpah Pemuda 1928, dunia dikejutkan oleh kemampuan dan kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan. Pengaruhnya pun sangat besar bagi organisasi pergerakan. Organisasi-organisasi politik yang lahir setelah peristiwa Sumpah Pemuda semuanya memakai kata “Indonesia” dalam namanya. Begitu pun dengan organisasi yang masih bersifat kedaerahan mulai memproses untuk bersatu dalam satu wadah, yaitu Organisasi Indonesia Muda. Adapun tujuannya adalah untuk mempererat tali persatuan segenap pemuda yang berbangsa, berbahasa, dan bertanah air Indonesia.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Pangeran Diponegoro dan Perang Jawa"

 

Peristiwa Sumpah Pemuda telah membawa kesadaran dalam diri setiap orang akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam sebuah bangsa. Penyatuan berbagai sifat kedaerahan menjadi sifat nasional terus dilakukan. Peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan rasa senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa. Rasa inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya semangat persatuan untuk membentuk sebuah negara kesatuan.

 

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut pada bagan di bawah ini.

Judul teks

Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

 

Bagian yang paling menarik

Sejak peristiwa Sumpah Pemuda 1928, dunia dikejutkan oleh kemampuan dan kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan

 

Informasi penting

Pada tanggal 28 Oktober 1928 terbentuk tekad untuk bersatu dalam ikrar Sumpah Pemuda.

Sejak peristiwa Sumpah Pemuda 1928 timbul kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan.

Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 berpengaruh sangat besar bagi organisasi pergerakan.

Peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan rasa senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa.

 

Pendapat saya tentang teks ini

Saya sangat setuju bahwa Sumpah Pemuda memberikan dampak yang sangat besar bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam melepaskan diri dari penjajahan bangsa asing

 

Saya menyarankan/tidak menyarankan teks ini karena

Saya menyarankan teks ini karena berisi informasi yang sangat penting tentang pengaruh Sumpah Pemuda terhadap perjuangan bangsa Indonesia

 

Baca Juga :  Apa Contoh dari Interaksi Hardware dengan Sesama Hardware?

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!

 

 

 

Ayo Bernyanyi

Pada peristiwa Sumpah Pemuda 1928, turut diakui lagu “Indonesia Raya” ciptaan W.R. Supratman sebagai Lagu Kebangsaan Indonesia. Ayo, kita nyanyikan lagu tersebut dengan penuh khidmat

 

dampak sumpah pemuda

 

 

Lirik Lagu Indonesia Raya

 

Stanza 2 (tidak tercakup PP 44/1958)

Indonesia Tanah Yang Mulia Tanah Kita Yang Kaya

Disanalah Aku Berdiri Untuk Slama-lamanya

Indonesia Tanah Pusaka Pusaka Kita Semuanya

Marilah Kita Mendoa Indonesia Bahagia

Suburlah Tanahnya Suburlah Jiwanya

Bangsanya Rakyatnya Semuanya

Sadarlah Hatinya Sadarlah Budinya

Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya Merdeka Merdeka

Tanahku Negeriku Yang Kucinta

Indonesia Raya Merdeka Merdeka

Hiduplah Indonesia Raya

 

Stanza 3 (tidak tercakup PP 44/1958)

Indonesia Tanah Yang Suci Tanah Kita Yang Sakti

Disanalah Aku Berdiri Menjaga Ibu Sejati

Indonesia Tanah Berseri Tanah Yang Aku Sayangi

Marilah Kita Berjanji Indonesia Abadi

Slamatkan Rakyatnya Slamatkan Puteranya

Pulaunya Lautnya Semuanya

Majulah Negerinya Majulah Pandunya

Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya Merdeka Merdeka

Tanahku Negeriku Yang Kucinta

Indonesia Raya Merdeka Merdeka

Hiduplah Indonesia Raya

 

Setelah bernyanyi, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Apa yang kamu rasakan saat menyanyikan lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!

Yang saya rasakan saat menyanyikan lagu Indonesia raya adalah rasa haru, bangga dan juga semangat menggebu berpartisipasi untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan kontribusi positif.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Kewajiban dan Hak Lingkungan

Bagaimanakah nada dan tempo lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!

Nada dasar dari lagu Indonesia raya adalah G. Adapun temponya termasuk ke dalam jenis Mars Di Marcia, yakni tempo yang dimainkan dengan semangat, cepat dan memunculkan kesan heroic.

 

Apakah lirik lagu “Indonesia Raya” mencerminkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan? Jelaskan!

Iya, lirik dari lagu Indonesia Raya mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan. Bahkan salah satu liriknya berbunyi ‘Marilah kita berseru: Indonesia bersatu!’

 

Jelaskan isi lagu tersebut dengan kata-katamu sendiri. Tuliskan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan penggunaan kata-kata baku. Perhatikan pula penggunaan tanda baca yang benar.

Lagu Indonesia Raya berisi mengenai rasa syukur, rasa cinta tanah air, semangat untuk menjaga kemerdekaan Indonesia

 

Suasana hening dan khidmat ketika lagu Indonesia Raya dinyanyikan pada peristiwa Sumpah Pemuda 1928. Terlihat W. R. Supratman dengan gesekan biolanya mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Sementara para pengurus yang terdiri atas enam orang pemuda dan semua peserta dengan penuh khidmat turut mendengarkan.

 

Lagu Indonesia Raya diakui dan dijadikan sebagai lagu kebangsaan Indonesia dalam Peristiwa Sumpah Pemuda. Apakah Sobat BW sudah bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan benar?

 

Jika belum, Sobat BW bisa berlatih dengan Guru dan teman sekelas kalian ya..