pancasila
pancasila

Kunci Jawaban Peristiwa Lahirnya Pancasila

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Peristiwa Lahirnya Pancasila. Sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Jepang membentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang bertugas untuk menyiapkan segala hal untuk pemberian kemerdekaan oleh Jepang. Dalam rapat, BPUPKI membahas pembentukan dasar negara yang akan digunakan Indonesia ketika nanti telah memperoleh kemerdekaan. Dari rapat BPUPKI lahirlah dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.

 

Pancasila memiliki peran yang penting bagi bangsa Indonesia. Sobat BW, sebagai generasi penerus kita wajib mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Mengisi kemerdekaan dapat dilakukan dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

 

Mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila merupakan cara positif dalam mengisi kemerdekaan. Nilai-nilai dalam Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur yang telah berkembang di masyarakat sejak zaman dulu. Oleh karena itulah, Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia dan menjadi pedoman dalam bersikap dan berperilaku bagi setiap warga negara Indonesia. Bagaimanakah sejarah lahirnya Pancasila?
Bacalah bacaan berikut dengan saksama!

 

Ayo Membaca

Peristiwa Lahirnya Pancasila

 

pancasila

 

Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu panca dan sila. Pancaartinya lima, dan sila artinya dasar. Jadi, Pancasila berarti lima dasar atau lima asas.
Istilah pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit, yaitu terdapat pada kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca dan kitab Sutasomakarangan Mpu Tantular. Dalam kitab Sutasoma, pancasila berarti berbatu sendi yang lima atau pelaksanaan kesusilaan yang lima.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 4.2 Matematika Kelas 8 Halaman 148

 

Lahirnya Pancasila sebagai dasar negara terjadi pada saat Sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang pertama. Berikut usulan-usulan dasar negara yang disampaikan oleh tiga tokoh bangsa.

 

Muhammad Yamin, 29 Mei 1945

Pada tanggal 29 Mei 1945, Muhammad Yamin mengusulkan lima dasar negara, yaitu:
1. peri kebangsaan,
2. peri kemanusiaan,
3. peri ketuhanan,
4. peri kerakyatan, dan
5. kesejahteraan rakyat.

 

Prof. Dr. Mr. Soepomo, 31 Mei 1945

Pada tanggal 31 Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo dalam pidato singkatnya mengusulkan lima asas:
1. persatuan
2. kekeluargaan
3. keseimbangangan lahir batin
4. musyawarah
5. keadilan rakyat

 

Ir. Soekarno, 1 Juni 1945

Pada hari terakhir Sidang BPUKPI tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno berpidato tanpa teks tentang calon rumusan dasar negara Republik Indonesia, yaitu:

1. internasionalisme,

2. peri kemanusiaan,

3. mufakat atau demokrasi,

4. kesejahteraan sosial, dan

5. Ketuhanan Yang Maha Esa.

Kemudian, untuk memberikan nama pada kelima dasar tersebut, diusulkan istilah “Pancasila”. Tanggal 1 Juni 1945 dianggap sebagai hari lahirnya Pancasila sebagai dasar negara.

 

Pada tanggal 18 Agustus 1945, disahkan Undang-Undang Dasar 1945 pada Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), termasuk Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Di dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945, termuat isi rumusan Prinsip Dasar Negara yang disebut Pancasila, tepatnya pada alinea IV yang berbunyi sebagai berikut:

Baca Juga :  Menghargai Keragaman Identitas

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

 

Ayo Menulis

Bacalah dengan saksama bacaan yang berjudul “Peristiwa Lahirnya Pancasila”. Setelah itu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Siapa sajakah tokoh yang mengusulkan calon rumusan dasar negara Indonesia?

Tiga tokoh yang memberi usulan rumusan dasar negara itu adalah Muhammad Yamin, Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno.

 

2. Sejak kapan istilah Pancasila dikenal? Uraikan secara singkat!

Istilah Pancasila di kenal pada jaman Majapahit, yaitu terdapat pada kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca dan Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular.

 

3. Dari bahasa apakah istilah pancasila? Apakah artinya?

Dalam kitab Sutasoma, pancasila berarti berbatu sendi yang lima atau pelaksanaan kesusilaan yang lima. Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Panca berarti Lima dan Sila berarti Dasar atau Asas.

 

4. Apa yang dibahas dalam Sidang Pertama BPUPKI?

Sidang pertama BPUPKI membahas dasar negara, undang-undang dasar, prinsip-prinsip perekonomian nasional, serta prinsip-prinsip pertahanan dan keamanan nasional. Semua anggota BPUPKI yang hadir pada hari itu menyampaikan uraiannya.

 

5. Apakah isi pidato Ir. Soekarno pada Sidang Pertama BPUPKI?

Isi pidato Ir. Soekarno pada sidang pertama BPUPKI adalah mengusulkan dasar negara berupa Nasionalisme atau Kebangsaan Indonesia; Internasionalisme atau Peri kemanusiaan; Mufakat atau Demokrasi; Kesejahteraan sosial; dan Ketuhanan yang berkebudayaan, yang kemudian menjadi awal mula dirumuskannya Pancasila.

 

Baca Juga :  Jawaban Tugas Menemukan Informasi Dikembangkan Menjadi Proposal

6. Kapan dan pada peristiwa apakah rumusan Pancasila disahkan?

Perumusan Pancasila itu pada tanggal 1 Juni 1945 oleh Ir Soekarno pada sidang BPUPKI yang pertama sedangkan Pancasila disahkannya itu pada tanggal 18 Agustus 1945 pada sidang PPKI yang pertama.

 

Berdasarkan jawabanmu tersebut, buatlah cerita lahirnya Pancasila. Bacakan hasilnya di depan guru dan teman-temanmu!

Pada tanggal 1 Juni 1945 adalah lahirnya Pancasila yang merupakan judul pidato yang disampaikan dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan”). Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI. Dan sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni merupakan hari nasional untuk memperingati hari “Lahirnya Pancasila”.

 

Sobat Bw, ternyata Pancasila merupakan hasil dari pemikiran dari tiga orang hlo, yaitu Muhammad Yamin, Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno.

Apakah kalian sudah hafal sila-sila dalam Pancasila?

Sebagai generasi penerus kita memiliki kewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang posititf. Salah satu caranya dengan mengamalkan sila-sila dalam Pancasila. Ada banyak kegiatan yang mencerminkan pengamalan sila-sila dalam pancasila Misalnya, kamu dapat membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah, dengan begitu kamu telah mengamalkan sila ke dua Pancasila. Ayo Sobat BW, cari lagi kegiatan-kegiatan yang mencerminkan pengamalah sila-sila dalam Pancasila.

Semoga bermanfaat ya..