Apa tema yang akan diangkat dalam cerita fantasi kalian?

Kunci Jawaban Kegiatan 12 Menulis Cerita Fantasi Sederhana, Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 65 Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Berita Warganet – Kunci Jawaban Kegiatan 12 Menulis Cerita Fantasi Sederhana, Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 65 Kurikulum Merdeka.

Dalam artikel ini telah disiapkan untuk Sobat yang ingin mengetahui Jawaban dari soal buku Bahasa Indonesia kelas 7 Kegiatan 12: Menulis Cerita Fantasi Sederhana, Ikuti langkah-langkah menyusun cerita fantasi berikut Penjelasan Lengkap untuk Bahasa Indonesia SMP Kelas VII.

Langsung simak penjelasannya dan jawabannya di bawah ini:

Sampai saat ini cerita fantasi masih digemari oleh berbagai kalangan usia. Cobalah menuliskan cerita fantasi kalian sendiri. Upayakan untuk menciptakan tokoh yang memikat dengan cara mengatasi permasalahan yang menarik. Kalian dapat membuatnya dalam format cerita mini seperti “Bola-Bola Waktu” atau format komik seperti “Kue-Kue Mao” dan “Keberanian Emas”. Ikuti langkah-langkah menyusun cerita fantasi berikut.

(1) Apa tema yang akan diangkat dalam cerita fantasi kalian?

(2) Siapa tokoh dalam cerita kalian?

(3) Di mana latar terjadinya cerita kalian?

(4) Gambarlah kerangka alur cerita kalian dalam diagram alur. Gunakan diagram alur teks naratif di atas untuk membantu kalian!

(5) Kembangkan cerita fantasi kalian!

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 2 Pembelajaran Versi Kurikulum Merdeka Topik 2 Kurikulum Merdeka

(6) Terakhir, berilah judul yang menarik untuk hasil karya kalian!

Dengan mengembangkan kerangka di atas menjadi teks naratif, kalian berlatih untuk menulis cerita fantasi sederhana untuk menyampaikan amanat tertentu.

Jawaban:

1. Jawab: Magic

2. Jawab: Leana, Nenek, dan Vita.

3. Jawab: Rumah dan sekolah.

Buku Permintaan

Leana seorang gadis yang berusia 17 tahun hidup bersama dengan Neneknya. Saat masih berusia 5 tahun kedua orang tuanya meninggal karena kecelakaan. Hingga sejak saat itu dia dirawat oleh sang Nenek.

Suatu hari, saat sedang membersihkan pekarangan rumah tiba-tiba seorang kakek tua menghampirinya dengan keadaan lusuh.

Dengan suara lirih kakek tersebut meminta sedekah sambil berkaca-kaca karena sudah dua hari tidak dapat mengisi perut.

Leana yang merasa iba, kemudian memberikan selembar uang yang ada di saku celananya. Uang Rp. 10.000 yang diberikan Nenek untuk jajan di sekolah.

Meskipun, dia membutuhkan uang itu tapi dia tidak tega melihat kondisi Kakek tersebut yang tampak sangat mengenaskan.

“Maaf yah, Kek. Saya cuma punya segini,” ucapnya.

Kakek tersebut lantas bersyukur dan mendoakan Leana, karena tidak ingin pergi begitu saja dia memberikan sebuah buku bersampul cokelat kulit kepada Leana.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Kegiatan Tetap Rileks Saat di Kelas, Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 80 Kurikulum Merdeka

Awalnya gadis itu menolak, tapi sang Kakek tidak putus asa dan terus membujuknya.

Malam harinya, Leana melihat buku itu dan memutuskan untuk mencoba menulis keinginannya.

Dia sangat ingin sepatu baru, karena sepatunya sudah rusak sementara dia tidak mungkin meminta uang kepada Neneknya yang hanya bekerja sebagai tukang jahit.

Namun, alangkah terkejutnya dia setelah beberapa detik menuliskan permintaannya, sepasang sepatu baru tiba-tiba ada di depannya.

Dia berteriak kegirangan dan mencari sang Nenek. Esoknya semua teman sekelasnya memuji sepatunya, membuat Vita yang tidak menyukai Leana menjadi iri.

Sejak saat itu, dia menggunakan buku tersebut dengan bijak. Leana tidak lagi membawa uang saku ke sekolah, dia hanya perlu ke belakang sekolah dan menulis permintaannya. Sebungkus roti dan satu kotak susu.

Vita yang melihat kejadian tersebut menjadi terkejut. Dia ingin mendapatkan buku itu, sampai saat Leana keluar meninggalkan kelas dan keadaan sekitar sepi, Vita segera melancarkan aksinya.

Sementara itu, Leana baru menyadari jika bukunya hilang saat pulang dari sekolah. Neneknya berusaha menghibur cucunya yang hanya bisa menangis.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Uji Kompetensi halaman 102 kelas 9

“Buku itu mungkin memang bukan milik kita, ingat semua yang ada di bumi adalah titipan,” nasihat sang Nenek.

Di lain sisi, Vita terus menulis semua permintaannya. Saat jam istirahat dia berniat mencelakai Leana dengan meminta agar sepatu Leana yang seringkali dipuji temannya itu terbakar.

Nahasnya yang terbakar adalah sepatunya sendiri dan berhasil membuat Vita berteriak panik. Hingga tanpa sengaja dia menjatuhkan buku tersebut dan ikut terbakar.

Yah, Vita tidak tahu jika buku tersebut hanya untuk kebaikan, ketika seseorang menggunakannya untuk kejahatan, maka niat jahat tersebut akan kembali kepadanya.

Disclaimer:

  1. Kunci jawaban pada unggahan Berita Warganet tidak mutlak kebenarannya
  2. Unggahan ini bisa Sobat Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
  3. Kunci jawaban pada unggahan Berita Warganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Demikian tadi mengenai pembahasan kunci jawaban dari buku Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kegiatan 12: Menulis Cerita Fantasi Sederhana Halaman 65 yang dapat Sobat gunakan sebagai bahan belajar, Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi Sobat.