Kunci Jawaban Makna Penting Persatuan dan Kesatuan

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Makna Penting Persatuan dan Kesatuan. Setiap manusia memiliki karakteristiknya masing-masing, hal inilah yang membuat setiap manusia unik dan berbeda satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini kadang membuat adanya perbedaan pandangan, sikap, dan juga budaya tetapi semua itu tidaklah masalah jika setiap manusia memiliki nilai persatuan dan kesatuan dalam dirinya.
Sobat BW, apakah sikap persatuan dan kesatuan itu penting dalam menjalani kehidupan di masyarakat?

 

Sikap persatuan dan kesatuan peting dimiliki masyarakat agar tercipta kehidupan yang damai dan saling memiliki satu sama lain, sehingga dalam hidup bermasyarakat lebih tenang dan nyaman. Seperti cerita Paman Siti dan para tetangganya melakukan kerja bakti bersama. Bagaimana ceritanya, mari kita simak bersama.

 

Perhatikan gambar berikut. Paman Siti dan para tetangga bekerja sama membersihkan lingkungan rumah. Mereka juga mengganti bola lampu yang mati untuk penerangan di depan rumah masing-masing. Kegiatan mereka demi keamanan dan kenyamanan semua warga kampung. Kegiatan mereka itu mencerminkan hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan.

Baca Juga :  Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, guru membawa miniatur lapangan sepak bola. Hal ini sebagai upaya guru

 

sikap persatuan dan kesatuan

 

Ayo Berdiskusi

Kunci Jawaban Makna Penting Persatuan dan Kesatuan – Ada perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Sebaliknya, ada pula perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Coba diskusikan secara kelompok bersama tiga orang temanmu perilaku tersebut. Kemudian, tuliskan contoh-contoh dari kedua perilaku tersebut dalam tabel berikut.

 

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan

1. Membersihkan lingkungan bersama-sama

2. Melakukan kegiatan gotong royong

3. Bekerjasama dalam menyelesaikan masalah

4. Tidak mempermasalahkan perbedaan antar golongan

 

Contoh Perilaku yang Tidak Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan

1. Tidak pernah ikut serta dalam membersihkan lingkungan.

2. Tidak mau mengikuti gotong royong

3. Selalu bersikap individual dengan mementingkan kepentingan diri sendiri dan mengesampingkan kepentingan bersama

4. Mempermasalahkan perbedaan antar golongan

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Menemukan Garis Horizontal dan Garis Vertikal"

Dari segi geografis, Negara Indonesia membentang antara 6 ° LU-11° LS dan 95° BT dan 141° BT, yaitu dari Sabang sampai Marauke. Oleh karena itu, perlu adanya rasa persatuan dan kesatuan. Apakah kamu mengetahui makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia? Bacalah tulisan berikut.

Makna Penting Persatuan dan Kesatuan

Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.

2. Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.

3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Jenis Usaha dengan Mengolah SDA

 

Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

 

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Makna Penting Persatuan dan Kesatuan – Untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dibuatlah iklan ajakan atau seruan seperti berikut.

iklan persatuan dan kesatuan

Ingatkah kamu yang dimaksud dengan iklan? Tuliskan dalam kolom berikut.

 

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

 

Nah, itulah Sobat BW makna penting dari persatuan dan kesatuan dimana masyarakat saling memiliki sikap toleransi terhadap perbedaan dan menjadikan perbedaan sebagai sarana untuk saling melengkapi dan hidup berdampingan dengan aman dan nyaman.

 

Semoga bermanfaat ya..