indahnya perbedaan

Kunci Jawaban Indahnya Hidup dalam Perbedaan

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Indahnya Hidup dalam Perbedaan. Mengapa rakyat di seluruh daerah di Indonesia sangat antusias mendengar dan menyambut berita mengenai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia? Tuliskan cerita kalian pada kolom berikut.

Karena, proklamasi kemerdekaan indonesia merupakan titik awal bagi bangsa indonesia untuk tumbuh yang sebelumnya dijajah oleh bangsa lain oleh karena itu kita harus berusaha untuk bersatu demi tanah air kita tercinta iniSeluruh rakyat di berbagai daerah dari berbagai suku, agama, dan golongan penuh suka cita menyambut dan merayakan Proklamasi Kemerdekaan. Semua bersatu padu dan lebur saling bahu-membahu melakukan perlawan terhadap penjajah. Semua menunjukkan rasa persatuan dan kesatuan, tidak lagi memikirkan kedaerahan, suku, agama, dan golongan. Hanya ada satu identitas, yaitu Indonesia.

 

Tahukah Kamu?

Kita hidup di tengah-tengah masyarakat yang memiliki keanekaragaman di segala bidang kehidupan. Meskipun beragam dan berbeda, tetapi kita tetap bisa bersatu dan hidup dengan rukun.

 

1. Indahnya Hidup Berbhinneka

 

Perhatikan lambang negara kita, Burung Garuda. Lihatlah pita yang dicengkeramnya. Pada pita itu, tertulis kalimat “Bhinneka Tunggal Ika”. Kalimat ter sebut diambil dari Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu. Kata-kata tersebut kemudian diberi makna yang lebih luas dan menjadi semboyan “meskipun berbeda-beda, tetapi tetap satu jua”. Semboyan itulah kemudian yang mengikat keberagaman bangsa menjadi satu kesatuan.

Baca Juga :  Jawaban Tugas Mengidentifikasi Bagian-bagian Penting Proposal

 

Cukupkah kamu mengerti artinya saja? Tentu tidak. Setelah memahami makna yang terkandung di dalamnya, kamu harus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kamu bergaul dengan teman dalam kehidupan sehari-hari, tentu kamu akan bertemu dengan keanekaragaman. Kamu akan berbeda dengan teman-temanmu. Mungkin kamu dengan temanmu berbeda dalam kepandaian, keterampilan, hobi, ukuran tubuh, warna kulit, kebiasaan, bahkan suku, golongan, budaya, dan agama. Lalu, bagaimana kamu harus bersikap?

 

Untuk menerapkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, kamu pun tidak perlu harus meniru temanmu atau orang lain agar terlihat sama. Kamu tidak harus seperti orang lain. Biarlah kamu berbeda dengan orang lain dan orang lain biarlah berbeda dengan dirimu.
Kamu harus menyadari perbedaan itu anugerah dari Tuhan Yan Maha Esa yang harus kita syukuri. Dengan demikian, kamu tidak perlu berselisih hanya karena adanya perbedaan. Kamu harus mensyukuri perbedaan dengan cara menghormati dan menghargai teman-temanmu. Dengan begitu, perbedaan itu justru membuat hidup makin indah.

 

2. Indahnya Hidup Bersatu dalam Perbedaan

 

Kamu tidak dapat hidup sendiri. Kamu membutuhkan bantuan orang lain. Demikian pula, kamu juga dapat membantu orang lain. Dengan saling membantu di tengah masyarakat, hidup akan terasa aman, nyaman, dan tenteram.

