Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 53 IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 53 IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 11 halaman 93 Seni Lukis Pada Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 53. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Jelaskanlah peristiwa-peristiwa di bawah ini dari segi keadaan partikel-partikelnya.

a. Kalian tidak dapat menghancurkan baja dengan tangan kalian.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Apakah Puisi Rakyat itu? Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 37 SMP/MTS BAB 2 Berkelana di Dunia Imajinasi, Kurikulum Merdeka

b. Susu dapat mengalir dan mengikuti bentuk gelas atau cangkir atau termos.

c. Kalian dapat merasakan hembusan angin di wajah kalian.

Jawaban:

a. Tangan tidak bisa menghancurkan baja karena tangan bersifat lunak dan baja bersifat keras.

b. Karena susu merupakan zat cair dimana dalam partikelnya memiliki jarak sehingga partikel-partikel ini dapat bergerak sehingga zat cair memiliki volume yang tetap dan bisa mengalir dan berubah sesuai wadahnya.

c. Angin bisa menembus karena gas, gas yang dapat membuat kita merasakanya.

2. Apakah difusi terjadi lebih cepat dalam cairan atau gas? Jelaskan.

Jawaban:

Difusi terjadi pada gas seperti udara dan cairan seperti air karena partikelnya dapat bergerak dan saling bertabrakan secara acak.

Suatu zat dapat berdifusi lebih cepat melalui gas daripada melalui cairan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Unsur-Unsur Budaya

Hal ini karena partikel dalam gas lebih menyebar dan bergerak lebih cepat dibandingkan partikel dalam cairan

3. Apabila gula pasir dipindahkan dari satu wadah ke wadah yang lain, apa yang terjadi? Apakah gula pasir termasuk zat padat atau zat cair? Jelaskan alasan kalian.

Jawaban:

Apabila gula pasir dipindahkan dari satu wadah ke wadah yang lain, yang terjadi adalah gula pasir sebagai suatu kesatuan tidak akan berubah bentuk sesuai dengan wadahnya namun sebagai satuan gula pasir, tidak ada perubahan bentuk sehingga gula pasir termasuk zat padat​ (D).

4. Bayangkanlah kalian dan teman-teman kalian adalah partikel air. Buatlah cerita tentang diri kalian, mulailah dengan wujud air sebagai zat padat atau es, uraikanlah perubahan yang terjadi pada diri kalian saat kalian berubah menjadi cair dan kemudian kalian berubah wujud menjadi gas.

Jawaban:

Kami sekarang adalah sekumpulan es batu yang baru saja dimasukkan ke dalam gelas dan diamkan begitu saja oleh pemiliknya. Karena terlalu lama dan suhu ruang yang panas, kami pun berubah mencair menjadi kumpulan partikel air dalam gelas.

Sang pemelik es batu, melihat es batu yang sudah mencair dan tidak lagi dingin, akhirnya memutuskan untuk membuang kami ke luar ruangan, di halaman yang sedang panas. Kami (sekumpulan partikel air) menghadapi matahari yang terik akhirnya berubah wujud menjadi gas. Walaupun sebagain dari kami terserap ke dalam tanah.

5. Ketika Dewi baru pulang sekolah dan hendak memasuki rumahnya, ia sudah dapat merasakan wangi melati padahal sumber pengharum ruangan tersebut diletakkan di ruangan keluarga, yang berada di bagian belakang rumah. Jelaskan mengapa hal ini bisa terjadi.

Jawaban:

Ketika Dewi baru pulang sekolah dan hendak memasuki rumahnya, ia sudah dapat merasakan wangi melati padahal sumber pengharum ruangan tersebut diletakkan di ruangan keluarga, yang berada di bagian tengah rumah. Hal ini bisa terjadi karena wangi melati tersebut sudah menguap dan tersebar ke udara.

Menguap adalah suatu proses perubahan wujud dari cair menjadi gas (uap) akibat menerima kalor (panas).

6. Buatlah model partikel dengan menggunakan barang-barang bekas pakai yang ada di sekitar kalian. Model kalian memiliki tiga lapisan, yaitu padat pada lapisan paling bawah, di tengah adalah lapisan partikel zat cair dan bagian paling atas adalah partikel-partikel dalam gas.

Jawaban:

Buatlah dengan kelompok

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.