menghargai jasa pahlawan
menghargai jasa pahlawan

Kunci Jawaban Menghargai Jasa Para Pahlawan

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Menghargai Jasa Para Pahlawan. Penjajahan menumbuhkan sikap kepahlawanan dan patriotisme bagi masyarakat Indonesia. Dengan sikap kepahlawanan dan patriotisme, masyarakat Indonesia sadar bahwa kemerdekaan tidak akan pernah terwujud jika tidak ada kesatuan dan rasa cinta terhadap tanah air. Tapi Sobat BW, sikap kepahlawanan dan patriotisme tidak hanya dibutuhkan dalam meraih cita-cita kemerdekaan bangsa saja. Namun, juga dibutuhkan dalam mengisi kemerdekaan.

 

Ingatlah sikap kepahlawanan dan patriotisme yang ditunjukkan oleh seorang guru. Manfaat apa yang kamu rasakan terhadap sikap kepahlawanan dan patriotisme guru? Karena guru, kamu bisa membaca, menulis, dan berhitung serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kamu pun diarahkan untuk menguasai berbagai keterampilan.

 

Bisakah kamu membayangkan jika seorang guru tidak memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme? Pasti kamu akan menjadi anak yang miskin ilmu dan keterampilan. Kamu akan tumbuh menjadi generasi yang tertinggal. Guru merupakan pahlawan masa kini bagi kita. Kita harus menghargai jasa-jasanya.
Berbagai peristiwa dari masa penjajahan, pergerakan dan kebangkitan nasional, Proklamasi Kemerdekaan, dan usaha mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara telah melahirkan banyak pejuang dan pahlawan bagi bangsa kita. Jasa mereka begitu besar. Kita pun harus bisa menghargainya. Bagaimanakah caranya? Bacalah bacaan berikut dengan saksama.

 

Ayo Membaca

Menghargai Jasa Para Pahlawan

Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan. Pepatah itu mengingatkan kita untuk selalu menghargai jasa para pahlawan. Para pahlawan telah berjuang dengan mengorbankan harta, benda, jiwa, bahkan nyawanya untuk meraih kemerdekaan seperti yang sekarang ini kita nikmati. Berkat pengorbanan dan pengabdiannya, bangsa kita bisa terlepas dari penjajahan dan menjadi negara yang merdeka, bebas, dan berdaulat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 7.5 halaman 169 dan 170 Ekosistem IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

 

Kini kamu sebagai putra putri penerus bangsa mempunyai tugas untuk meneruskan cita-cita para pahlawan. Kamu berkewajiban melanjutkan perjuangan pahlawan sebagai pahlawan pembangunan mewujudkan bangsa Indonesia yang sejahtera, aman, damai, tertib, tenteram, dan bahagia. Dengan demikian, kamu telah turut menghargai jasa para pahlawan.

 

Untuk menjadi pahlawan pembangunan, kamu dapat menerapkan nilai-nilai kepahlawanan yang telah ditunjukkan mereka. Berikut nilai-nilai kepahlwanan yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-harimu.

 

1. Rela Berkorban

Sikap rela berkorban adalah sikap yang lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Sikap rela berkorban dapat dibiasakan di lingkungan rumah, keluarga, dan masyarakat. Kita harus peduli kepada orang lain.

 

2. Berjiwa Besar

Berjiwa besar adalah sikap yang mau menerima segala yang terjadi dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Berjiwa besar dapat diwujudkan dengan mau menerima kekalahan dengan ikhlas, meminta maaf dan memberi maaf.

 

Ayo Berlatih

Pahamilah bacaan di atas! Kemudian, tuliskan cara menghargai jasa para pahlawan bangsa!

menghargai jasa pahlawan

 

Ayo Berlatih

Ayo Belajar dari Masalah

1. Bel tanda masuk berbunyi. Semua siswa masuk kelas. Ketika akan masuk kelas, tidak sengaja Bambang menginjak kaki Heru. Bambang minta maaf kepada Heru. Tetapi, Heru justru memarahi Bambang. Heru menganggap Bambang sengaja menginjak kakinya. Persoalan sepele tersebut menjadi besar.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Soal Ringkasan halaman 87 kelas 7

Jika kamu menjadi Heru, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Bambang?

