Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 67 Perubahan Fisika dan Kimia IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 67 Perubahan Fisika dan Kimia IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 67. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Perubahan Fisika dan Kimia. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Ketika kalian makan, perubahan apa saja yang terjadi pada makanan tersebut? Perubahan apa yang terjadi pada tubuh kalian? Identifikasi semua perubahan selama proses makan sebagai perubahan fisika atau kimia dan berikan alasannya.

Jawaban:

Salah satu perubahan materi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah perubahan materi selama proses makan makanan.

Tahap pertama adalah makanan masuk melalui mulut yang dikunyah secara mekanik (perubahan fisika) oleh organ mulut. Selain itu makanan juga akan bercampur dengan kelenjar mulut (perubahan kimia). Makanan yang sudah dikunyah akan melewati faring atau persimpangan saluran dari rongga mulut ke kerongkongan. Kemudian makanan akan didorong menuju lambung dengan gerakan peristaltik.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Urang Kanekes, Si Suku Baduy"

Makanan yang berada dilambung akan mengalami perubahan fisika yaitu makanan akan diremas-remas di dalam lambung. Selain itu juga terdapat perubahan kimia yaitu makanan dicerna oleh asam lambung, enzim pepsin, dan renin.

Makanan didorong lagi menuju usus halus kemudian terjadi penyerapan sari-sari makanan. Dari usus halus, makanan akan didorong ke dalam usus besar. Fungsi usus besar adalah tempat untuk menyerap air dan mineral dari sisa-sisa makanan. Makanan yang sudah dicerna akan dikeluarkan melalui anus.

Jadi Perubahan yang terjadi selama proses makan sebagai perubahan fisika atau perubahan kimia adalah:

Perubahan fisika

Ketika makanan dikunyah secara mekanik.

Makanan diremas-remas di dalam lambung

Perubahan kimia

Ketika makanan yang dikunyah bercampur dengan kelenjar mulut

Makanan dicerna oleh asam lambung, enzim pepsin, dan renin.

2. Dengan menggunakan peta konsep atau jaring laba-laba (spider-web), buatkan ringkasan subbab B dan C mengenai perubahan zat. Upayakanlah peta konsep kalian menarik agar dapat terus kalian gunakan saat mempelajari kembali topik ini. Setelah itu, dengan menggunakan peta konsep atau jaring laba-laba yang telah kalian buat, jelaskanlah mengenai perubahan zat kepada teman, saudara atau orang tua kalian. Apabila kalian menggunakan pemahaman dan kata-kata sendiri, akan lebih mudah bagi kalian untuk menjelaskan. Catatlah pertanyaanpertanyaan yang diajukan teman, saudara atau orang tua kalian untuk didiskusikan dengan guru kalian pada pertemuan selanjutnya.

Jawaban:

Baca Juga :  Cara Daftar Program Magang Kampus Merdeka, Buka Sampai 20 Januari! Daftar Sekarang

Perubahan zat terdiri atas perubahan fisika dan perubahan kimia:

Perubahan fisika: hanya berubah ukuran, namun zat tetap sama. Contohnya adalah penguapan, pengembunan, penghancuran, dan pembekuan.

Perubahan kimia: terjadi zat baru. Ciri-cirinya adalah perubahan warna, terbentuk gas, perubahan energi.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.