jenis surat undangan
jenis surat undangan

Kunci Jawaban Jenis Surat Undangan

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Jenis Surat Undangan. Sobat BW coba perhatikan gambar-gambar dibawah ini! Gambar dibawah ini merupakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mengisi kemerdekaan.

 

 

 

Amatilah gambar-gambar di atas!
Gambar-gambar tersebut merupakan peristiwa atau kegiatan-kegiatan positif dalam rangka mengisi kemerdekaan. Ceritakanlah kegiatan apa sajakah itu!

Gambar 1 Ibu guru sedang memberi pengumuman bahwa tanggal 17 Agustus akan didakan perlombaan seni krawitan dan kunjungan ke makam pahlawan.

Gambar 2 pembangunan museum untuk melestarikan peninggaln sejarah dalam rangka mengisi hari kemerdekaan

Gambar 3 dua anak bahagia menang lomba badminton dalam menyambut kemerdekaan

Gambar 4 seorang dalang dan anak sedang belajar wayang dalam rangka menyambut kemerdekaan

 

Banyak peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan kita. Ada peristiwa-peristiwa yang dianggap penting dan patut dirayakan bersama orang lain. Untuk itu, diperlukan sebuah surat undangan untuk merayakannya bersama orang lain.

Undangan biasanya digunakan untuk memberitahukan seseorang agar dapat menghadiri suatu acara. Seperti undangan yang diterima Ayah Beni. Pertemuan apa yang akan dihadiri oleh Ayah Beni, mari kita cari tahu bersama!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Siswa Aktif halaman 95 Lingkungan PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Hari menjelang sore. Ayah Beni mengajak Beni pulang dari kebun cengkih Pak Rudi. Ayah Beni akan menghadiri undangan pertemuan warga. Pertemuan warga tersebut sangat penting karena akan membahas pembangunan jalan dusun.

Ayah : “Beni, ayo, kita pamit pulang ke Pak Rudi.”

Beni : “Kenapa kita harus buru-buru pulang, Yah? Beni masih betah di sini.”

Ayah : “Ayah ada undangan ke pertemuan warga. Ini surat undangannya.”

Beni : ”Baik, Ayah. Nanti Ayah harus jelaskan tentang surat undangan, ya!”

Perhatikanlah contoh surat undangan berikut ini.

 

Tahukah Kamu?

Surat Undangan

 

Surat undangan merupakan surat yang berisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan haruslah efektif, yaitu singkat, padat, dan jelas. Tujuannya agar orang yang membacanya dapat segera mengerti isinya.

 

Surat undangan dibedakan atas 3 jenis, yaitu sebagai berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 105 Pemuaian SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

1. Undangan resmi

Undangan yang mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya dipergunakan untuk kepentingan kedinasan.

2. Undangan setengah resmi

Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi.

3. Undangan tidak resmi

Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun, undangan perayaan kelahiran.

 

Ayo Mengamati

Perhatikan kembali surat undangan yang diterima Ayah Beni. Menurutmu, termasuk jenis surat undangan yang manakah surat tersebut? Jelaskan.

Surat undangan yang diterima ayah Beni adalah jenis surat undangan resmi, karena undangan yang diterima ayah Beni mengatasnamakan sebuah instansi, yaitu Pemerintah Daerah Dusun Mentari.

Pada surat undangan yang diterima ayah Beni memiliki bagian-bagian yang merupakan ciri dari surat undangan resmi, yaitu terdapat kop surat yang terletak di bagian atas surat.

 

Kamu telah mengatahui jenis-jenis surat. Setiap jenis surat memuat bagian bagian surat. Secara umum, inilah gambaran bagian-bagian yang ada dalam suatu surat.

Baca Juga :  Jawaban Mendiskusikan Struktur Teks Negosiasi

 

 

Pernahkah kamu melihat surat undangan yang diterima ayah atau ibumu?

Dapatkah kamu menentukan bagian-bagian di dalamnya?

Perhatikan beberapa contoh surat undangan berikut, lalu lakukanlah petunjuk kegiatannya.

1. Tandai dengan warna merah untuk contoh undangan resmi.

2. Tandai dengan warna kuning untuk contoh undangan setengah resmi.

3. Tandai dengan warna biru untuk contoh tidak undangan resmi.

 

jenis surat undangan

 

Ayo Berdiskusi
Bersama temanmu, diskusikan persamaan dan perbedaan antara undangan resmi, setengah resmi, dan tidak resmi dengan menggunakan tabel di bawah ini!

 

 

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita mendapatkan undangan untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Nah agar orang yang kita harapkan dapat hadir, maka perlu undangan untuk memberitahukan secara rinci acara yang akan dilaksanakan.

 

Pernahkan Sobat BW membuat undangan untuk orang lain? Atau pernah mendapakan undangan untuk menghadiri suatu acara?

 

Undangan biasanya perisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan, bahasa yang digunakan juga kalimat yang efektif yaitu kalimat singkat, padat, dan jelas.

 

Semoga bermanfaat ya..