Memaafkan Bambang karena dia tidak sengaja menginjak kaki Heru

Jika kamu menjadi Bambang, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Heru?

Menjelaskan bahwa Bambang tidak sengaja menginjak kaki Heru dan meminta maaf kepada Heru

 

2. Di kelasmu sering diadakan ulangan harian. Pernahkah kamu mendapat nilai yang kamu harapkan dan nilai yang tidak kamu harapkan?

Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang kamu harapkan?

Senang dan terus belajar agar mendapat nilai harapan lagi

Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang tidak kamu harapkan?

Jika mendapat nilai yang tidak sesuai harapan maka saya akan belajar lebih giat agar mendapat nilai yang sesuai harapan

 

3. Di kelasmu, akan diadakan ulangan. Kamu ingin mendapat nilai bagus. Karena itu, kamu pun belajar dengan tekun.

Bagaimana sikapmu saat menghadapi ulangan? Apa alasannya?

Serius dalam belajar, selaon itu juga berdoa agar mendapatkan nilai yang bagus

Jika ada temanmu yang meminta jawabanmu, apakah kamu rela memberikannya? Mengapa demikian?

Saya tidak rela memberikan jawaban saya kepada teman, karena ulangan seharunya dikerjakan masing-masing untuk mengukur kemampuan diri terhadap materi yang sudah dipelajari.

 

4. Setiap berangkat ke sekolah, Andi dan Agus selalu bersama-sama. Mereka berjalan kaki. Saat berjalan kaki, tiba-tiba seorang nenek jatuh persis di hadapan mereka. Agus dan Andi terus berjalan karena takut terlambat masuk sekolah. Padahal, nenek itu membutuhkan pertolongan mereka untuk bisa berdiri.

Apakah sikap Andi dan Agus mencerminkan sikap rela berkorban? Mengapa?

Baca Juga :  Komponen Pada Pemroses (Kotak Besar) Terdiri Atas, Sebutkan!

Sikap Andi dan Agus tidak mencerminkan sikap rela berkorban, karena Andi dan Agus meninggalkan nenek yang membutuhkan bantuan.

Jika kamu menjadi Agus atau Andi, tindakan apa yang akan kamu lakukan?

Menolong nenek tersebut lalu berangkat ke Sekolah

 

5. Saat Pak Guru sedang menjelaskan di depan kelas, ada dua orang temanmu yang asyik berbicara sendiri. Mereka tidak memperhatikan penjelasan Pak Guru.

Bagaimana sikapmu terhadap dua temanmu itu? Mengapa demikian?

Menasihati teman tersebut agar memperhatikan penjelasan yang disampaikan pak guru, karena jika mereka tidak memperharikan penjelasan pak guru dan tidak memahami materi maka mereka sendiri yang akan rugi

Bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan oleh kedua temanmu saat Pak Guru sedang mengajar? Mengapa demikian?

Seharusnya teman tersebut memperhatikan penjelasan guru yang sedang mengajar, agar mereka paham tentang materi yang sedang dijelaskan

 

Sobat BW menghargai jasa para pahlawan merurpakan tugas kita sebagai generasi penerus. Guru merupakan salah satu pahlawan yang masih bisa kita temui sampai saat ini. Mengapa demikian Sobat BW?

Guru merupakan salah satu pahlawan karena mereka dengan kemampuan dan kerelaannya dalam meyalurkan pengetahuan yang mereka miliki kepada siswa-siswanya. Mereka tidak khawatir ilmu yang mereka miliki akan habis, karena mereka yakin bahwa siswa-siswanya dapat mengembangkan ilmu tersebut dengan mengantarkan mereka menjadi orang yang berilmu dan sukses di masa yang akan datang.

Sobat BW, kita juga harus menghormati guru-guru kita sebagaimana cara kita menghormati jasa para pahlawan.

Semoga bermanfaat ya..