konferensi meja bundar

Kunci Jawaban Peristiwa Konferensi Meja Bundar

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Peristiwa Konferensi Meja Bundar. Perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan tidaklah mudah. Bentuk perjuangan yang dilakukan berupa perlawanan fisik ddan diplomasi. Setelah Proklamasi Kemerdekaan tibalah waktunya pengakuan kedaulatan Indonesia. Apa saja peristiwa yang mengiringnya?

 

Ayo, kita cari tahu bersama!

Masih ingatkah kamu salah satu isi Perjanjian Roem Royen? Ya, salah satu isinya adalah akan segera diselenggarakan Konferensi Meja Bundar (KMB). Bagaimanakah hasil dari KMB? Bacalah bacaan berikut dengan saksama!

 

Ayo Membaca

Peristiwa Pengakuan Kedaulatan Indonesia oleh Belanda

 

Tindak lanjut Perjanjian Roem Royen adalah diselenggarakannya Konfe rensi Meja Bundar atau yang disingkat dengan KMB. KMB dilaksanakan di Deen Haag, Belanda pada tanggal 23 Agustus-2 November 1949. Delegasi Belanda dipimpin olah Van Maarseven. Delegasi BFO atau Badan Musya warah Negara-Negara Federal dipimpin oleh Sultan Hamid II.

 

Adapun hasil KMB sebagai berikut.

1. Belanda akan menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir bulan Desember 1949.

2. Penyelesaian masalah Irian Barat ditunda setahun kemudian setelah penyerahan kedaulatan pada Republik Indonesia Serikat.

3. Republik Indonesia Serikat dan Belanda membentuk Uni yang dipimpin oleh Ratu Belanda berdasarkan kerja sama sukarela dan sederajat.

4. Republik Indonesia Serikat harus membayar utang kepada Belanda sejak tahun 1942.

5. Pembubaran KNIL dan memasukkan anggota KNIL ke APRIS.

6. Kapal-kapal perang Belanda ditarik kembali dari Indonesia.

7. Konstitusi Republik Indonesia Serikat dipermaklumkan kepada Kerajaan Belanda.

 

konferensi meja bundar

Selain itu, hasil KMB juga mengembalikan wilayah-wilayah Indonesia menjadi satu kesatuan, kecuali Irian Barat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 5.4 halaman 119 Mendeskripsikan Hubungan Antara Ukuran Partikel terhadap Luas Permukaan IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

 

Sesuai hasil kesepakatan dalam KMB, pada tanggal 27 Desember 1949, diadakan upacara pengakuan kedaulatan dari Pemerintah Belanda kepada Republik Indonesia Serikat. Namun sebelumnya, pada tanggal 17 Desember 1949, diadakan pelantikan Presiden Republik Indonesia Serikat, yaitu Ir. Soekarno. Pada tanggal 20 Desember 1949, Drs. Moh. Hatta dilantik sebagai Perdana Menteri Republik Indonesia Serikat.

 

Pengakuan kedaulatan Indonesia dilaksanakan di Belanda dan di Indonesia. Wakil Indonesia yang menandatangani pengakuan kedaulatan di negeri Belanda adalah Drs. Muh. Hatta dan wakil dari Belanda adalah Ratu Yuliana. Adapun proses penandatanganan di Indonesia, pihak Belanda diwakili oleh Lovink dan wakil Indonesia adalah Sultan Hamengkubuwono IX.

 

Dengan adanya pengakuan kedaulatan tersebut, berakhirlah penjajahan dan kekuasaan Belanda atas Indonesia. Peristiwa tersebut juga menandai berdirinya negara Republik Indonesia Serikat (RIS).

 

 

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan menggunakan prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

Kapan peristiwa KMB terjadi?

KMB terjadi pada 23 Agustus – 2 November 1949

 

Dimanakah peristiwa KMB dilaksanakan?

Peristiwa KMB diadakan di Den Haag Belanda

 

Siapakah tokoh-tokoh yang terlibat dalam KMB?

• Ir. Soekarno

• Moh Hatta

• Moh Roem

• dr Soepomo

• dr Johannes leimena

• dokter Sumitro Sastroamidjojo

• Mr Suyono hadinoto

• MR Abdul Karim pringgodigdo

• Kolonel T.B Simatupang

• Mr Ali Sastroamidjojo

 

Apa hasil KMB?

Hasil dari KMB yaitu Belanda menyerahkan kedaulatan kepada RI Serikat pada akhir Desember 1945 akan membentuk Uni Indonesia-Belanda

 

Baca Juga :  Jawaban Analisis Struktur Teks Anekdot

Bagaimana proses pengakuan kedaulatan Indonesia yang terjadi?

Proses terjadinya pengakuan kedaulatan yang dilakukan Belanda adalah melalui konferensi Meja Bundar di Den Haag pada tahun 1949.

Belanda tidak mengakui bahwa tanggal 17 Agustus 1945 adalah proklamasi kemerdekaan Indonesia karena tidak ingin ada tuntutan pertanggungajawaban atas agresi militer antara tahun 1945 dan 1949 dan karena adanya tekanan politis dari veteran tentara Belanda.

 

Apa makna KMB bagi bangsa Indonesia?

Makna Konferensi Meja Bundar (KMB) bagi bangsa Indonesia adalah bahwa KMB merupakan pengakuan kedaulatan Indonesia.

 

 

Ayo Berlatih

Bersama teman-temanmu, carilah informasi mengenai permasalahan berikut.

Salah satu hasil dari KMB adalah Belanda akan menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir Desember 1949.

Apakah Republik Indonesia Serikat itu (RIS)? Carilah informasi mengenai RIS. Informasi dapat kamu peroleh dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut.

1. Studi pustaka: mencari informasi melalui buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet.

2. Diskusi: dilakukan dalam diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas.

3. Wawancara: melakukan wawancara kepada orang yang memiliki pengetahuan seperti kepada Guru atau sejarahwan.

Setelah informasi kamu dapatkan, tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Republik Indonesia Serikat, disingkat RIS, adalah suatu negara federasi yang berdiri pada tanggal 27 Desember 1949 sebagai hasil kesepakatan tiga pihak dalam Konferensi Meja Bundar: Republik Indonesia, Bijeenkomst voor Federaal Overleg, dan Belanda.

 

Dengan adanya peristiwa KMB dan pengakuan kedaulatan Indonesia, bangsa Indonesia telah terlepas dari penjajahan. Bangsa Indonesia telah benar-benar menjadi negara merdeka dan berdaulat. Oleh karena itu, Indonesia berhak menentukan nasib bangsanya sendiri tanpa campur tangan dan tanpa penindasan dari negara lain. Hal inilah yang patut kita syukuri.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mengidentifikasi Sifat Zat Campuran

Bersyukur kepada Tuhan atas karunia berupa bangsa dan negara Indonesia merupakan bentuk cinta tanah air. Rasa syukur harus terus kita wujudkan dalam bentuk yang nyata oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun kita berada.

 

Ayo Bernyanyi

Nyanyikan lagu “Syukur” berikut bersama teman-temanmu dengan khidmat. Pahamilah makna lirik atau syairnya.

 

Ayo Berdiskusi

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu (4-5 orang). Tuliskan hasil diskusi kalian, lalu diskusikan bersama kelompok lain. Tuliskan hasil diskusi kalian dalam kotak berikut.

 

1. Nilai yang sesuai dengan jiwa dan sikap pahlawan pada lagu “Syukur” adalah

Rasa rela berkorban dengan ikhlas untuk negara

Rasa cinta tanah air yang telah dibuktikan dengan pengorbanan nyawa para pahlawan.

 

2. Sebagai generasi sekarang, apa yang harus kita lakukan untuk mewujudkan rasa syukur sebagai bentuk cinta tanah air?

Belajar sungguh sungguh

Menjadikan indonesia negara yang maju

Membeli produk dalam negeri

 

Bersyukur sebagai negara merdeka harus terus kita wujudkan dalam setiap kesempatan, kapan pun dan di mana pun. Sobat BW, rasa syukur sebagai bentuk cinta tanah air dapat kita lakukan dengan berbagai hal. Sebagai seorang pelajar kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman bangsa, belajar dengan bersungguh-sungguh, mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi, dan juga memakai produk dalam negeri sebagai pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan.

Semoga bermanfaat ya..

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Peristiwa Konferensi Meja Bundar yang dipublish pada Maret 11, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait