Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 99 Proses Memasak Air SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 99 Proses Memasak Air SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Cek Pemahaman halaman 148 149 dan 150 Potensi Geotermal Indonesia IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 99. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Proses Memasak Air. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Air akan lebih cepat mendidih jika panci yang digunakan untuk memasak air tersebut dalam keadaan tertutup. Jelaskanlah menurut pemahaman kalian, mengapa air akan lebih cepat mendidih jika panci yang digunakan untuk memasak air tersebut dalam keadaan tertutup.

Jawaban:

Baca Juga :  Jawaban Mengidentifikasi Kemunculan Latar Belakang Penulis

Panci yang tertutup saat memasak air berguna untuk mengurung panas yang dihasilkan oleh permukaan air ketika proses pemanasan.

Panas yang terjebak di bawah tutup panci selain bisa membantu dalam mengurangi tekanan udara di atas permukaan, juga membantu membuat pemanasan air berjalan dalam dua arah.

2. Mengapa air yang dilarutkan garam mendidih lebih lama jika dibandingkan dengan air biasa? Berikan penjelasannya berdasarkan konsep kalor yang telah kalian pelajari.

Jawaban:

Penambahan zat lain ke dalam air adalah suatu proses pencampuran zat yang dapat mengakibatkan air menjadi tidak murni lagi. Ketidakmurnian inilah mengakibatkan air menjadi cenderung lebih lama untuk dididihkan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 8.3 199 200 dan 201 Pemanasan Global Konsep dan Solusi IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Hal ini karena faktor koefisien muai air yang sudah tercampur menjadi berubah. Garam termasuk bahan yang memiliki kalor jenis yang kecil. Oleh karena itu memerlukan kalor yang lebih banyak untuk melarutkannya.

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.