kebutuhan air
kebutuhan air

Kunci Jawaban Hari Air Sedunia

Daftar Isi

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Hari Air Sedunia. Sumber energi sangat banyak kegunaannya bagi kehidupan manusia. Contohnya kita memanfaatkan energi matahari untuk menjemur pakaian, memanfaatkan energi listrik untuk penerangan, dan masih banyak lagi. Salah satu pemanfaatan sumber energi yang erat keberadaannya dengan kehidupan kita adalah air. Sobat BW apa saja manfaat air bagi kehidupan kita?

Air merupakan sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat untuk menenuhi kebutuhan sehari-hari manusia, seperti untuk minum, mencuci baju, mandi, budidaya ikan, dan banyak kegiatan lainnya. Ketersediaan air bersih menjadi sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tahukah Sobat BW ada hari air sedunia? Kapan tanggalnya? Mari kita bahas bersama?

Hari Air Sedunia

Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya hari air sedunia ini, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Kebutuhan air per hari per orang dapat digambarkan dalam piramida hirarki kebutuhan air berikut.

kebutuhan air

Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai, dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.

Baca Juga :  Jelaskan Pengertian Konektivitas Internet pada Jaringan Nirkabel! Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka

 

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering di musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan dan tidak bisa panen.

 

Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih. Tindakan-tindakan yang dimaksud sebagai berikut.

1. Menghemat penggunaan air.

2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.

3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.

Sumber: http://www.kidnesia.com/layout/set/print/Kidnesia/Dari-Nesi/Dari-Nesi/World-Water-Day

 

Ayo Berlatih
Kunci Jawaban Hari Air Sedunia – Apakah yang dimaksud air bersih? Mengapa air bersih penting bagi kehidupan? Apa saja yang mengganggu ketersediaan air bersih? Berdasarkan bacaan di depan, buatlah kesimpulan tentang hal berikut. Tulis kesimpulan pada kolom berikut

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Berlatih 191 Fotosintesis IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

 

Kunci Jawaban Hari Air Sedunia – Kebutuhan air bersih per orang per hari Kebutuhan air bersih per orang per hari kurang lebih sebanyak 280 liter. Kebutuhan tersebut diantaranya untuk kebutuhan: air minum (10 liter), memasak (20 liter), kebersihan diri (30 liter), mencuci (40 liter), membersihkan rumah (50 liter), menumbuhkan bahan makanan untuk rumah tangga (60 liter), dan kebutuhan sanitasi (70 liter).

 

Hal-hal yang menyebabkan persedaiaan air bersih berkurang. Banyak pohon yang ditebang secara liar dan sembarangan, lahan hijau berubah menjadi permukiman, perkantoran, dan kawasan industri, penggunaan kendaraan bermotor yang berlebihan.
Akibat kekurangan air bersih Kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari, kurangnya nutrisi pada tubuh, pencemaran pada tanah dan udara.

 

Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih Menanam banyak pohon agar akar-akan pohon dapat menahan air dalam tanah, menghemat penggunaan air, membuang lubang resapan agar air dapat masuk dalam tanah.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Di Kota Mana Objek Tersebut Berada? Bahasa Indonesia Kelas 7

 

Memanfaatkan air merupakan hak setiap warga masyarakat, namun melestarikan ketersediaan air bersih juga menjadi kewajiban setiap warga masyarakat.

 

Sekarang identifikasilah hak dan kewajiban setiap warga masyarakat terhadap air bersih yang merupakan salah satu sumber daya alam.

 

 

Ayo Bernyanyi
Kunci Jawaban Hari Air Sedunia – Menghemat penggunaan air bersih merupakan contoh perilaku yang menunjukkan rasa cinta terhadap lingkungan. Perwujudan rasa cinta lingkungan dapat dilakukan dengan banyak cara seperti pada lagu berikut.

 

 

Kunci Jawaban Hari Air Sedunia – Ternyata manusia sangat membutuhkan air ya Sobat BW. Sebagai manusia yang membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari, kita juga mempunyai kewajiban untuk menjaga ketersediaan air. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk dapat berperan aktif dalam mencegah kelangkaan air, salah satunya adalah dengan menanam pohon. Dengan menanam pohon maka ketika hujan air kan terserap oleh akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah.

Semoga bermanfaat ya..