Kunci Jawaban Mengenal Tangga Nada

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Mengenal Tangga Nada. Sobat BW, apakah kalian suka menyanyi? Lagu tema apa yang sering kalian nyanyikan?

Ada lagu yang ketika dinyanyikan akan membuat perasaan orang lain senang mendengarnya karena lirik dan nadanya ceria, ada juga lagu yang ketika dinyanyikan membuat perasaan sedih karena lirik dan nadanya.

Tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Nah Sobat BW, kali ini kita akan membahas tangga nada diatonis. Bacalah uraian berikut.

 

Mengenal Tangga Nada

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, misalnya 12345671. Dalam seni musik, tangga nada dibagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri atas tujuh nada.

Tangga nada diatonis terdiri atas beberapa jenis.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Proses Pembentukan NKRI

 

a. Tangga nada diatonis mayor

Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang susunan nadanya berjarak 1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2. Contoh tangga nada mayor sebagai berikut.

 

Tangga nada diatonis mayor
Tangga nada diatonis mayor

 

b. Tangga nada diatonis minor

Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanya 1 – 1/2-1-1- 1/2- 1 – 1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu minor asli, minor harmonis, dan minor melodis.

 

1.Tangga nada minor asli

Tangga nada minor asli masih merupakan nada-nada pokok, belum mendapat nada sisipan. Berikut contoh tangga nada minor asli.

Tangga nada diatonis minor asli
Tangga nada diatonis minor asli

 

2. Tangga nada minor harmonis

Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada dengan nada ketujuh dinaikkan setengah laras. Pada saat turun jaraknya tetap sama. Berikut contoh tangga nada minor harmonis.

 

Tangga nada diatonis minor harmonis
Tangga nada diatonis minor harmonis

3. Tangga nada minor melodis

Tangga nada minor melodis  adalah tangga nada minor asli dengan nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun nada ke-6 dan ke-7 diturunkan setengah laras.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Sumber Energi Listrik

 

Tangga nada diatonis minor melodis
Tangga nada diatonis minor melodis

 

Tangga nada mayor dan minor akan terdengar perbedaannya jika dimainkan dengan alat musik. Lagu dengan tanda mayor jika dimainkan akan terdengar ceria. Berbeda dengan lagu dengan tangga nada minor, lagu dengan tangga nada minor jika dimainkan akan terdengar sedih. Walaupun demikian, lagu minor yang syairnya lucu dengan tempo cepat, akan terkesan gembira. Kecepatan sangat memengaruhi kesan.

 

Lagu yang berjudul “Air” adalah contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor. Adapun lagu yang menggunakan tangga nada minor, contohnya lagu “Gugur Bunga” ciptaan Ismail Marzuki.

 

 

 

Kunci Jawaban Mengenal Tangga Nada

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Gugur Bunga” dan lagu “Ayam den Lapeh” tersebut?

Yang saya rasakan ketika menyanyikan kedua lagu tersebut adalah saya merasa senang sekaligus sedih karena kedua lagu tersebut mempunyai dua sisi yaitu ayam den lapeh yang bernada riang sedangkan lagu gugur bunga yang sangat bernotasi menyedihkan

 

Apakah lagu-lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo cepat?

Baca Juga :  Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Tidak semuanya, hanya pada lagu ayam den lapeh saja yang menggunakan tempo cepat. Pada lagu Gugur Bunga kita harus menggunakan tempo lambat karena isi lagunya yang merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan.

 

Apa isi syair pada lagu di atas?

Isi lagu gugur bunga yaitu mengenai penghormatan kepada pahlawan negara yang gugur selama Revolusi Nasional Indonesia, lagu ini menceritakan tentang kematian seorang prajurit, dan perasaan penyanyi tentang peristiwa itu. Isi lagu ayam den lapeh adalah tentang kisah seorang yang mengekspresikan perasaan kehilangan sesuatu yang berharga bagi kehidupannya.

 

Kunci Jawaban Mengenal Tangga Nada – Nah Sobat BW, setelah kalian menyanyikannya lagu ”Gugur Bunga” dan lagu “Ayam den Lapeh” diiringi dengan alat musik maka kalian akan merasakan perbedaan antara kedua lagu tersebut.

Lagu Gugur Bunga menggambarkan tentang penghormatan penulis lagu terhadap gugurnya para pahlawan selama Rovolusi Nasional Indonesia, sedangkan lagu Ayam den Lapeh menggambarkan tentang perasaan kehilangan akan sesuatu yang berharga.

Semoga bermanfaat ya..