Kunci Jawaban Jenis Iklan Berdasarkan Isi

iklan layanan masyarakat

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Jenis Iklan Berdasarkan Isi. Iklan sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari kita. Dalam sebuah iklan dapat ditawarkan sebuah produk, jasa, bahkan pariwisata. Iklan tidak hanya bertujuan untuk mempromosikan suatu produk tetapi berdasarkan isinya iklan dapat diberdakan menjadi beberapa jenis. Apa saja jenis iklan berdasarkan isinya tersebut? Mari kita cari tahu bersama.

 

Minggu pagi, Edo sedang membersihkan halaman depan rumahnya yang kotor. Tiba-tiba datang penjual koran langganan ayahnya memberikan sebuah koran pada Edo. Edo menerima koran tersebut dan melihatnya sekilas sebelum diserahkan kepada ayahnya. Berita utama pagi itu, telah terjadi pertengkaran antarwarga yang dipicu oleh persaingan dagang.

 

Edo sengaja tidak langsung memberikan koran pada ayahnya. Ia melihat-lihat koran yang baru saja diterimanya dari penjual koran. Tak sengaja pandangannya tertuju pada sebuah iklan. Ia teringat dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah beberapa hari yang lalu. Pelajaran tersebut membahas tentang iklan di media cetak. Iklan apa yang dilihat Edo?

 

Ayo Mengamati

Perhatikan iklan yang dilihat Edo pada koran!

Setelah mengamati, coba kamu jelaskan tentang isi iklan tersebut. Uraikan dalam kolom berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Soal Ringkasan halaman 117 kelas 7

Isi iklan di atas

isi iklan tersebut adalah gigident sangat bagus untuk gigi senstif dan juga dapat membersihkan karang gigi. Dengan membeli gigident akan mendapatkan bonus sikat gigi mini.

Ayo Membaca

Edo selesai melihat-lihat koran, kemudian ia segera menyerahkan koran tersebut kepada ayahnya dan kembali ke halaman. Edo bergegas membersihkan halaman hingga selesai. Setelah itu, Edo mencuci kaki dan tangan, kemudian menuju ruang belajarnya. Ia ingin melanjutkan belajar tentang materi iklan yang beberapa hari sebelumnya telah ia pelajari di sekolah. Ayo simak materi iklan yang dipelajari Edo selanjutnya.

 

Jenis Iklan Berdasarkan Isi

Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu

 

1. Iklan pengumuman atau pemberitahuan

Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita.

Berikut adalah contoh iklan pemberitahuan pada media cetak.

iklan berdasarkan isi

 

2. Iklan penawaran (niaga)

Iklan penawaran (niaga) yaitu iklan yang bertujuan menawarkan sesuatu, misalnya iklan barang.

Berikut adalah contoh iklan penawaran (niaga)

iklan niaga

 

3. Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal. Misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain.

Baca Juga :  Kriteria dari sebuah bahan presentasi yang baik ditentukan oleh konten dan tampilannya, Apa Saja?

Berikut adalah contoh iklan layanan masyarakat

 

iklan layanan masyarakat

 

Ayo Berlatih

Amatilah iklan yang terdapat dalam sebuah majalah berikut ini.

 

Jenis iklan apakah pada gambar di atas? Apa informasi penting dalam iklan tersebut?

Jawaban: iklan diatas merupakan iklan layanan masyarakat. Informasi: memberitahukan kepada masyarakat bahwa menjaga persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlanjutan pembangunan.

 

Iklan di atas, memberitahukan kepada masyarakat bahwa menjaga persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlanjutan pembangunan. Oleh karena itu, hindari perbuatan yang dapat menimbulkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan. Dalam kehidupan sehari-hari terapkan sikap dan perilaku untuk saling toleransi antarsesama, saling menghargai, tidak menang sendiri, menghormati orang lain, dan selalu rukun. Coba bayangkan, apa yang akan terjadi jika tidak ada persatuan dan kesatuan dalam masyarakat? Tentu akan terjadi perpecahan yang menyebabkan kehidupan terganggu dan tidak nyaman.

 

Ayo Berdiskusi

Buatlah beberapa kelompok yang beranggotakan 5 orang. Lakukan kegiatan berikut.

1. Identifikasilah peristiwa-peristiwa yang tidak memedulikan persatuan dan kesatuan yang terjadi di masyarakat.

Jawaban: Konflik antar umat beragama, Konflik antar suku bangsa, Konflik antar partai politik, Konflik antar simpatisan partai politik, dan Konflik antar lembaga di Indonesia

 

Baca Juga :  Jawaban PMM Post Test Topik 12 Asesmen Awal Pembelajaran Literasi

2. Jelaskan akibat yang akan terjadi dari peristiwa-peristiwa tersebut.

Jawaban: konflik merupakan sebuah peristiwa dimana terjadi pertentangan atau pertikaian diantara dua pihak atau lebih. Konflik sosial dapat mengakibatkan timbulnya disintegrasi.

Disintegrasi sosial adalah keadaan tidak bersatunya masyarakat,menghilangnya rasa persatuan dan kesatuan yang dapat menyebabkan perpecahan dalam kelompok masyarakat.

Disintegrasi terjadi karena :

a. Tidak adanya persamaan sudut pandang (persepsi) antara anggota masyarakat mengenai tujuan yang semula dijadikan patokan

b. Perilaku warga yang cenderung melawan nilai dan norma yang telah disepakati bersama

c. Sering terjadi pertentangan antara norma – norma yang ada di dalam masyarakat

d. Nilai dan norma tidak berfungsi dengan baik

e. Tidak berlangsungnya sanksi sosial

f. Sering terjadi proses sosial disosiatif

 

Di Indonesia sering terjadi kasus yang memecah persatuan dan kesatuan. disebabkan karena Indonesia sendiri memiliki berbagai unsur sosial, seperti suku bangsa, bahasa, agama dan pandangan politik. Kesemuanya dapat menyebabkan timbulnya konflik sosial.

Sobat BW, persatuan dan kesatuan sangat penting bagi keutuhan bangsa. Sebuah iklan juga sangat berpengaruh terhadap persatuan dan kesatuan hlo Sobat BW. Melalui iklan kita dapat mengingatkan masyarakat bahwa persatuan dan kesatuan merupakan hal penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menciptakan kehidupan aman dan nyaman.

Semoga bermanfaat ya..

You May Also Like