 

Misalnya, dalam bidang keamanan masyarakat. Untuk menjaga keamanan masyarakat, setiap anggota masyarakat wajib melaksanakan ronda sesuai jadwal. Semua mendapat kewajiban yang sama, tidak memandang dia kaya atau miskin, tidak pula memandang asal suku dan agama. Dengan demikian, di masyarakat, akan tercipta keamanan dan ketertiban. Itulah salah satu arti pentingya persatuan dalam perbedaan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Mengenal Pahlawan Indonesia dari Berbagai Daerah"

 

Apa yang akan terjadi jika tidak ada persatuan di masyarakat? Tanpa per satuan, kerukunan di masyarakat sulit terwujud. Setiap orang akan hidup mementingkan dirinya sendiri. Di antara orang, akan muncul rasa saling curiga. Hidup tidak akan nyaman.
Salah satu wujud nyata adanya kerukunan dan persatuan di masyarakat adalah tradisi gotong royong. Misalnya, bergotong royong membangun rumah. Gotong royong melibatkan semua unsur masyarakat.

 

Ayo Mengamati

1. Ayo, amati berbagai keberagaman yang ada di kelasmu. Tuliskan pada tabel berikut.

 

indahnya perbedaan

 

2. Bagaimanakah menciptakan kerukunan dalam kelasmu? Tuliskan pada kolom berikut!

  • Menggiatkan sikap-sikap tertentu seperti toleransi.
  • Saling tolong menolong, bekerja sama.
  • Saling mengenal satu sama lain agar tercipta persaudaraan.
  • Mengutamakan kepentingan bersama.
  • Mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan masalah atau memutuskan sesuatu.
  • Bertutur kata yang sopan dan berperilaku santun.
  • Melaksanakan kewajiban dengan itikad baik.
  • Menghargai hak-hak teman sekelas.

 

Pentingnya Persatuan di Tempat Tinggalku

Untuk mengetahui pentingnya persatuan, kamu dapat mengamati masyarakat sekitar tempat tinggalmu. Kamu dapat melakukan kegiatan ini secara berkelompok.

Dengan bantuan anggota keluargamu, catatlah kegiatan-kegiatan yang melibatkan seluruh anggota masyarakat di sekitar tempat tinggalmu. Masukkan hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini.

 

Setelah tabel selesai kamu isi, buatlah penilaian sederhana dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1 halaman 207 Suku Bali IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

1. Apakah kegiatan tersebut berjalan dengan baik?

Kegiatan tersebut berjalan dengan baik tetapi tidak semua orang mengikuti kegiatan tersebut sesuai aturan. Ada yang tidak mengikuti kerja bakti, ronda malam, patroli, bahkan rapat rutin.

 

2. Adakah masalah yang menghambat untuk melaksanakan kegiatan itu?

Mungkin karena ada beberapa warga yang memiliki kegiatan lain saat kegiatan berlangsung.

 

3. Cara apa yang ditempuh oleh masyarakat untuk mengatasi hambatan itu?

Menunda kegiatan pribadi untuk mengikuti kegiatan masyarakat karena untuk kepentingan umum.

 

4. Apakah persatuan masyarakat sangat menentukan keberhasilan kegiatan itu?

Persatuan setiap orang sangat menentukan keberhasilan kegiatan yang dilakukan karena tanpa kesatuan dan kerja sama yang baik kegiatan tersebut tidak akan terlaksana sebab bisa menjadi ricuh dan tidak beraturan.

 

5. Apakah manfaat kegiatan itu dapat dirasakan oleh masyarakat? Manfaat apa sajakah itu?

Kegiatan yang dilakukan tersebut memiliki beragam manfaat yang dapat dirasakan, contohnya kerja bakti akan membantu pekerjaan cepat membuat saluran air menjadi lancar, pertemuan warga untuk mengakrabkan diri dan memupuk persatuan serta kesatuan antar warga, dan musyawarah dapat mencari jalan penyelesaian secara damai.

 

Indonesia memiliki keragaman yang membuatnya kaya dan unik. Seperti semboyan Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang memiliki arti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Sobat BW itulah yang harus kita junjung dalam kehidupan sehari-hari agar kita hidup dengan damai ditengah masyarakat yang beragam.

Semoga bermanfaat ya..

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Indahnya Hidup dalam Perbedaan yang dipublish pada Maret 8, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait