peristiwa kedatangan bangsa barat
peristiwa kedatangan bangsa barat

Kunci Jawaban Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat. Rendang dan sop buntut merupakan contoh masakan nusantara yang menggunakan rempah–rempah asli Indonesia seperti cengkih dan pala. Rempah-rempah yang digunakan dalam membuat masakan bertujuan agar masakan yang dibuat lebih enak.
Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempah rempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah rempah?
Karena pada masa itu (pada Masa Pertengahan dan Renaisans), rempah-rempah merupakan komoditas yang sangat berharga. Rempah-rempah banyak memiliki kegunaan. Rempah-rempah juga sulit untuk didapatkan di Eropa dann langka. Sehingga harga rempah-rempah menjadi sangat mahal dan memberi keuntungan yang sangat besar bagi para pedagangnya

2. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa bangsa Eropa?
Nilai ekonomis rempah-rempah sangat tinggi. Hal ini karena digunakan dalam berbagai hal, seperti sebagai bumbu makanan, upacara keagamaan, dan pengobatan. Karena itu, permintaan terhadap rempah-rempah sangat tinggi. Kaum bangsawan dan kalangan atas di Eropa juga menjadikan rempah-rempah sebagai simbol sosial atau prestige.
Proses untuk membawa rempah-rempah dari daerah asalnya juga sangat memakan banyak waktu untuk membawa dari sumber asalanya di India dan Maluku ke Eropa. Sehingga dalam perdagangannya, rempah-rempah ini melalui berbagai perantara, yang menyebabkan harganya meingkan drastis.

3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
Karena rempah-rempah yang sangat berharga ini, bangsa Eropa berupaya menemukan jalur ke daerah penghasil rempah-rempah, yaitu di India dan Maluku. Bangsa Eropa ingin mendapatkan rempah-rempah langsung dari sumbernya dan mendapatkan untung yang besar.
Setelah bangsa Eropa menemukan daerah penghasil remah-rempah ini, mereka berusaha menguasai perdagangan dan produksi rempah-rempah ini melalui monopoli. Bangsa Eropa melakukan monopoli dengan paksa, dan melahirkan adanya penjajahan atau kolonialisme.
Bangsa Eropa yang pertama datang ke Indonesia adalah Portugis. Portugis kemudian berupaya menguasai perdagangan rempah-rempah ini dan berupaya memaksakan monopoli.

Kunci Jawaban Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat. Salah satu peristiwa tidak menyenangkan yang dialami oleh bangsa Indonesia adalah penjajahan yang berlangsung cukup lama. Tahukah Sobat BW hubungan antara cengkih dan penjajahan yang dialami oleh bangsa kita?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Kongres Perempuan Indonesia

Cengkih memiliki banyak manfaat. Sebagai bumbu masak, cengkih digunakan dalam bentuk bunga utuh atau dalam bentuk bubuk. Cengkih juga dimanfaatkan oleh bangsa China dan Jepang sebagai dupa. Selain itu, minyak cengkih digunakan sebagai aroma terapi dan obat sakit gigi.

Pohon cengkih banyak manfaatnya sehingga menjadikannya bernilai ekonomis tinggi. Oleh karena itulah, cengkih merupakan salah satu bahan rempah-rempah yang menjadi buruan bangsa-bangsa Eropa. Hal itu memicu terjadinya penjajahan di Indonesia.
Bangsa kita mengalami penjajahan cukup lama. Selama masa penjajahan, bangsa kita mengalami penderitaan akibat adanya penindasan. Pada masa pemerintahan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, datanglah orang-orang Eropa yang mengadakan pelayaran samudra. Kedatangan orang orang Eropa di Nusantara mula-mula disambut baik oleh bangsa Indonesia. Namun, ketika orang-orang Eropa itu berusaha menguasai Nusantara, mereka mendapat reaksi keras berupa perlawanan-perlawanan di berbagai daerah.
Lalu, apa sebenarnya yang melatarbelakangi bangsa-bangsa Eropa tersebut datang ke Indonesia dan akhirnya menjajah bangsa Indonesia? Ayo, kita cari tahu faktor-faktor yang melatarbelakangi kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia!

 

Ayo Membaca

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra antara lain sebagai berikut.

a. Adanya keinginan mencari kekayaan (gold)

Kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Sekitar abad XV di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal. Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

Baca Juga :  Mengelola File (Copy, Save, Sort, Delete) Penjelasan Lengkap Tentang Sistem Operasi

b. Adanya keinginan menyebarkan agama (gospel)

Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus. Misi khusus tersebut adalah menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tugas mereka ini dianggap sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis.

c. Adanya keinginan mencari kejayaan (glory)

Di Eropa, ada suatu anggapan bah wa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory). Dengan adanya anggapan ini, negara negara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak banyaknya.

d. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Contohnya seperti berikut.

1) Dikembangkannya teknik pembuatan kapal yang dapat digunakan untuk mengarungi samudra luas.

2) Ditemukannya mesiu untuk persenjataan. Senjata dapat digunakan untuk melindungi pelayaran dari ancaman bajak laut dan sebagainya

3) Ditemukannya kompas. Kompas digunakan sebagai penunjuk arah sehingga para penjelajah tidak lagi bergantung pada kebiasaan alam. Untuk menentukan arah, biasanya mereka berpedoman pada bintang sehingga jika angkasa tertutup awan, mereka tidak dapat meneruskan pelayarannya. Dengan kompas, mereka bebas berlayar ke arah mana pun tanpa gangguan, baik siang maupun malam.

 

Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!

1.Siapa yang dimaksud dengan bangsa Barat?

Yang dimaksud dengan bangsa barat pada bacaan tersebut adalah Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda.

2. Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa Barat melakukan penjajahan di Indonesia?

Yang melatarbelakangi bangsa Barat melakukan penjajahan di Indonesia adalah Indonesia memiliki sumber rempah-rempah (Gold) yang sangat melimpah

3.Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra?

Bangsa barat mulai melakukan penjelajahan samudra ketika dikembangkannya teknik pembuatan kapal untuk menjelajahi samudra, ditemukan mesiu untuk persenjataan, dan ditemukannya kompas.

4.Di mana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia?
Bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia di wilayah Malaka pada tahun 1511

5.Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra?

Alasan bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra adalah gold, gospel, glory, dan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi

6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 5 Dimensi Mandiri

Kondisi rakyat yang mengalami penjajahan adalah tidak mendapatkan kebebasan, tertindas, terjajah, serta mengalami penyiksaan secara batin dan fisik.

Ayo Berdiskusi
Kunci Jawaban Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat – Diskusikan teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat dengan teman sebangku mu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di bawah ini.

peristiwa kedatangan bangsa barat

 

Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi dapat kamu peroleh dari buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet!

 

 

Kunci Jawaban Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat – Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory).
Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!

Gold adalah memperoleh kekayaan dengan mencari dan mengumpulkan emas, perak, dan bahan tambang, serta bahan-bahan lain yang sangat berharga.

Glory adalah memperoleh kejayaan, superioritas, dan kekuasaan.

Gospel adalah menjalankan tugas suci untuk menyebarkan agama Kristen.

 

Tuliskan pendapatmu mengenai Semboyan 3G tersebut
Karena semboyan 3G merupakan motivasi terbesar bangsa barat melakukan penjelajahan di seluruh samudra, sebutan 3 g yaitu gold, glory, dan gospel

Ayo Berlatih

Buatlah pengandaian berkaitan dengan peristiwa kedatangan bangsa bangsa Eropa di Indonesia!

Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan … (menerima/menolak) kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.

Penjajah … (membantu/menyengsarakan) kehidupan rakyat Indonesia.

Sikap para penjajah awalnya … (baik/jahat). Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu …. (ramah dan suka menolong/menindas dan kejam).

 

Kunci Jawaban Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat – Sobat BW, ada beberapa faktor yang mendasari Bangsa Eropa datang ke Indonesia. Salah satu faktor yang mendorong bangsa Eropa datang ke Indonesia adalah karena Indonesia kaya akan rempah-rempah yang memiliki nilai jual tinggi di daerah Eropa. Bangsa Eropa ingin memperoleh rempah-rempah yang ada di Indonesia dan menjualnya kembali ke negara asal mereka. Hal inilah salah satu alasan yang mendasari Bangsa Eropa ingin menguasai rempah-rempah di Indonesia dangan menjajah Indonesia.

Semoga bermanfaat ya Sobat BW..