Kunci Jawaban Matematika Latihan 4.2 Kelas 9 Halaman 226

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Matematika Latihan 4.2 Kelas 9 Halaman 226. Pada mata pelajaran matematika kelas 9 Sobat BW akan mendapat materi tentang kekongruenan dan kesebangunan.

Kali ini, beritawarganet akan membahas kunci jawaban matematika Soal Latihan 4.2. Pertanyaan ini bisa sobat BW temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 9 halaman 226.

Kunci Jawaban Matematika 9 Latihan 4.2 Halaman 226

Pembahasan berikut bisa sobat BW simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah sobat BW kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya!

Selesaikan soal-soal berikut ini dengan benar dan sistematis.

Jawaban Nomor 1-6 silahkan sobat BW simak di sini

 

7. Perhatikan gambar di bawah ini. Titik M adalah titik tengah QR. Garis XM dan YM masing-masing tegak lurus pada PQ dan PR. Panjang XM = YM. Buktikan bahwa ΔQMX ≅ ΔRMY

Baca Juga :  Soal PTS / UTS IPA Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013

Jawaban :

Kunci Jawaban Matematika Latihan 4.2 Kelas 9 Halaman 226

 

8. Diketahui SR//PQ, OP = OQ, OS = OR. Ada berapa pasang segitiga yang kongruen? Sebutkan dan buktikan.

Jawaban :

Kunci Jawaban Matematika Latihan 4.2 Kelas 9 Halaman 226

 

9. Apakah dua segitiga yang mempunyai tiga pasang sudut-sudut yang bersesuaian sama besar pasti kongruen? Jelaskan dengan alasan yang mendukung jawabanmu

Jawaban :

Pada dua segitiga, sudut yang sama belum tentu kongruen. Untuk memenuhi syarat segitiga kongruen setidaknya harus diketahui satu sisi yang sama panjang yang dihimpit oleh dua sudut yang sama besar, sehingga memenuhi kriteria sudut – sisi – sudut.

 

10. Apakah dua segitiga yang mempunyai dua pasang sisi yang bersesuaian sama panjang dan sepasang sudut yang bersesuaian sama besar pasti kongruen? Jelaskan dengan alasan yang mendukung jawabanmu

Baca Juga :  Jawaban Tugas Menelaah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Jawaban :

Dua buah segitiga yang memiliki dua pasang sisi yang bersesuaian sama panjang dan sepasang sudut yang bersesuaian sama besar pasti kongruen, karena penyataan tersebut adalah kriteria segitiga kongruen sisi-sudut-sisi.

 

12. Chan ingin mengukur panjang sebuah danau tetapi tidak memungkinkan mengukurnya secara langsung.

Dia merencanakan suatu cara yaitu ia memilih titik P, Q, R dan mengukur jarak QP dan RP (lihat ilustrasi gambar). Kemudian memperpanjang QP menuju ke Q’dan RP menuju ke R’ sehingga panjang QP =PQ’ dan RP = PR’ . Chan menyimpulkan bahwa dengan mengukur panjang Q’R’ dia mendapatkan panjang danau tersebut. Apakah menurutmu strategi Chan benar? Jelaskan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Apa itu Garis Sejajar dan Garis Berpotongan?"

Jawaban

Benar. Dengan menggunakan konsep dua segitiga kongruen. ΔPQR pasti sebangun dengan ΔPQ’R’ karena memenuhi kriteria kekongruenan dua segitiga sisi – sudut – sisi, yaitu:

PQ = PQ’
m∠QPR = m∠Q’PR’’
PR = PR’

Jadi, panjang danau QR = Q’R’.

 

Penutup

Sekian penjelasan yang bisa BW bagikan. Jangan lupa simak pembahasan-pembahasan lainnya pada unggahan BW yang lain ya sob! Semoga bermanfaat

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan BW tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa sobat BW gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Kunci jawaban pada unggahan BW mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain